Berita dan Artikel

Seputar KPPN Surabaya II

GO GREEN SLOGAN DIREKTUR JENDERAL PERBENDAHARAAN

Go Green. Slogan inilah yang sedang didengungkan oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan. Melalui program Perbendaharaan Go Green , dilaksanakan beberapa progam antara lain Program Penghematan Listrik, Program Penghematan Air, Progam Penghematan Kertas dan Program Satu Pegawai Satu Pohon. KPPN Surabaya II tak ketinggalan turut serta menyukseskan program tersebut.

       Dalam melaksanakan Program Satu Pegawai Satu Pohon, pada tanggal 4-08-2017 lalu , para pejabat dan pegawai KPPN Surabaya II melaksanakan kegiatan penanaman pohon dan bibit mangrove di Hutan Mangrove Wonorejo. Lokasi hutan mangrove ini berada di Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) .  Berjarak kurang lebih 1 jam dari pusat kota Surabaya.  Hutan Mangrove ini sejak beberapa tahun lalu telah menjadi sarana wisata edukasi dan pelestarian lingkungan.

       Kedatangan rombongan KPPN Surabaya II disambut oleh teriknya mentari dan hembusan angin yang cukup kencang.  Bapak Sunarto , Kepala KPPN Surabaya II beserta pejabat dan pegawai ditemui  oleh pemandu dari  pihak Ekowisata Mangrove Wonorejo bernama Pak Agus. Dalam suasana yang santai, Bapak pemandu tersebut menjelaskan berbagai hal mengenai hutan mangrove wonorejo. Mulai dari pemanfaatan, jenis-jenis pohon, hingga berbagai kendala yang dihadapai dalam pelestarian hutan mangrove.

       Selanjutnya rombongan diajak berjalan menyusuri  hutan mangrove. Rupanya telah dibangun jalan setapak diatas hutan mangrove tersebut. Pemandu memungut buah mangrove dan menjelaskan beberapa manfaat dari buah pohon itu. Banyak pengetahuan baru yang kami dapat dari penjelasan beliau.

       Selanjutnya adalah penanaman bibit pohon di sekitar lokasi hutan mangrove. Tiap orang mendapat satu bibit pohon untuk ditanam pada lubang yang telah disediakan. Para pegawai yang biasanya berurusan dengan kertas dan komputer kini harus belepotan tanah dan lumpur untuk menanam pohon. Walaupun demikian tidak terdengar keluh kesah atau segan. Dengan semangat serta ceria para pegawai bersama-sama menanam bibit pohon yaang mereka pegang ke dalam lubang. Dan selanjutnya menimbunnya dengan tanah. Bapak pemandu menjelaskan bahwa tanaman yang baru saja ditanam ini tidak perlu disirami. Karena lokasi penanaman terletak di tepian muara sungai. Sehingga saat air pasang akan mendapatkan siraman air.

        Setelah selesai, rombongan berjalan-jalan hingga menuju dermaga. Tampak beberapa perahu yang tertambat di dermaga. Bapak Pemandu kemudian mengajak rombongan untuk menaiki perahu menyusuri muara hingga ke tepi laut. Dengan menggunakan 2 perahu rombongan pejabat/pegawai menyusuri  hutan mangrove.

         Akhirnya seluruh rangakaian kegiatan selesai. Bapak Sunarto, selaku Kepala KPPN Surabaya 2 menghucapkan terima kasih atas kerja sama pengelola Ekowisata Mangrove Wonorejo. Demikian sebaliknya , pihak Ekowisata juga mengucapkan terimakasih telah meluangkan waktu untuk melakukan penanaman di lokasi mangrove.

Semangat Go Green, jadi sudahkan anda menanam pohon ?

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan R.I.
KPPN Surabaya II
Gedung Keuangan Negara Surabaya II Lt. 7 Jl. Dinoyo No.111, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur 60265
Tel: 031-5615393 Fax: 031-5615394

IKUTI KAMI

Search

15 Maret 2024
07 Maret 2024
05 Februari 2024
05 Februari 2024
02 Februari 2024
15 Maret 2024
07 Maret 2024
05 Februari 2024
05 Februari 2024
02 Februari 2024