Dalam rangka mencapai target kinerja, organisasi harus mampu memetakan dan membaca serta menerjemahkan peta strategi organisasi dengan menjabarkan strategi secara visual melalui sejumlah sasaran strategis yang terangkai dalam hubungan sebab akibat sehingga memudahkan dalam mengkomunikasikan visi, misi, tujuan dan strategi organisasi.
Kepala KPPN Wonosari selaku Pemilik Peta wajib menginternalisasikan Peta Strateg Organisasi tersebut ke seluruh pejabat dan pegawai agar seluruh gerak langkah yang diambil dalam pelaksanaan tugas dapat menuju satu tujuan dan sasaran sehingga tercapai target yang maksimal maka dari itu dilaksanakan internalisasi Peta Strategi Organisasi pada KPPN Wonosari pada Selasa, 22 Februari 2023 pukul 13.00 sampai dengan 15.00 WIB yang bertempat pada ruang rapat KPPN Wonosari. Dalam pelaksanaan internalisasi tersebut juga di bahas tentang beberapa IKU/IKI baru pada tahun 2023 dan perubahan lainnya seperti sasaran strategis dan target. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan diskusi mengenai Inisiatif Strategis Kepala KPPN Kupang Tahun 2023.
Peta strategi terdiri dari sejumlah sasaran strategis yang dikelompokkan dalam berbagai perspektif. Sasaran Strategis adalah pernyataan mengenai apa yang harus dimiliki, dijalankan, dihasilkan atau dicapai organisasi. Tolok ukur keberhasilan pencapaian sasaran strategis adalah IKU. Peta strategi menggambarkan cara pandang organisasi dalam mengelola kinerjanya dari berbagai perspektif. Peta strategi di lingkungan Kementerian Keuangan secara umum menggunakan 4 (empat) perspektif, yaitu:
- Perspektif Stakeholder, mencakup Sasaran Strategis yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan sehingga dinilai berhasil dari sudut pandang stakeholder;
- Perspektif Customer, mencakup Sasaran Strategis yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan customerdan/atau harapan organisasi terhadap customer;
- Perspektif Internal Process, mencakup Sasaran Strategis yang ingin diwujudkan melalui rangkaian proses yang dikelola organisasi dalam memberikan layanan serta menciptakan nilai bagi stakeholderdan customer (value chain);
- Perspektif Learning and Growthmencakup Sasaran Strategis yang berupa kondisi ideal atas sumber daya internal organisasi yang ingin diwujudkan atau yang seharusnya dimiliki oleh organisasi untuk menjalankan proses bisnis guna menghasilkan output atau outcome organisasi yang sesuai dengan harapan customer dan stakeholder.