Purworejo

Berita

Seputar KPPN Purworejo

Jejak Nostalgia: Eksplorasi Peralatan Kantor Jadul di KPPN Purworejo.

 

 

Sejarah berdirinya Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Purworejo telah banyak menorehkan tinta kenangan yang tak mudah dilupakan. Tak terkecuali dengan berbagai macam peralatan kantor yang digunakan para pegawai dahulu untuk melaksanakan tugas-tugas di KPPN Purworejo. Beberapa peralatan kantor ini sampai sekarang masih tersimpan rapi disebuah lemari kaca yang disebut sebagai museum mini KPPN Purworejo. Museum ini terletak di salah satu sudut bagian yang ada di ruang Front Office KPPN Purworejo.

Pada artikel kali ini akan diuraikan peralatan apa saja yang digunakan para pegawai di KPPN Purworejo dahulu guna menunjang berbagai macam tugas dan fungsinya masing masing.

 

  1. Cash Box

 

 Tahun 80 an Cash Box ini digunakan untuk menyimpan uang karena pada masa itu segala macam transaksi keuangan masih menggunakan uang tunai. Bendahara KPPN Purworejo yang dahulu sering dikenal KBN, pada awal berdiri menggunakan cash box untuk menyimpan uang, karena dilengkapi dengan sistem pengaman untuk menjaga keamanan.

 

  1. Komputer/Laptop tahun 2000 dan Floppy Disk

Awal tahun 2000 an komputer/laptop menjadi awal penting dalam dunia teknologi komputer. Komputer ini bisa membantu pekerjaan jadi lebih cepat seperti halnya dalam pembuatan surat menyurat. Adanya Komputer juga tidak luput dari media menyimpanan yang bisa dibawa kemana-mana yang disebut Floppy Disk. Floppy Disk ini mampu menyimpan berbagai file namun dengan keterbatasan ukuran memory yang kecil. KPPN Purworejo mulai menggunakan komputer merek Compaq di awal tahun 2000 an untuk menyelesaikan  pekerjaan.

 

  1. Mesin Ketik Merk Royal

 

Pada awal berdirinya KPPN Purworejo, sebelum tehnologi komputer mulai digunakan untuk menyelesaikan  pekerjaan , mesin ketik ini mempunyai fungsi yang sangat vital dalam pelaksaan tugas menyelesaikan pekerjaan. Mesin ketik ini berukuran kecil dan tidak terlalu berat meski bahan utamanya dari besi. Dengan ukuran kecil tentu saja bisa dibawa kemana-mana.

 

  1. Alat Press Angka /Simbol

 

Berikutnya adalah alat press angka/simbol, alat ini berfungsi untuk membuat nomor seri SPM yang dahulu SPM masih berwujud blangko kosong. Cara penggunaanya dengan cara menekan tuas yang terhubung dengan cetakan berbentuk angka angka dan simbul. Hasilnya nanti akan tercetak pada blangko SPM sesuia dengan angka seri yang telah ditentukan.

 

  1. Mesin Hitung Manual / Kalkulator Manual

 

Mesin hitung manual yang digunakan para karyawan KPPN Purworejo dahulu begitu penting karena memudahkan para pegawai untuk melakukan penghitungan angka. Mesin hitung manual yang digunakan ini mereknya adalah Olivetti yang cukup terkanal pada masanya. Cara kerja alat ini mirip kalkulator dengan cara menekan tombol angka-angka yang terdapat pada mesin tersebut yang selanjutnya secara manual pemakai menggerakan tuas roda gigi pada mesin ini sehingga secara mekanik mesin ini akan mengitung sesuai dengan apa yang tadi ditekan pada tombol tombol tersebut. Hasil perhitungan akan tercetak dalam kertas telstruk yang telah dipasang salah satu sisi pada mesin ini.

 

  1. Alat Stempel Timbul

 

 Stempel timbul ini juga menjadi peralatan penting yang digunakan KPPN Purworejo pada awal tahun 2000 an, dimana alat ini digunakan sebagai salah satu alat untuk melegalisasi dokumen dukumen pada KPPN Purworejo.

 

Itulah beberapa peralatan penunjang pekerjaan yang digunakan ada di kantor KPPN Purworejo. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita dan mengenang kembali akan kenangan tempo dahulu terutama dalam penggunan peralatan kantor yang dahulu pernah digunakan.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search