Inovasi

       Inovasi yang dilakukan di lingkup KPPN Surabaya I

 

       Inovasi dalam memberikan pelayanan kepada satker merupakan salah satu hal yang mendapatkan perhatian penting pada KPPN Surabaya I. Dalam rangka meningkatkan pelayanan, KPPN Surabaya I telah melakukan penataan ruangan dan melakukan perbaikan kantor agar mitra kerja yang dilayani merasa nyaman serta puas.

 

Berikut ini beberapa inovasi yang dilakukan KPPN Surabaya I, terutama dalam bidang teknologi informasi yaitu :

 

- Layanan layar sentuh monitor

Monitor layar sentuh merupakan layanan kepada satker berupa monitor layar sentuh yang disediakan di ruang FO yang terhubung dengan aplikasi Online Monitoring SPAN (OM-SPAN). Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan penyajian informasi terkait pelaksanaan pekerjaan yang sudah mengimplementasikan SPAN dan Kanwil DJPBN. Aplikasi OM-SPAN merupakan dashboard bagi kebutuhan pimpinan pada semua level, untuk memonitor pelaksanaan tugas BUN/Kuasa BUN di lingkungannya masing-masing. Informasi utama pelayanan seperti penyelesaian SP2D, retur SP2D, sisa pagu anggaran, revisi DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran), Data Suplier, Data Kontrak.

 

- SMS center

Layanan ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan yang timbul karena letak geografis dari beberapa satker yang jauh dari jangkauan, sehingga informasi terbaru mengenai pelaksanaan APBN dapat diketahui oleh semua satker secara cepat dan ekonomis. Dengan layanan berbasis sms ini satker dapat mengetahui status SPM yang diajukan, realisasi DIPA, dan informasi lainnya. Nomor sms center KPPN Surabaya I adalah 081-136-136-11.

 

- Website KPPN Surabaya I

KPPN Surabaya I telah meluncurkan situs resmi institusi yaitu : www.djpbn.kemenkeu.go.id/kppn/surabaya1/. Situs ini dibuat dengan tujuan sebagai sarana informasi bagi para satker dalam wilayah kerja KPPN Surabaya I. Di dalam situs tersebut, KPPN Surabaya memberikan informasi-informasi yang diharapkan bermanfaat untuk satker dan mampu mengedukasi masyarakat luas tentang layanan perbendaharaan melalui KPPN Surabaya I. Situs resmi KPPN Surabaya I telah terintegrasi dengan Kantor Wilayah DJPBN Provinsi Jawa Timur dan Kantor Pusat DJPBN.

 

Beberapa fasilitas yang diberikan dalam situs KPPN Surabaya I adalah :

  1. Artikel yang membahas berbagai permasalahan yang sering dihadapi oleh satker;
  2. Mengunduh peraturan-peraturan kerja terbaru;
  3. Membaca modul perbendaharaan yang dibutuhkan, melakukan monitoring, dan mencetak beberapa produk laporan yang diperlukan.

 

 

- Fasilitas free wi-fi

Dalam rangka menunjang pelayanan bagi satker yang turut mendapat perhatian dari KPPN Surabaya I adalah akses internet secara gratis (free wi-fi) di sekitar wilayah KPPN Surabaya I. Dengan adanya akses internet gratis ini diharapkan para satker dapat melakukan pengiriman data, mengunduh file-file yang dibutuhkan dengan cepat selama berada di KPPN Surabaya I.

 

- Layanan e-mail dan E-Rekon

KPPN Surabaya I sebagai organisasi pemerintah berusaha menyempurnakan proses bisnis yang akuntabel, transparan, serta mempunyai kinerja yang cepat dan ringkas. Sebagai bukti penggambaran kondisi penyajian pelayanan prima kepada publik adalah lewat layanan e-mail yang dilaksanakan oleh seksi Bank dan seksi Verifikasi dan Akuntansi (Vera). Di seksi vera terobosan yang diambil adalah layanan proses rekonsiliasi via e-mail. Inovasi ini diperuntukkan bagi satker yang posisinya relatif jauh dari KPPN Surabaya I dengan tujuan untuk mempercepat pembuatan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP). Satker dapat mengirimkan laporan keuangan maupun ADK kepada KPPN Surabaya I. Setelah dilakukan rekonsiliasi, dan tidak terdapat perbedaan data antara satker dengan data KPPN Surabaya I, diterbitkanlah Berita Acara Rekonsiliasi (BAR).

 

- Peningkatan kualitas SDM

SDM adalah bagian terpenting dalam peningkatan kualitas layanan maupun inovasi di KPPN Surabaya I. Sebagai perwujudan rasa kepedulian akan kinerja para pegawai, KPPN Surabaya I berusaha membangun kebersamaan dan kerjasama yang baik di antara para pegawai melalui pemberian pelatihan-pelatihan, misalnya : pelatihan service excellent, kebersamaan tim lewat capacity building, dan kegiatan lain yang sejenis.

 

- Pemberian penghargaan kepada satker yang berprestasi

Pemberian penghargaan (apresiasi) kepada satker ditujukan untuk menumbuhkan persaingan positif di antara satker-satker agar terpacu untuk melakukan kinerja yang lebih baik. Penghargaan yang diberikan KPPN Surabaya I adalah anugerah penghargaan untuk satker terbaik yang ditetapkan setiap semester oleh Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal (MSKI), diberikan kepada satker dengan nilai terbaik dalam penyerapan anggaran, pengelolaan uang persediaan, data kontrak, pagu minus, revisi DIPA, retur SP2D, dispensasi SPM, RPD (Rencana Penarikan Dana) harian, LPJ bendahara, kesalahan SPM, dan deviasi halaman III DIPA.

 

- Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek)

KPPN Surabaya I senantiasa mengadakan sosialisasi kepada satker saat ada peraturan/ketentuan yang baru terbit terkait dengan pelaksanaan APBN dan berbagai hal yang berhubungan dengan bidang perbendaharaan yang tengah dikelola oleh satker-satker. Tujuan sosialisasi dan bimtek adalah menyamakan visi dan pola pikir tentang peraturan yang dibahas. Dengan demikian, tak ada kesalahan atau perbedaan penafsiran dari KPPN Surabaya I dengan para satker.

 

- Salam, Senyum, Sapa

Inovasi sederhana di dalam pemberian layanan adalah sikap baik dan ramah dari para pegawai KPPN Surabaya I, yaitu dengan salam, senyum, dan sapa dari para petugas FO kepada para satker (mitra kerja). Hal kecil ini diharapkan mampu membuat penerima jasa layanan dari KPPN Surabaya I menjadi lebih nyaman dan merasa dihargai (dihormati).

 

- Pembinaan Rohani

Untuk menjaga kualitas keimanan para pegawai KPPN Surabaya I, maka secara rutin diadakan siraman rohani bagi para pegawai yang beragama Islam. Kegiatan ini biasa digelar saat peringatan hari-hari besar Islam dengan tujuan untuk mempertebal ketakwaan para pegawai. Kualitas iman yang baik mampu membuat para pegawai senantiasa menunaikan tugas serta kewajibannya dengan mengacu pada norma-norma agama, menjadi pegawai yang jujur, amanah, dan bersih dari korupsi maupun penyalahgunaan wewenang.

 

- Briefing pagi dan one day one information

Setiap hari kerja, sebelum memulai aktivitas harian di KPPN Surabaya I semua pegawai dan pejabat berkumpul untuk berdoa, mendapatkan pengarahan dari kepala kantor atau kepala seksi, mendapatkan satu info terbaru tiap pagi, dengan diakhiri meneriakkan yel-yel KPPN Surabaya I.

 

- Tes antinarkoba bekerjasama dengan BNN

KPPN Surabaya I melakukan kerjasama dengan BNN (Badan Narkotika Nasional) dengan melakukan tes urine para pegawai KPPN Surabaya I untuk memastikan bahwa para pegawai benar-benar bebas narkoba. Dengan demikian KPPN Surabaya I ingin mewujudkan dirinya sebagai instansi yang bebas narkoba (zero drugs).

 

 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search