Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1329/KMK.01/2015 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Keuangan dan Surat Dirjen Perbendaharaan nomor S-4160/PB.1/2018 tanggal 14 Mei 2018 hal Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat Lingkup Kantor Vertikal Ditjen Perbendaharaan, KPPN Tolitoli telah melakukan Survei Kepuasan Masyarakat Periode Semester II Tahun 2021 yang dilaksanakan sejak tanggal 20 Desember sampai dengan 30 Desember 2021 dengan menggunakan kuisioner yang mengacu pada Manual IKU KPPN. Dengan mempertimbangkan efisiensi dan efektivitas, survei dilaksanakan dengan menggunakan metode sampling dengan cara menyebarkan kuisioner secara virtual melalu aplikasi google form kepada pengguna layanan/satker pada rentang waktu sebagaimana tanggal diatas.
Dengan metode tersebut diperoleh sebanyak 47 responden dari 59 jumlah satker mitra kerja KPPN Tolitoli selama periode ini. Jika mengacu pada Petunjuk Pengisian Capaian IKU KPPN Tahun 2021 (manual IKU) maka jumlah responden tersebut telah memenuhi syarat minimal jumlah responden yang ditentukan yaitu minimal mencapai 30% dari total satker mitra kerja KPPN.
Berdasarkan hasil pengolahan data atas hasil survei Semester I Tahun 2021 dan survei Semester II Tahun 2021 diperoleh data dan informasi sebagai berikut :
No |
Uraian |
IKM Target IKU |
Capaian IKM |
||||||
IKM |
Tingkat Kepentingan |
Tingkat Kepuasan |
|||||||
Smt I 2021 |
Smt II 2021 |
Smt I 2021 |
Smt II 2021 |
Smt I 2021 |
Smt II 2021 |
Smt I 2021 |
Smt II 2021 |
||
1 |
IKM Rata-rata |
4.64 |
4.64 |
94.09 |
94.89 |
4,70 |
4,50 |
4,71 |
4,75 |
2 |
Kinerja Layanan Pencairan Dana |
|
|
|
|
4,68 |
4,48 |
4,69 |
4,73 |
3 |
Kinerja Layanan Bimbingan dan Konsultasi |
|
|
|
|
4,66 |
4,46 |
4,67 |
4,75 |
4 |
Kinerja Layanan Konfirmasi Surat Setoran |
|
|
|
|
4,70 |
4,50 |
4,7 |
4,74 |
5 |
Kinerja Layanan Rekonsiliasi |
|
|
|
|
4,74 |
4,50 |
4,75 |
4,75 |
6 |
Kinerja Layanan Sarana dan Prasarana |
|
|
|
|
4,72 |
4,56 |
4,76 |
4,78 |
Tingkat kepuasan pengguna layanan KPPN Periode Semester II Tahun 2021 memperoleh indeks sebesar 4.75, meningkat 0.04 poin bila dibandingkan dengan hasil survei kepuasan pada Semester I Tahun 2021 dengan indeks kepuasan 4.71. Target kinerja Indeks Kepuasan Masyarakat tahun 2021 dengan indeks 4.64 telah terpenuhi dan berada di atas target kinerja yang ditetapkan sehingga dapat dinyatakan bahwa layanan KPPN Tolitoli pada periode ini telah memberikan kepuasan pengguna layanan.