Berita

Seputar KPPN Watampone

KPPN Watampone gelar kegiatan GKM tentang penggunaan aplikasi SIMKA

KPPN Watampone telah melaksanakan kegiatan Gugus Kendali Mutu (GKM) pada hari Senin, 15 Agustus 2022 secara daring melalui aplikasi ZOOM Meeting yang diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai KPPN Watampone, termasuk di dalamnya PPNPN KPPN Watampone.


Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Subbagian Umum yang juga sedang bertugas sebagai Pelaksana Harian (Plh) Kepala KPPN Watampone, Ana Kusmana. Dalam sambutannya, Ana Kusmana selain memberikan pengantar kegiatan GKM, juga memperkenalkan satu orang pegawai yang baru pindah dan bertugas hari ini di KPPN Watampone yatu Nurkayadi Kamaruddin. Pegawai tersebut sebelumnya bertugas di unit eselon I yang berbeda yaitu KPP Pratama Watampone.


Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Hairum Rijal, Staf pelaksana Subbagian Umum yang sehari-hari menangani urusan tata usaha dan rumah tangga kantor. Materi yang disampaikan terkait dengan penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Keuangan dan Aset (SIMKA). SIMKA merupakan gabungan dari beberapa aplikasi eksisting terkait pengelolaan barang milik negara (BMN) dan keuangan. SIMKA merupakan bagian dari mesin pengolah data yang kemudian hasilnya disajikan ke dalam Automatic Bisnis Intelegence Dashboard (ABID). Kedua aplikasi ini merupakan produk hasil inisiasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagai respon atas kondisi pengelolaan data BUMN dan keuangan yang saat ini cukup variatif karena diperoleh dari sumber yang belum terintegrasi. Sistem aplikasi tersebut merupakan sebuah media bantu untuk merumuskan kebijakan dan strategi manajemen yang tepat berdasarkan hasil analisa informasi dan data yang memadai agar memperoleh perencanaan kebutuhan, penganggaran dan penghapusan BMN serta analisa data realisasi secara otomatis dan terpadu. Inisiasi tersebut telah ditetapkan menjadi Quickwins Direktorat Jenderal Perbendaharaan tahun 2022

Dengan digunakannya Aplikasi SIMKA, diharapkan perumusan kebijakan dan strategi manajemen dalam menyusun pengannggaran dan penghapusan BMN menjadi lebih akurat dan tepat guna serta tepat sasaran.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

KPPN Watampone
Jl. K.H. Agus Salim No.7, Macege, Tanete Riattang Barat, Watampone, Sulawesi Selatan 92732

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

   

 

Search