Senin, 19 Mei 2025 KPPN Tipe A1 Semarang I melaksanakan Sosialisasi Inovasi Aplikasi Layanan Terintegrasi (Silentera) dan Dashboard Kinerja (DashKin), serta Island of Integrity pembangunan ZI menuju WBBM kepada seluruh KPPN di lingkup Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah.
Kepala KPPN Semarang I, Bapak Suwajianto, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selain untuk mengenalkan inovasi layanan unggulan yang dimiliki juga sebagai upaya membangun island of integrity dalam rangka pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.
Inovasi yang dibangun bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada stakeholders, layanan eksternal dan internal, serta mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan inovasi Silentera oleh inovator Bapak Deni Adityana yang menjelaskan fungsi aplikasi tersebut bagi satuan kerja mitra KPPN dan bagi pegawai KPPN. Silentera memudahkan satuan kerja dalam mengirimkan data, memperoleh informasi status data yang dikirim, dan sebagai alat monitor bagi pimpinan pada KPPN demi menjamin bahwa layanan kepada satker telah dilaksanakan secara cepat, tepat dan akurat.
Selanjutnya inovasi DashKin yang dipaparkan oleh inovator Bapak Muchamad Kaneko, merupakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan looker studio untuk menyajikan informasi kinerja serta monitoring pengelolaan kinerja KPPN Semarang I secara efektif.
Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan testimoni dari KPPN Pekalongan yang telah mereplikasi inovasi Silentera.
Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah memberikan dukungan penuh untuk kesuksesan pembangunan ZI menuju WBBM dan mendorong agar inovasi dari KPPN Tipe A1 Semarang I dapat direplikasi oleh seluruh KPPN dalam lingkup Kanwil DJPb Provinsi Jateng.
KPPN Semarang I siap memberikan pendampingan kepada KPPN yang akan melakukan replikasi inovasi, baik secara daring maupun luring.
KPPN lingkup Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah siap bersinergi untuk saling mendukung dalam pembangunan ZI Menuju WBBM demi terwujudnya pemerintahan yang bersih, bebas KKN, dan pelayanan publik yang berkualitas.