Berita

Seputar KPPN Watampone

Focus Group Discussion Administrator Triwulan IV Tahun 2022

Focus Group Discussion Administrator Triwulan IV Tahun 2022

Kepala KPPN Watampone, Djoko Julianto, menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) Pejabat Administrator Triwulan IV Tahun 2022 dengan tema “Penguatan Budaya Kemenkeu Mendukung Layanan Digital dan Penerimaan Optimal” secara daring pada hari Senin tanggal 12 Desember 2022.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Nota Dinas Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan nomor ND-4318/PB.1/2022 tanggal 6 Desember 2022 hal Pelaksanaan Preliminary Focus Group Discussion (FGD) dan FGD Pejabat Administrator Triwulan IV Tahun 2022. Ini merupakan acara wajib bagi para pejabat administrator setiap triwulan.

Dalam pemaparannya, Djoko Julianto menyampaikan bahwa Penguatan Buaya di lingkungan Kemenkeu tidak terlepas dari fungsinya sebagai ASN yaitu Pelaksana Kebijakan Publik, Pelayan Publik, serta Perekat dan Pemersatu Bangsa. Core Values ASN dan Nilai-nilai Kemenketerian Keuangan perlu diterjemahkan dalam bentuk sikap dan perilkau pegawai agar bisa meningkatkan dedikasi, militansi, produktivitas, dan kinerja pegawai. Meskipun masih banyak ketidakpastian, Kemenkeu harus dapat mempersiapkan enabler dan ekosistem bekerja masa depan yang tepat, dibarengi dengan piloting hybrid working dan pembentukan berbagai squad teams untuk meningkatkan kolaborasi dan agility.

 Selanjutnya, Djoko Julianto menyampaikan bahwa kedepannya akan dilakukan pemantauan dan evaluasi melalui self-assesment untuk mengukur tingkat kematangan pegawai terhadap budaya kemenkeu untuk digunakan bagi penyempurnaan di tahap berikutnya. Tingkat kematangan budaya kemenkeu tersebut yang pertama adalah Sadar (Aware), yaitu mengetahui, memahami, dan mulai menerapkan nilai-nilai, sikap dasar, dan perilaku efektif. Yang kedua adalah Paham (Understand) yaitu mampu memahami dan menerapkan dalam bentuk konkret dan sederhana dari sebagian nilai-nilai, sikap dasar, perilaku efektif di lingkungannya. Yang ketiga adalah menerapkan (implement) yaitu mampu memahami dan menerapkan secara konsisten seluruh nilai-nilai, sikap dasar, perilaku efektif di lingkungannya serta mengajak orang lain untuk menerapkan. Dan tertinggi adalah memiliki (Owning) yaitu memahami, menerapkan, dan aktif serta inovatif untuk menerapkan nilai-nilai, sikap dasar, perilaku efektif dan mengajak serta mempengaruhi orang lain di lingkungannya.

Diharapkan penguatan budaya kemenkeu ini dapat dilaksanakan secara sistematis, terencana, dan berkesinambungan. Hal ini tidak lepas dari perwujudan visi Kementerian Keuangan yaitu menjadi pengelolan keuangan negara untuk mewujudkan perekonomian Indonesia yang produktif, kompetitif, Inklusif, dan Berkeadilan.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

KPPN Watampone
Jl. K.H. Agus Salim No.7, Macege, Tanete Riattang Barat, Watampone, Sulawesi Selatan 92732

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

   

 

Search