Berita

Seputar KPPN Watampone

SATUAN KERJA DI SOPPENG SEMAKIN DIGITAL

SATUAN KERJA DI SOPPENG SEMAKIN DIGITAL

KPPN Watampone bekerja sama dengan PT Bank BRI Cabang Watansoppeng mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Penggunaan Uang Persediaan (UP) dan Belanja Pemerintah melalui Digipay dan Optimalisasi Cash Management System (CMS) pada hari Senin, 1 Agustus 2022 bertempat di Aula PT Bank BRI Cabang Watansoppeng dengan peserta Satuan Kerja Mitra KPPN Watampone yang mempunyai rekening Bendahara Pengeluaran di PT Bank BRI.

Branch Manager PT Bank BRI Cabang Watansoppeng, Ario Irdani Ardian dalam sambutannya menyampaikan untuk mendukung era digital, PT Bank BRI telah menyediakan berbagai aplikasi seperti BRImo untuk customer individu dan CMS yang digunakan oleh suatu instansi. Dengan CMS tersebut, Bendahara Satuan Kerja pemerintah tidak perlu datang ke bank untuk sekedar mengecek transaksi atau rekening koran,  tapi proses tersebut dapat dilakukan dari kantor masing-masing. Bahkan untuk keperluan pembukaan rekening, sudah bisa dilakukan langsung melalui perangkat handphone masing-masing. Penggunakan berbagai aplikasi tersebut guna mendukung keamanan layanan perbankan dan selaras dengan kebijakan Bank Indonesia  untuk mengurangi peredaran uang fisik (cashless).

Kepala KPPN Watampone Djoko Julianto  menyampaikan perkembangan digitalisasi penerimaan negara dan belanja pemeritantah pusat di lingkup Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan. Penatausahan penerimaan negara saat ini telah memasuki era Modul Penerimaan Negara (MPN) Generasi ke-3 yang telah mengkomodir Lembaga Persepsi Lainnya sebagai mitra pembayaran/penyetoran penerimaan negara melalui billing MPN. Dari sisi belanja pemerintah pusat, antara lain telah diperkenalkan penggunaan Kartu Kredit Pemerintah yaitu alat pembayaran dengan menggunakan kartu yang dapat digunakan Satuan Kerja untuk melakukan pembayaran atas transaksi belanja negara dalam penggunaan UP Kartu Kredit Pemerintah. Selain itu, untuk memaksimalkan dana idle pada rekening Bendahara Pengeluaran, telah digunakan pola Rekening Induk dan Virtual Account.   

Pembina Teknis Perbendaharaan Negara KPPN Watampone, M Lukman Syatir mengajak Satuan Kerja untuk mengoptimalkan CMS dalam bertransaksi pada Virtual Account Bendahara Pengeluaran dan mendorong untuk mengimplementasikan platform Belanja Pemerintah Digipay002. Materi tentang CMS sangat penting karena penggunaan CMS ini masih kurang optimal, karena Bendahara Pengeluaran masih nyaman menggunakan transaksi tunai. Sedangkan topik tentang Digipay002 yaitu aplikasi Market Place dari PT Bank BRI dimaksudkan agar Satuan Kerja semakin familiar menggunakan aplikasi Digipay002 dalam belanja menggunakan Uang Persediaan.

Sesi terkahir, disampaikan oleh Much Afdal Alham-RM Consumer Funding PT Bank BRI Cabang Watansoppeng yang memaparkan bagaimana mekanisme kerja CMS, fitur, beserta keunggulan CMS PT BRI yaitu murni web-based, semua transaksi otomatis oleh system, tingkat keamanan berlapis dan memudahkan manajemen likuiditas suatu perusahaan / instansi.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

KPPN Watampone
Jl. K.H. Agus Salim No.7, Macege, Tanete Riattang Barat, Watampone, Sulawesi Selatan 92732

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search