Tugas Pokok, Fungsi dan Inovasi

Tugas Pokok, Fungsi, dan Inovasi

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 262/PMK.01/2016 tanggal 30 Desember 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) merupakan instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Kantor Wilayah.

KPPN Surabaya I merupakan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tipe Al mempunyai tugas melaksanakan kewenangan perbendaharaan dan Bendahara Umum Negara (BUN), penyaluran pembiayaan atas beban anggaran, serta penatausahaan penerimaan dan pengeluaran anggaran melalui dan dari kas negara berdasarkan peraturan perundang-undangan.    

 

 

 

Dalam melaksanakan tugas pokoknya, KPPN Tipe A1 Surabaya I menyelenggarakan fungsi :

1. pengujian terhadap surat perintah pembayaran berdasarkan peraturan perundang-undangan;
2. penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dari kas negara atas nama Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN);
3. penyaluran pembiayaan atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN);
4. penatausahaan penerimaan dan pengeluaran negara melalui dan dari Kas Negara;
5. penyusunan laporan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara;
6. pelaksanaan verifikasi transaksi keuangan dan akuntansi serta pertanggungjawaban bendahara;
7. pembinaan dan pelaksanaan monitoring dan evaluasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP);
8. pelaksanaan tugas kepatuhan internal;
9. pelaksanaan manajemen mutu layanan;
10. pelaksanaan manajemen hubungan pengguna layanan (customer relationship management);
11. pelaksanaan tugas dan penyusunan laporan Pembina Pengelola Perbendaharaan (treasury management representative);
12. pelaksanaan dukungan penyelenggaraan sertifikasi bendahara;
13. pengelolaan rencana penarikan dana;
14. pengelolaan rekening pemerintah;
15. pelaksanaan fasilitasi Kerjasama Ekonomi dan Keuangan Daerah;
16. pelaksanaan layanan bantuan (helpdesk);
17. pelaksanaan sistem akuntabilitas dan kinerja;
18. pelaksanaan monitoring dan evaluasi Kredit Progam;
19. pelaksanaan Kehumasan dan layanan Keterbukaan Informasi Publik (KIP); dan
20. pelaksanaan administrasi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tipe Al Surabaya I terdiri atas:
a. Subbagian Umum;
b. Seksi Pencairan Dana;
c. Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal;
d. Seksi Bank;
e. Seksi Verifikasi dan Akuntansi; dan
f. Kelompok Jabatan Fungsional.

 

Jenis Pelayanan pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surabaya I
1. Penerbitan SP2D atas SPM LS dan Non LS
2. Penerbitan Surat Pengesahan Pendapatan dan Belanja (SP2B) Badan Layanan Umum (BLU)
3. Penerbitan Surat Pengesahan Hibah Langsung (SPHL) dan Surat Pengesahan Pengembalian Pendapatan Hibah Langsung (SP3HL)
4. Pengesahan atas Dokumen Surat Perintah Pengesahan Pendapatan Hibah Langsung Bentuk Barang/Jasa/Surat Berharga (SP3HL BJS) dan Penerbitan Persetujuan Memo Pencatatan Hibah Langsung Bentuk Barang/Jasa/Surat Berharga (Persetujuan MPHL-BJS)
5. Layanan Konsultasi Stakeholder
6. Pendaftaran Data Supplier dan Data Kontrak
7. Perubahan Data Supplier dan Data Kontrak
8. Pengesahan Surat Keterangan Penghentian Pembayaran (SKPP)
9. Persetujuan/Penolakan Permintaan UP dan/atau TUP pada KPPN
10. Penerbitan Surat Hasil Rekonsiliasi (SHR)
11. Penyelesaian Retur SP2D
12. Penerbitan Nota Konfirmasi Penerimaan Negara
13. Persetujuan Pembukaan Rekening
14. Penerbitan Surat Keterangan Telah Dibukukan (SKTB)

 

 

KPPN Surabaya I memberikan layanan one stop service serta Online Monitoring SPAN (OM-SPAN) dilengkapi layar monitor penyelesaian SPM/SP2D yang mampu menampilkan status dokumen yang diajukan, alur penyelesaian SP2D yang jelas, didukung leaflet, brosur mekanisme pembayaran APBN, kotak pengaduan, alur/mekanisme penyelesaian pengaduan masyarakat, dan kotak pengukuran kepuasan pelayanan KPPN Surabaya I. KPPN Surabaya I juga memiliki tugas pengesahan Surat Keterangan Penghentian Pembayaran (SKPP) serta perencanaan penarikan dana oleh satker.

Berdasarkan PENG-1/PB/PB.3/2024 berikut ini Daftar Bank Umum yang Menjadi Mitra Pemerintah dalam Pengelolaan Rekening Milik Satuan Kerja Lingkup Kementerian Negara/Lembaga Tahun Anggaran 2024:
- PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk
- PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk
- PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk
- PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk (termasuk Unit Usaha Syariah)
- PT. Bank Aceh
- PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara
- PT. Bank Nagari
- PT. Bank Riau Kepri Syariah
- PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung
- PT. Bank Bengkulu
- PT. Bank Pembangunan Daerah Jambi
- PT. Bank Pembangunan Daerah Lampung
- PT. Bank DKI
- PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk
- PT. Bank BPD DIY
- PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Tbk
- PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah
- PT. Bank Pembangunan Daerah Bali
- PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan
- PT. Bank Kalteng
- PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara
- PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat
- PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat
- PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara dan Gorontalo
- PT. Bank Sulteng
- PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara
- PT. Bank Maluku
- PT. Bank NTB Syariah
- PT. Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur
- PT. Bank Pembangunan Daerah Papua
- PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk
- PT. Bank Panin Syariah, Tbk
- PT. Bank Syariah Bukopin
- PT. Bank Mega Syariah
- PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah
- PT. Bank Mega, Tbk
- PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk
- PT. Bank Bukopin, Tbk
- PT. Bank Permata, Tbk (termasuk Unit Usaha Syariah)
- PT. Bank Sinarmas, Tbk
- PT. Bank MNC Internasional, Tbk
- PT. Bank Central Asia, Tbk
- PT. Bank Mayora
- PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk
- PT. Bank Rakyat Indonesia Agroniaga, Tbk
- PT. Bank UOB Indonesia
- PT. Bank Jabar Banten Syariah
- PT. Bank Artha Graha Internasional, Tbk
- PT. Bank CIMB Niaga, Tbk (termasuk Unit Usaha Syariah)
- Citibank, N.A., Indonesia
- Deutsche Bank AG
- PT. Bank Panin, Tbk
- PT. Bank Maybank Indonesia, Tbk (termasuk Unit Usaha Syariah)
- PT. Bank KEB Hana Indonesia
- PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk
- PT. Bank HSBC Indonesia
- PT. Bank Mandiri Taspen
- PT. Bank Mizuho Indonesia

Berdasarkan PENG-2/PB/PB.3/2024 berikut ini Daftar Bank Umum yang Menjadi Mitra Pemerintah Dalam Pengelolaan Rekening Virtual (VA) Milik Satuan Kerja Lingkup Kementerian Negara/Lembaga Tahun Anggaran 2024:
- PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk
- PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung
- PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk (termasuk Unit Usaha Syariah)
- PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk
- PT. Bank Nagari
- PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk
- PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk
- PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Tbk
- PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah
- PT. Bank Pembangunan Daerah Bali
- PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk
- PT. Bank Jabar Banten Syariah
- PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk

 

Inovasi pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surabaya I:

KEBAYA SURABAYA (Kepuasan Layanan Surabaya)

Inovasi pembuatan Kebaya Surabaya berasal dari upaya KPPN Surabaya I untuk menilai tingkat kepuasan pelayanan customer service officer KPPN Surabaya 1 terhadap stakeholder.

Sehingga dengan adanya pindai scan Kebaya Surabaya ini diharapkan mampu menjadi evaluasi dan analisis lebih lanjut untuk KPPN Surabaya I dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

 

BOMBARDIR (Bon Barang Mandiri)

Bon Barang Mandiri merupakan upaya pencatatan mandiri atas kebutuhan barang persediaan oleh pegawai KPPN Surabaya I. Inovasi ini menggunakan Pindai Scan yang ditempel di setiap meja kerja pegawai.

Adanya inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Subbagian Umum KPPN Surabaya I untuk memenuhi kebutuhan pegawai dalam memperoleh dan mencatat barang persediaan.

 

PURABAYA (Pusat Pengaduan KPPN Surabaya)

Berupa one stop information yang berisi saluran pengaduan pada KPPN Surabaya I .

Melalui  tautan https://linktr.ee/kppnsurabaya1 stakeholder dapat memilih saluran pengaduan yang tersedia.

 

PANJAT TUGU (Peringatan Jatuh Tempo TUP/GUP)

Dibuat dalam rangka pengawasan kepada Satuan Kerja dalam penyampaian SPM GUP/TUP sebelum jatuh tempo.

Pemberitahuan kepada Satuan Kerja dilakukan setiap hari Selasa melalui Group WA Satuan Kerja dan Media Sosial KPPN Surabaya I.

 

TEMPUR (Telaah Mempercepat Penyelesaian Retur)

Sebagai pengawasan dan percepatan penyelesaian retur.

Memberikan informasi daftar Satuan Kerja yang mendekati tanggal jatuh tempo penyelesaian retur pada Group WA Satuan Kerja dan Media Sosial KPPN Surabaya I.

 

SISURO (Sistem Konsultasi Secara Online)

Mempermudah layanan bimbingan dan konsultasi pelaksaan anggaran kepada satuan kerja secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Satuan Kerja membuat tiket melalui HAI CSO terlebih dahulu, kemudian diberikan tautan untuk bergabung dalam ruangan Zoom.

Walaupun saat ini layanan konsultasi secara daring merupakan hal yang umum, namun masih diperlukan dan dirasa sangat efektif.

 

 

Inovasi dalam memberikan pelayanan kepada satker merupakan salah satu hal yang mendapatkan perhatian penting pada KPPN Surabaya I. Dalam rangka meningkatkan pelayanan, KPPN Surabaya I telah melakukan penataan ruangan dan melakukan perbaikan kantor agar mitra kerja yang dilayani merasa nyaman serta puas.

 

Berikut ini beberapa inovasi yang dilakukan KPPN Surabaya I, terutama dalam bidang teknologi informasi yaitu :

- Layanan layar sentuh monitor

Monitor layar sentuh merupakan layanan kepada satker berupa monitor layar sentuh yang disediakan di ruang FO yang terhubung dengan aplikasi Online Monitoring SPAN (OM-SPAN). Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan penyajian informasi terkait pelaksanaan pekerjaan yang sudah mengimplementasikan SPAN dan Kanwil DJPb. Aplikasi OM-SPAN merupakan dashboard bagi kebutuhan pimpinan pada semua level, untuk memonitor pelaksanaan tugas BUN/Kuasa BUN di lingkungannya masing-masing. Informasi utama pelayanan seperti penyelesaian SP2D, retur SP2D, sisa pagu anggaran, revisi DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran), Data Suplier, dan Data Kontrak.

 

Website KPPN Surabaya I

KPPN Surabaya I telah meluncurkan situs resmi institusi yaitu : www.djpbn.kemenkeu.go.id/kppn/surabaya1/. Situs ini dibuat dengan tujuan sebagai sarana informasi bagi para satker dalam wilayah kerja KPPN Surabaya I. Di dalam situs tersebut, KPPN Surabaya memberikan informasi-informasi yang diharapkan bermanfaat untuk satker dan mampu mengedukasi masyarakat luas tentang layanan perbendaharaan melalui KPPN Surabaya I. Situs resmi KPPN Surabaya I telah terintegrasi dengan Kantor Wilayah DJPBN Provinsi Jawa Timur dan Kantor Pusat DJPBN.

 

Beberapa fasilitas yang diberikan dalam situs KPPN Surabaya I adalah :

1) Artikel yang membahas berbagai permasalahan yang sering dihadapi oleh satker;

2) Mengunduh peraturan-peraturan kerja terbaru;

3) Membaca modul perbendaharaan yang dibutuhkan, melakukan monitoring, dan mencetak beberapa produk laporan yang diperlukan.

 

  

- Fasilitas free wi-fi

Dalam rangka menunjang pelayanan bagi satker yang turut mendapat perhatian dari KPPN Surabaya I adalah akses internet secara gratis (free wi-fi) di sekitar wilayah KPPN Surabaya I. Dengan adanya akses internet gratis ini diharapkan para satker dapat melakukan pengiriman data, mengunduh file-file yang dibutuhkan dengan cepat selama berada di KPPN Surabaya I.

 

- Layanan e-mail dan E-Rekon

KPPN Surabaya I sebagai organisasi pemerintah berusaha menyempurnakan proses bisnis yang akuntabel, transparan, serta mempunyai kinerja yang cepat dan ringkas. Sebagai bukti penggambaran kondisi penyajian pelayanan prima kepada publik adalah lewat layanan e-mail yang dilaksanakan oleh seksi Bank dan seksi Verifikasi dan Akuntansi (Vera). Di seksi vera terobosan yang diambil adalah layanan proses rekonsiliasi via e-mail. Inovasi ini diperuntukkan bagi satker yang posisinya relatif jauh dari KPPN Surabaya I dengan tujuan untuk mempercepat pembuatan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP). Satker dapat mengirimkan laporan keuangan maupun ADK kepada KPPN Surabaya I. Setelah dilakukan rekonsiliasi, dan tidak terdapat perbedaan data antara satker dengan data KPPN Surabaya I, diterbitkanlah Berita Acara Rekonsiliasi (BAR).

 

- Peningkatan kualitas SDM

SDM adalah bagian terpenting dalam peningkatan kualitas layanan maupun inovasi di KPPN Surabaya I. Sebagai perwujudan rasa kepedulian akan kinerja para pegawai, KPPN Surabaya I berusaha membangun kebersamaan dan kerjasama yang baik di antara para pegawai melalui pemberian pelatihan-pelatihan, misalnya : pelatihan service excellent, kebersamaan tim lewat capacity building, dan kegiatan lain yang sejenis.

 

- Pemberian penghargaan kepada satker yang berprestasi

Pemberian penghargaan (apresiasi) kepada satker ditujukan untuk menumbuhkan persaingan positif di antara satker-satker agar terpacu untuk melakukan kinerja yang lebih baik. Penghargaan yang diberikan KPPN Surabaya I adalah anugerah penghargaan untuk satker terbaik yang ditetapkan setiap semester oleh Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal (MSKI), diberikan kepada satker dengan nilai terbaik dalam penyerapan anggaran, pengelolaan uang persediaan, data kontrak, pagu minus, revisi DIPA, retur SP2D, dispensasi SPM, RPD (Rencana Penarikan Dana) harian, LPJ bendahara, kesalahan SPM, dan deviasi halaman III DIPA.

 

- Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek)

KPPN Surabaya I senantiasa mengadakan sosialisasi kepada satker saat ada peraturan/ketentuan yang baru terbit terkait dengan pelaksanaan APBN dan berbagai hal yang berhubungan dengan bidang perbendaharaan yang tengah dikelola oleh satker-satker. Tujuan sosialisasi dan bimtek adalah menyamakan visi dan pola pikir tentang peraturan yang dibahas. Dengan demikian, tak ada kesalahan atau perbedaan penafsiran dari KPPN Surabaya I dengan para satker.

 

- Salam, Senyum, Sapa

Inovasi sederhana di dalam pemberian layanan adalah sikap baik dan ramah dari para pegawai KPPN Surabaya I, yaitu dengan salam, senyum, dan sapa dari para petugas FO kepada para satker (mitra kerja). Hal kecil ini diharapkan mampu membuat penerima jasa layanan dari KPPN Surabaya I menjadi lebih nyaman dan merasa dihargai (dihormati).

 

- Pembinaan Rohani

Untuk menjaga kualitas keimanan para pegawai KPPN Surabaya I, maka secara rutin diadakan siraman rohani bagi para pegawai yang beragama Islam. Kegiatan ini biasa digelar saat peringatan hari-hari besar Islam dengan tujuan untuk mempertebal ketakwaan para pegawai. Kualitas iman yang baik mampu membuat para pegawai senantiasa menunaikan tugas serta kewajibannya dengan mengacu pada norma-norma agama, menjadi pegawai yang jujur, amanah, dan bersih dari korupsi maupun penyalahgunaan wewenang.

 

Briefing pagi dan one day one information

Setiap hari kerja, sebelum memulai aktivitas harian di KPPN Surabaya I semua pegawai dan pejabat berkumpul untuk berdoa, mendapatkan pengarahan dari kepala kantor atau kepala seksi, mendapatkan satu info terbaru tiap pagi, dengan diakhiri meneriakkan yel-yel KPPN Surabaya I.

 

- Tes antinarkoba bekerjasama dengan BNN

KPPN Surabaya I melakukan kerjasama dengan BNN (Badan Narkotika Nasional) dengan melakukan tes urine para pegawai KPPN Surabaya I untuk memastikan bahwa para pegawai benar-benar bebas narkoba. Dengan demikian KPPN Surabaya I ingin mewujudkan dirinya sebagai instansi yang bebas narkoba (zero drugs).

 

Alamat KPPN Surabaya I

Gedung Keuangan Negara I Lantai IV, Jalan Indrapura Nomor 5 Surabaya

Telepon: (031) 3545639

Faksimile: (031) 3523992

Surat Elektronik: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surabaya I
Gedung Keuangan Negara I Surabaya Lantai IV
Jalan Indrapura Nomor 5, Surabaya
Jawa Timur - 60175

Telepon : (031) 3545639
Surat Elektronik : kppn031@kemenkeu.go.id

Ikuti Media Sosial KPPN Surabaya I

kppnsurabaya1
kppnsurabayasatu
kppnsurabaya1
@kppnsurabaya1
KPPN Surabaya I

 

 

 

 

Search