Jl. Datu Insad, No. 79 Pelaihari – 70814

Berita

Seputar KPPN Pelaihari

Optimalisasi Tutup Kas Akhir Tahun Anggaran 2023, KPPN Pelaihari Gelar Sosialisasi Langkah-Langkah dalam Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2023

Di penghujung tahun anggaran 2023, realisasi APBN Kabupaten Tanah Laut menunjukkan kinerja yang optimal dan terjaga positif. Sampai dengan bulan Oktober 2023, total APBN yang telah direalisasikan di Kabupaten Tanah Laut sebesar Rp1,57 triliun atau 85,36% dari total pagu TA 2023 yang sebesar Rp1,84 triliun. Di samping itu, kinerja penyaluran transfer ke daerah menunjukkan kinerja positif dengan realisasi penyaluran sebesar Rp1,35 triliun atau 87,89% dari total pagu TKD sebesar Rp1,54 triliun. KPPN Pelaihari berkomitmen untuk memacu peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah di Kabupaten Tanah Laut pada kuartal IV.

Dalam rangka memberikan pedoman pelaksanaan penerimaan dan pengeluaran negara serta persiapan tutup buku pada akhir tahun anggaran 2023, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Pelaihari menyelenggarakan Sosialisasi Langkah-Langkah dalam Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2023 di Aula KPPN Pelaihari, Rabu (25/10) dan Kamis (26/10). Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Pejabat/Pegawai PPK/perwakilan PPK dan Operator SAKTI Modul Komitmen/Pembayaran Satker Mitra KPPN Pelaihari. Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Kepala KPPN Pelaihari dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Seksi PDMS dan Pejabat Fungsional PTPN selaku narasumber.

“Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan sebagai sarana penyampaian peraturan LLAT tahun anggaran 2023. Diharapkan Bapak/Ibu Satuan Kerja dapat mengikuti dan memperhatikan dengan baik terkait tanggal-tanggal LLAT sesuai PER-10/PB/2023 agar pelaksanaan anggaran di akhir tahun dapat dilaksanakan secara tepat, sehingga dapat mendukung kinerja pelaksanaan APBN yang lebih berkualitas dan bermanfaat," ungkap Kepala KPPN Pelaihari, Muhammad Falih Ariyanto dalam sambutannya.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Seksi PDMS, Andi Khairul Anam menyampaikan materi terkait langkah-langkah dalam menghadapi akhir tahun anggaran 2023 sesuai Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-10/PB/2023. Selanjutnya, Pejabat Fungsional PTPN, Vincentius Sony Mauboy menyampaikan materi terkait mekanisme pelaksanaan langkah-langkah akhir tahun pada Aplikasi SAKTI. Pada kesempatan yang sama, narasumber juga menyampaikan sekilas terkait Rekening Penampungan Akhir Tahun Anggaran (RPATA).

Percepatan realisasi APBN pada kuartal IV perlu didorong agar manfaatnya dapat segera tersalurkan dan memberikan dampak optimal terhadap daerah dengan tepat sasaran. Akhir tahun anggaran merupakan puncak layanan dari KPPN selaku Kuasa BUN Daerah. Pada akhir tahun anggaran, terjadi peningkatan jumlah Surat Perintah Membayar (SPM) yang masuk ke KPPN. Oleh karena itu, KPPN Pelaihari mengimbau kepada Satuan Kerja untuk tidak menunggu pada hari-hari terakhir apalagi jam-jam terakhir dalam batas waktu penyampaian SPM. Mari kita tutup tahun anggaran 2023 dengan baik, kita akhiri dengan semangat dan optimis, tetapi tetap waspada.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search