Purworejo

Berita

Seputar KPPN Purworejo

Koordinasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2024 dan Apresiasi Satuan Kerja KPPN Purworejo TA 2023

   

               Pada hari, Selasa tanggal 19 Desember 2023 bertempat di Gedung Artha Kencana Kantor Pelayananan Perbendaharaan Negara Purworejo diselenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2024, Pembangunan Island Of Integrity dan Apresiasi Satuan Kerja Mitra Tahun Anggaran 2023. Pada Acara ini, dihadiri perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Purworejo dan Pemerintah Kabupaten Kebumen, Kepala BPPKAD, Kepala DPMD, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Purworejo, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Kabupaten Kebumen, Para Kepala Desa perwakilan pada Kabupaten Purworejo dan Kebumen, Para Kepala Satuan Anggaran Satker Mitra Kerja KPPN Purworejo.

 

               Kegiatan ini diawali dengan penyampaian Pembangunan Island Of Integrity oleh Kejari Purworejo, Bapak Dedy Fajar Nugroho, SH. Dalam penyampaiannya terkait UU. No 31 Tahun 1999 jo. UU No. 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi. Hal ini merupakan bentuk sinergi bersama antara KPPN Purworejo dan satker mitra kerja dalam membangun zona integritas pada wilayah Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kebumen menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

 

               Dilanjutkan, sambutan oleh Kepala KPPN Purworejo, Ibu Yessy Silvia Maharini dengan menginformasikan perkembangan Kinerja APBN yang dikelola KPPN Purworejo sampai dengan tanggal 15 Desember 2023 dengan realisasi sebesar Rp 4.525 Milyar (95,3%) dari total pagu Rp 4.749 Milyar. Realisasi ini meliputi realisasi Belanja Satuan Kementerian/Lembaga sebesar 96% dan Belanja Transfer ke Daerah sebesar 95,16%. Untuk Realisasi Dana Desa sebesar Rp 838 Milyar terdiri dari Kabupaten Purworejo sebesar Rp 384,4 Milyar menjangkau 469 desa dan Kabupaten Kebumen sebesar Rp 456,3 Milyar menjangkau 449 desa. Bantuan Operasional Pendidikan meliputi BOS Rp230,75 Milayar  menjangkau 514,149 Siswa , BOP Paud Rp33 Milyar  menjangkau 103,318 siswa, BOP Rp3,4 Milyar menjangkau  4,093 Siswa. Untuk Program Prioritas Nasional menyalurkan DAK Fisik  dengan realiasi sebesar Rp 91,5 Milyar berupa Pendidikan Rp23,4 Milyar, Kesehatan Dan KB 33,9 Milyar, Air Minum Rp11 Milyar, Sanitasi Rp4,3 Milyar, Lingkuhan Hidup Rp1,1 Milyar, Pariwisata Rp5 Milyar, dan Industri Kecil-Menengah Rp7,4 Milyar.

 

               Kepala KPPN Purworejo, Ibu Yessy Silvia Maharini juga menyampaikan terkait Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran sampai bulan November 2023 dengan nilai 95,82. Pada nilai IKPA tersebut perlunya meningkatkan perencanaan anggaran terutama untuk Deviasi Halaman 3 DIPA, Kemudian kategori pelaksanaan anggaran meliputi realisasi, belanja kontraktual, penyelesaian tagihan, UP/TUP, dispensasi SPM. Untuk kategori hasil berupa penyampaian capaian output secara bulanan yang disampaikan secara tertib dan tepat waktu. Pada kesempatan yang sangat baik ini, Kepala KPPN Purworejo juga menyampaian terkait implementasi CMS, KKP, dan Marketplace Digipaysatu dalam mendukung program pemerintah dan membangun Cashless Society.

 

               Sebelum mengakhiri sambutannya, beliau menyampaikan terkait Langkah Strategis 2024 untuk mewujudkan belanja pemerintah  yang lebih berkualitas (spending  better) serta dalam rangka  mendorong akselerasi transformasi  ekonomi Indonesia yang inklusif  dan berkelanjutan. Langkah Strategis 2024 meliputi Melakukan peningkatan kualitas perencanaan, Meningkatkan kedisplinan dalam melaksanakan rencana  kegiatan, Melakukan akselerasi pelaksanaan  program/kegiatan/proyek, Melakukan percepatan pelaksanaan pengadaan  barang/jasa (PBJ), Meningkatkan akurasi dan percepatan penyaluran Dana  Bantuan Sosial (Bansos) dan Bantuan Pemerintah (Banper), Meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan dan  pertanggungjawaban hibah langsung dalam negeri dalam  bentuk uang, Memprioritaskan dan mengawal penyelesaian  program/kegiatan/proyek yang mendukung pencapaian  RPJMN 2020-2024, Meningkatkan kualitas belanja melalui peningkatan  efisiensi dan efektivitas belanja (value for money) dan  Meningkatkan monitoring dan evaluasi serta pengendalian  internal.

 

              Kemudian acara yang sangat dinantikan oleh stakeholder dan satker mitra kerja KPPN Purworejo adalah Apresiasi Satuan Kerja Mitra Tahun Anggaran 2023 yang dibagi dalam beberapa kategori. Kategori Satuan Kerja dengan Realisasi Anggaran Terbaik untuk Satuan Kerja pagu diatas 20M diraih oleh Polres Purworejo, BPS Kebumen dan Kantor Pertanahan Kabupaten Purworejo; untuk pagu 5 s.d. 20 M diraih oleh Pengadilan Negeri Kebumen, Pengadilan Agama Kebumen, Kejaksaan Negeri Kebumen; untuk pagu kurang dari 5M diraih oleh MAN 2 Kebumen, MTsN 2 Kebumen, MTsN 4 Kebumen. Kategori Satuan Kerja dengan nilai IKPA terbaik untuk Satuan Kerja pagu diatas 20M diraih oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, KPU Kabupaten Purworejo; untuk pagu 5 s.d. 20 M diraih oleh Rutan Kebumen, Rutan Purworejo, Pengadilan Agama Kebumen; untuk pagu kurang dari 5M diraih oleh MAN Purworejo, MTsN 1 Kebumen, MTsN 7 Kebumen, MTsN 5 Kebumen. Kategori Satuan Kerja dengan Implentasi Digipaysatu terbaik diraih oleh Kejaksaan Negeri Kebumen, BPS Kabupaten Kebumen. Kategori Satuan Kerja dengan Implentasi KKP terbaik diraih oleh Rutan Kebumen, Kemenag Kabupaten Kebumen, BPS Kabupaten Kebumen. Kategori Satuan Kerja dengan Pertanggungjawaban Anggaran Terbaik diraih oleh MTsN 1 Kebumen, MTsN 1 Kebumen, Kejaksaan Negeri Kebumen. Kategori Desa dengan Penyaluran Dana Desa Terbaik untuk wilayah Kabupaten Purworejo diraih oleh Desa Semono Kecamatan Bagelen, Desa Kemanukan Kecamatan Bagelen, Desa Seborokrapyak Kecamatan Banyuurip. Kategori Desa dengan Penyaluran Dana Desa Terbaik untuk wilayah Kabupaten Kebumen diraih oleh Desa Ambarwinangun Kecamatan Ambal, Desa Entak Kecamatan Ambal, Desa Kutowinangun Kecamatan Kutowinangun. Kategori Organisasi Pemerintah Daerah dengan Penyaluran DAK Fisik Terbaik untuk wilayah Kabupaten Purworejo diraih oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Purworejo, untuk wilayah Kabupaten Kebumen diraih oleh Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Kabupaten Kebumen. Dari ketogeri diatas diperoleh satuan kerja terbaik tahun 2023 diraih oleh Rutan Kebumen, Kejaksanaan Negeri Kebumen, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, dan MTsN 1 Kebumen.

 

             Pada akhir acara, disampaikan terkait Langkah mengecek DIPA Tahun 2024 pada aplikasi OM SPAN menggunakan username dan password masing-masing satuan kerja. Untuk mengunduh DIPA tahun 2024 pada aplikasi satudja.kemenkeu.go.id. Selamat kepada satuan kerja penerima apresiasi tahun anggaran 2023, dan Kepala KPPN Purworejo menyampaikan pesan kepada satker penerima DIPA segera menyerap anggaran pada awal tahun, tidak menunggu akhir tahun anggaran sehingga perekonomian daerah dapat tumbuh dan berkembang optimal.

 

 

Disclaimer: Tulisan merupakan opini pribadi Penulis dan tidak mewakili organisasi DJPb maupun KPPN Purworejo.

 

Ditulis oleh: Ngatiman, Fungsional Pembina Teknis Perbendaharaan Negara Penyelia pada KPPN Purworejo

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search