Jl. Datu Insad, No. 79 Pelaihari – 70814

Berita

Seputar KPPN Pelaihari

Sosialisasi dan Forum Group Discussion (FGD) Pembiayaan UMi Tahun 2022

Selasa, 30 Agustus KPPN Pelaihari menyelenggarakan acara Sosialisasi dan Forum Group Discussion (FGD) Pembiayaan UMi Tahun 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula KPPN Pelaihari secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dalam kegiatan ini, KPPN Pelaihari mengundang penyalur Pembiayaan UMi yang diwakili oleh PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Pelaihari dan KSP Mitra Dhuafa Cabang Pelaihari, Ketua Kelompok Usaha Wanita Kab. Tanah Laut, serta Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kab. Tanah Laut.  

Tujuan utama diadakannya Sosialisasi dan FGD Pembiayaan UMi adalah untuk mengenalkan produk UMi dan memfasilitasi Kelompok Usaha Wanita agar mendapatkan akses pembiayaan usaha ke penyalur UMi di Kab. Tanah Laut. Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pelaihari, Ibu Rohmiati menyampaikan bahwa Kementerian Keuangan memiliki program Pembiayaan UMi. Suatu program fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada pelaku wirausaha ultra mikro, yang berada di lapisan terbawah, dan belum bisa difasilitasi perbankan (tidak bankable). Di Kabupaten Tanah Laut sendiri terdapat 4 lembaga penyalur yakni PT. Pegadaian, KSPS BMT UGT Sidogiri Capem Pelaihari, PNM Mekaar Cabang Pelaihari, dan KSP Mitra Dhuafa Pelaihari.

Ibu Riana Agustine selaku Kepala Seksi Bank juga menyampaikan perkembangan penyaluran pembiayaan UMi di Kab. Tanah Laut yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tahun 2018 yang merupakan tahun pertama pembiayaan UMi di Kab. Tanah Laut hanya terdapat 4 debitur dengan nilai penyaluran sebesar Rp. 28.500.000. Jumlah tersebut meningkat pesat pada saat terjadi pandemic Covid-19 hingga mencapai Rp. 1.803.570.000 (Tahun 2020) dan Rp. 2.185.980.000 (Tahun 2021). Sampai dengan Bulan Juli Tahun 2022, nilai penyaluran Pembiayaan UMi di Kab. Tanah Laut telah mencapai Rp.2.844.320.000 dengan total debitur sebanyak 743 orang.

Perwakilan dari Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kab. Tanah Laut , Ibu Halimah, menyampaikan apresiasi kepada KPPN Pelaihari yang mengadakan acara Sosialisasi dan FGD Pembiayaan UMi. Hal tersebut sangan membantu Usaha Kelompok Wanita binnaan Dinas P2KBP3A dikarenakan masih terkendala masalah pembiayaan terutama pembiayaan yang tanpa agunan.

Dua penyalur pembiayaan UMi di Kab. Tanah Laut, PT PNM dan Komida juga menyambut baik acara Sosialisasi dan FGD.  Dalam kesempatan tersebut, PNM dan Komida memberikan penjelasan secara lebih detil terkait produk dan proses bisnis pembiayaan Ultra Mikro. Para kelompok usaha wanita juga dengan antusias bertanya tentang produk pembiayaan UMi yang ditawarkan. Diskusi interaktif tersebut diakhiri dengan saling bertukar informasi kontak antar penyalur dengan Kelompok Usaha Wanita.

Sosialisasi dan FGD Pembiayaan UMi merupakan bentuk komitmen dan dukungan KPPN Pelaihari kepada UMKM Kab. Tanah Laut.  Dengan adanya Sosialisasi dan FGD tersebut diharapkan UMKM mendapatkan kemudahan dalam hal permodalan sehingga membantu memperkuat ekonomi Indonesia

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search