Berita dan Artikel

Seputar KPPN Surabaya II

Kegiatan Senin Semangat, dan Semangat Pagi : Bentuk Sinergi KPPN Surabaya II

Ada pemandangan menarik setiap hari Senin sampai dengan Kamis pagi sebelum jam layanan dimulai di KPPN Surabaya II. Semua pejabat dan pegawai, termasuk rekan-rekan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) KPPN Surabaya II akan berkumpul di ruang layanan yang kursi-kursi tunggunya sengaja disusun untuk membuat ruangan lebih luas. Para pegawai akan berkumpul saling berhadapan mengenakan atribut pakaian kerja rapi dan dilengkapi dengan nametag masing-masing. Kegiatan ini dinamakan Semangat Pagi, atau jika hari Senin, maka biasa juga disebut Senin Semangat. Kegiatan dilakukan setiap hari selama 30 menit, dimulai pukul 07.30 WIB, dengan dibimbing oleh seorang pegawai secara bergantian.

 

Tujuan utama kegiatan ini adalah memastikan kesiapan semua pegawai KPPN Surabaya II dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya selama jam kerja berlangsung. Untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik, tentunya diperlukan fisik yang prima, mental yang sehat, penampilan yang menunjang kepercayaan diri (rapi), serta tekad yang kuat untuk memberikan layanan terbaik. Untuk mencapai itu semua, maka rangkaian kegiatan Senin Semangat, dan Semangat Pagi disusun sedemikian rupa untuk menunjang pencapaian tujuan. Senin Semangat dimulai dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri yang memiliki makna bahwa pelayanan tugas KPPN Surabaya II semua tertuju demi membangun dan menyejahterakan negeri tercinta kita, NKRI. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan, serta Visi dan Misi KPPN. Tujuannya adalah agar semua pegawai selalu mengingat dan terpatri bahwa dalam bekerja harus selaras dengan visi dan misi organisasi yang telah disusun dan disepakati, serta sejalan dengan pengamalan lima Nilai, yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan. One Day One Information/Sharing Knowledge menjadi sesi selanjutnya. Setiap pejabat di KPPN Surabaya II beserta satu orang pegawai yang ditunjuk oleh Kepala KPPN, memberikan informasi/pengetahuan baru, baik seputar pekerjaan maupun informasi lainnya. Hal yang menarik adalah, dalam sesi ini, tidak hanya membahas seputar pekerjaan, melainkan bisa juga menyampaikan cerita kehidupan sarat makna, informasi ringan, maupun pendapat pribadi secara bebas, namun tetap mengikuti Kode Etik dan aturan-aturan yang berlaku. Selain bermanfaat bagi pendengar, kegiatan ini juga bermanfaat bagi pegawai yang ditunjuk untuk melatih kemampuan public speaking, sekaligus menjadi kesempatan untuk mengekspresikan diri. Sesi selanjutnya adalah menyanyikan lagu Mars KPPN Surabaya II, dilanjutkan dengan pembacaan doa, Salam Perbendaharaan, dan diakhiri dengan tos bersama/high five sambil mengucapkan 'Selalu Bersinergi'. Dua kalimat yang awalnya dicetuskan oleh Kepala KPPN Surabaya II, Moch. Nurhidayat, tentunya tidak asal dipilih. Filosofi dari 'Selalu Bersinergi' adalah harapan kepada seluruh pegawai KPPN Surabaya II untuk selalu menjaga kebersamaan, kekompakan, dan rasa persaudaraan dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari.

 

 

Sedangkan kegiatan Semangat Pagi merupakan versi singkat dari Senin Semangat, kegiatan ini dilakukan dari Selasa hingga Kamis. Hari Jumat ditiadakan karena ada rangkaian kegiatan olahraga. Rangkaian kegiatan Semangat Pagi hanya berupa Sharing Knowledge, pembacaan doa, dan tos bersama. Rangkaian kegiatan yang singkat sengaja dibuat untuk menghindarkan para pegawai dari kejenuhan, namun tetap mendapatkan esensinya, yaitu tetap bersemangat dan bersinergi untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan memberikan output pekerjaan yang berkualitas tinggi.

 

 

Kegiatan Senin Semangat dan Semangat Pagi merupakan salah satu wujud sinergi dan komitmen para pejabat dan pegawai KPPN Surabaya II dalam memberikan layanan terbaik kepada stakeholders, serta menghasilkan output yang berkualitas tinggi, dengan menjunjung tinggi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan, sesuai yel KPPN Surabaya II berikut :

KPPN Surabaya II,

Pasti layanane,

Pasti meseme,

Pasti Nyopone,

Pasti puase,

Buktikno,... Gratis, Rek!

 

Jadi, silahkan datang dan buktikan sendiri!

 

Ditulis oleh : Arisandy Joan Hardiputra, S.E.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan R.I.
KPPN Surabaya II
Gedung Keuangan Negara Surabaya II Lt. 7 Jl. Dinoyo No.111, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur 60265
Tel: 031-5615393 Fax: 031-5615394

IKUTI KAMI

Search

15 Maret 2024
07 Maret 2024
05 Februari 2024
05 Februari 2024
02 Februari 2024
15 Maret 2024
07 Maret 2024
05 Februari 2024
05 Februari 2024
02 Februari 2024