Berita

Seputar KPPN Watampone

KPPN Watampone Melakukan Roadshow Sosialisasi Langkah Strategis Pelaksanaan APBN 2023

KPPN Watampone Melakukan Roadshow Sosialisasi Langkah Strategis Pelaksanaan APBN 2023

Kepala KPPN Watampone, Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker (PDMS) disertai 2 Pejabat Fungsional  menggelar roadshow Sosialisasi Langkah Strategis Pelaksanaan APBN 2023.  Kegiatan tersebut diadakan selama 3 hari bertempat di Aula Taro Ada Taro Gau KPPN Watampone pada Selasa (17/01/2023) berlanjut ke Aula MAN 1 Soppeng Kab. Soppeng hari Rabu (18/01/2023) dan berakhir pada hari Kamis (19/01/2023) di Aula Pemkab Wajo dengan peserta Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pengelola Keuangan Satuan Kerja (Satker) mitra layanan KPPN Watampone.

Kepala KPPN Watampone, Djoko Julianto dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh satuan kerja atas sinergi dalam mensukseskan pelaksanaan anggaran di tahun 2022 termasuk capaian KPPN Watampone dalam meraih predikat WBBM. Djoko Julianto mengajak seluruh satker agar juga mengikuti jejak KPPN Watampone dalam memperoleh predikat WBBM. KPPN Watampone bersedia untuk menjadi pendamping.

Selanjutnya, Djoko Julianto menyampaikan bahwa pelaksanaan belanja Negara akan semakin digital. Selain itu ditekankan tentang pentingnya peningkatan kualitas pelaksanaan anggaran Satker, pengelolaan APBN yang akuntabel juga harus dkdukung SDM yang handal diantaranya dengan pengelola anggaran yang tersertifikasi, Satker juga diharapkan mampu mengelola anggaran yang berorientasi value for money untuk menghasilkan outcome dan output yang maksimal.

Kepala Seksi PDMS, Dendi Andrian mengajak Satker untuk melakukan langkah-langkah strategis pelaksanaan APBN 2023 dengan cara peningkatan kualitas perencanaan, menerapkan kedisiplinan dalam melaksanakan rencana kegiatan, menyusun strategi akselerasi kegiatan, memetakan percepatan pengadaan barang dan jasa, memperhatikan akurasi penyaluran dana Bansos dan Banper, menjaga efisiensi dan efektivitas belanja, serta  senantiasa berkoordinasi guna monitoring dan evaluasi Satker secara  periodik.

Pejabat Fungsional KPPN Watampone, Fahrul Aprianto memaparkan hasil evaluasi Indeks Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Satker tahun 2022 agar menjadi perhatian bagi pelaksanaan anggaran tahun 2023 ini. IKPA Satker tahun lalu anjlok pada perencanaan Halaman III Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA). Hal ini disebabkan kurangnya komunikasi antara bagian perencanaan dengan bagian pelaksanaan anggaran Satker. Pada tahun ini diharapkan Satker dapat melakukan sinergi yang apik mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pertanggungjawaban anggaran. Jika hal tersebut dapat dilakukan tentunya kualitas kinerja Satker tahun ini akan meningkat.

Pejabat Fungsional KPPN Watampone, Muhammad Lukman Syatir pada kesempatan kali ini mengajak Satker untuk mendukung budaya non tunai dengan memanfastkan mekanisme penyaluran pencairan dana melalui Cash Management System (CMS) Bendahara Pengeluaran. Lukman juga menjelaskan kemudahan transaksi Kartu Kredit Pemerintah Domestik dengan ditambahkannya fitur pembayaran melalui Qris. Dijelaskan juga mengenai pengembangan program marketplace pemerintah Digipay-Satu yang direncanakan bisa melakukan transaksi belanja kepada vendor antar Bank Himbara.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pula penganugerahan penghargaan bagi Satker dengan IKPA Terbaik tahun 2022. Kategori IKPA terbaik dengan anggaran di atas 7 Milyar diperoleh Polres Bone, Lapas Watampone dan Pengadilan Agama Watampone. Kategori IKPA terbaik dengan anggaran 3 Milyar s.d. 7 Milyar diraih oleh Rutan Watansoppeng, MAN 2 Soppeng, dan Pengadilan Negeri Watansoppeng. Kategori IKPA terbaik dengan anggaran di bawah 3 Milyar disabet oleh KPPN Watampone, BNN Kab. Bone, dan Pengadilan Agama Watampone.

Pada kesempatan acara di Bone, sebagai bentuk kolaborasi KPPN Watampone dengan seluruh stake holders, peserta sosialisasi diingatkan  dengan kampanye anti narkoba dari BNN dan sosialisai dari PT Taspen yang disampaikan oleh Sdri.Vira Account Officer PT TASPEN Kab.Bone yang menyampaikan informasi mengenai program-program di PT TASPEN Kab.Bone.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

KPPN Watampone
Jl. K.H. Agus Salim No.7, Macege, Tanete Riattang Barat, Watampone, Sulawesi Selatan 92732

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

   

 

Search