Berita

Seputar KPPN Watampone

Kemenkeu Satu Bone, Gelar Rilis Pers Kinerja APBN Triwulan I 2022

Kemenkeu Satu Bone, Gelar Rilis Pers Kinerja APBN Triwulan I 2022

Kemenkeu Satu di Bone (Kantor Pelayanan Pajak Pratama Watampone dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Watampone) menggelar kegiatan Rilis Pers Kinerja APBN Tahun 2021, bertempat di Aula KPPN Watampone dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang diikuti oleh awak media cetak, radio, tv dan online AKPLI, Kamis (26/04/2022).

Kepala KPPN Watampone, Rintok Juhirman dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kegiatan tersebut diselenggarakan bersama KPP Pratama Watampone selaku wakil Kementerian Keuangan di daerah. Yaitu dalam rangka menjalin sinergi bersama media massa dalam implementasi keterbukaan informasi publik. Selain itu juga menjelaskan kinerja serta peran APBN dan APBD dalam mendukung penanganan pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Kabupaten Bone, Soppeng dan Wajo

 Kepala KPPN Watampone, Rintok Juhirman juga mohon diri sehubungan dengan telah berakhirnya tugasnya di KPPN Watampone, dan selanjutnya akan mengemban amanah baru di KPPN Malang, perkenankanlah saya mohon diri. Saya mengucapkan terima kasih atas semua dukungan, kerjasama, dan sinergi terbaik dengan KPPN Watampone sehingga kami dapat menunaikan tugas dalam mengawal APBN di Kabupaten Bone, Soppeng dan Wajo dapat berjalan dengan lancar dan akuntabel. Saya mohon maaf lahir dan batin, apabila selama menunaikan tugas di KPPN Watampone terdapat kesalahan, kekurangan, atau janji yang belum terpenuhi. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat, taufiq, dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga dapat memberikan kinerja terbaik untuk Negeri dan bernilai ibadah.

Dijelaskan, I Account APBN TRIWULAN I 2022 Secara YoY, realisasi belanja APBN di BOSOWA Triwulan I 2022 tumbuh sebesar 0,89% Untuk Belanja Pemerintah Pusat, pertumbuhan terbesar pada Belanja Modal sebesar 13,04% Untuk TKDD terbesar DAK Non Fisik sebesaar 31,33% karena baru mulai Tahun 2022. Realisasi KUR Triwulan I di Provinsi Sulawesi Selatan Kabupaten Bone terbesar kedua setelah Kota Makassar Kabupaten Wajo peringkat ke-4 Kabupaten Soppeng pada posisi ke-12 Realisasi KUR Triwulan I di BOSOWA Secara agregat realisasi KUR di BOSOWA tumbuh 54,26% (YoY) Pertumbuhan terbesar di Kabupaten Soppeng sebesar 94,83% Pertumbuhan terkecil di Wajo sebesar 41,47%. Realisasi Pembiayaan UMi Triwulan I 2022 di BOSOWA Secara agregat realisasi Pembiayaan UMi mengalami penurunan sebesar 36,70% (YoY) Kabupaten Wajo satu-satunya yang mengalami pertumbuhan positif sebesar 219,71%.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Watampone, Hadinengrat Nusantoro Mp menjelaskan bahwa Watampone – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Watampone pada triwulan I 2022 berhasil mengumpulkan penerimaan pajak sebesar Rp55,2 miliar.
Terjadi pertumbuhan 34,5% dari penerimaan tahun lalu pada periode yang sama dan mencapai 16,15% dari target tahun 2022 sebesar 341,9 miliar. Hal itu diperoleh penerimaan pajak itu berasal dari Pajak Penghasilan Rp 35 miliar, Pajak Pertambahan Nilai Rp16,1 miliar, Pajak Bumi dan Bangunan Rp0,3 miliar, dan Bea Meterai Rp3,7 miliar. Pencapaian yang baik ini ditopang oleh pertumbuhan yang tinggi pada sektor konstruksi yang mencapai 40,67%. Sementara pajak dari belanja pemerintah juga tumbuh 23,8% serta dari sektor perdagangan tumbuh 20,7%. Sedangkan jika dirinci per kabupaten, berasal dari Wajib Pajak Kabupaten Bone sebesar Rp33,3 miliar, Kabupaten Wajo Rp13,8 miliar, dan Kabupaten Soppeng Rp7,6 miliar.

Melalui kegiatan Press Release Kinerja APBN Bosowa tersebut, diharapkan dapat memberi gambaran secara utuh kepada masyarakat, bahwa kerja keras APBN dan APBD dalam mengatasi pandemi Covid-19 sekaligus mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional sebagai bukti hadirnya Negara.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

KPPN Watampone
Jl. K.H. Agus Salim No.7, Macege, Tanete Riattang Barat, Watampone, Sulawesi Selatan 92732

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search