Sragen

Berita

Seputar KPPN Sragen

Praktik Kerja Lapangan, Bentuk Sinergi KPPN Sragen dan PKN STAN

 

(Sragen, 6 April 2018) Sudah menjadi agenda wajib tahunan mahasiswa PKN STAN melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada instansi-instansi vertikal Kementerian Keuangan di daerah. Salah satunya adalah pelaksanaan PKL pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan (KPPN) Sragen. Sesuai Peraturan Direktur Politeknik Keuangan Negara STAN Nomor : Per-8/PKN/2017  tentang Pedoman Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN, bahwa untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan keterampilan di bidang keuangan negara, dipandang perlu bagi mahasiswa untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan. Pada tahun ini, KPPN Sragen memberikan kesempatan kepada delapan mahasiwa PKN STAN yang berasal dari program studi DIII Kebendaharaan Negara dan DIII Akuntansi untuk melaksanakan PKL di KPPN Sragen. PKL dilaksanakan selama delapan minggu yakni dimulai pada tanggal 12 Februari 2018 hingga 06 April 2018.

 

 

PKL merupakan salah satu syarat kelulusan mahasiswa PKN STAN. Tujuan dilaksanakan PKL ini adalah memberikan gambaran nyata dunia kerja kepada mahasiswa supaya dapat belajar menempatkan diri dan mengetahui siklus bisnis utama suatu instansi. Disamping itu agar mahasiswa dapat mempraktikkan teori-teori yang telah diperoleh di meja kuliah. Kepala Kantor KPPN Sragen, Sri Hartama dalam sambutannya saat apel pagi pada tanggal 12 Februari 2018, mengatakan bahwa diharapkan mahasiswa dapat berperan aktif dalam pekerjaan dan memberikan kontribusi positif kepada kantor berupa inovasi-inovasi baru untuk KPPN Sragen yang lebih baik.

Selama pelaksanaan PKL, kedelapan mahasiswa PKN STAN tersebut dibagi menjadi empat kelompok. Selanjutnya, setiap kelompok ditempatkan pada masing-masing bagian atau seksi di KPPN Sragen. Setiap 2 minggu sekali, kelompok akan dirotasi ke seksi lainnya sesuai arahan dari Pembimbing Lapangan. Tujuannya, supaya mahasiswa mengetahui secara menyeluruh tugas dan fungsi masing-masing seksi atau bagian di KPPN Sragen.

Untuk mendukung proses belajar pada masing-masing seksi, mahasiswa PKN STAN juga diberikan kesempatan untuk terjun langsung menangani pekerjaan kantor sehari-hari. Tentunya dengan bimbingan dan pengawasan dari segenap pegawai KPPN Sragen supaya pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Di luar ekspektasi, para mahasiswa dapat menyelesaikan seluruh pekerjaan yang diberikan dengan penuh rasa tanggung jawab. Dengan bimbingan seluruh pegawai KPPN Sragen dan niat kuat mahasiswa untuk belajar, mahasiswa telah menunjukkan perubahan positif selama proses pelaksanaan PKL dari awal hingga akhir.

Puncak dari pelaksanaan PKL adalah presentasi dan penulisan laporan PKL oleh mahasiswa kepada KPPN Sragen. Untuk mencapai hal tersebut, mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok yang dimbimbing langsung oleh pembimbing lapangan yaitu Kepala Sub Bagian Umum, Parji dan Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker, Th M Sawitri Kunthi. Pembimbing lapangan bertugas memberikan arahan kepada mahasiswa dan sebagai sarana konsultasi penyusunan laporan dan presentasi.  Presentasi dan penyerahan laporan telah dilaksanakan dengan baik pada minggu ke-delapan yaitu pada tanggal 2-3 April 2018 di ruang Midle Office KPPN Sragen.

Setelah melaksanakan PKL selama delapan minggu, KPPN Sragen mengadakan acara perpisahan pada hari Jumat, 6 April 2018. Acara tersebut diawali dengan penyampaian kesan pesan dari mahasiswa dan perwakilan pegawai, ditutup dengan penyerahan sertifikat dan cinderamata dari Kepala KPPN Sragen. Dengan ini, mahasiswa PKN STAN secara resmi telah menyelesaikan PKL di KPPN Sragen dan berhak kembali ke kampus untuk melanjutkan studi. Diharapkan, sinergi antara KPPN Sragen dan PKN STAN dapat terus terjalin dengan baik.

Penulis : Parji

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search