Berita

Seputar KPPN Watampone

Bimtek CMS Pada Desa Role Model Tahun 2022

Bimtek CMS Pada Desa Role Model Tahun 2022

KPPN Watampone menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Cash Management System (CMS) pada Desa Role Model dalam rangka meningkatkan kualitas Tata Kelola Keuangan Desa bertempat di Aula KPPN Watampone pada hari Selasa tanggal 6 Desember 2022.

Kegiatan ini mengundang beberapa Desa yang telah ditetapkan sebagai Desa Role Model KPPN Watampone. Desa tersebut antara lain adalah Desa Mallari, Desa Watu, Desa Tebba, dan Desa Pallimae dari Kabupaten Bone. Sedangkan dari Kabupaten Wajo diikiuti oleh Desa Waetuwo dan Desa Lempa.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Mars Keuangan Republik Indonesia. Selanjutnya Kepala KPPN Watampone, Djoko Julianto, membuka acara tersebut. Dalam arahanya, Djoko Julianto mengajak kepada seluruh peserta bimtek untuk bersyukur atas anugrah segala potensi yang ada pada kita semua. Selain itu, Djoko Julianto mengajak untuk bisa lebih maju lagi dengan mengenalkan transaksi non tunai melalui Cash Management System (CMS).

 Selanjutnya acara dipandu oleh pejabat fungsional KPPN Watampone, Fahrul Aprianto, beserta Tim dari Bank Sulselbar Cabang Bone. Dalam pemaparannya disampaikan bahwa Sistem transaksi Non Tunai adalah Sistem informasi yang diperuntukkan kepada pengguna anggaran (dinas/bendahara) untuk melakukan proses pembayaran ke rekening tujuan secara non tunai. Sistem transaksi non tunai (TNT) ini bertujuan untuk mempercepat proses transaksi sehingga prosesnya lebih efisien. Untuk mengakses TNT Online dapat digunakan perangkat seperti HP atau PC/Laptop dengan konektivitas internet yang stabil. Prosesnya pun simple dan cepat. Pada kesempatan tersebut disampaikan pula masukan masalah dari para peserta bimtek antara lain adalah masih sedikitnya sarana pendukung perbankan di desa, sehingga harus menempuh perjalanan yang jauh untuk menjangkau fasilitas perbankan seperti mesin ATM.

Akhirnya kegiatan berakhir sekitar pukul 12.30 WITA. Diharapkan dengan acara bimtek mengenai CMS ini, praktik tata Kelola keuangan desa menjadi semakin maju, efektif dan efisien.

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

KPPN Watampone
Jl. K.H. Agus Salim No.7, Macege, Tanete Riattang Barat, Watampone, Sulawesi Selatan 92732

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

   

 

Search