Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

Percepat Penyaluran APBN 2021 Untuk Bangkitnya Ekonomi

Semarang, 23 Maret 2021

djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jateng/id - Awal tahun 2021 menjadi momentum penting untuk pelaksanaan APBN 2021, yang memiliki tujuan untuk pemulihan ekonomi dan penguatan reformasi birokrasi untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat secara adil dan merata. Dalam rangka mendorong tersebut, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan FGD Evaluasi Pelaksanaan Anggaran (EPA) pada hari Selasa, 23 Maret 2021.

FGD EPA dihadiri 5 (lima) K/L yang memiliki satker terbanyak, terdiri dari Pengadilan Tinggi Jateng,  Kejaksaan Tinggi Jateng, Kepolisian Daerah Jateng, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jateng dan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jateng. FGD EPA membahas mengenai progres kinerja pelaksanaan anggaran termasuk kendala permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan anggaran K/L selama triwulan I tahun 2021 serta kinerja UAPPA-W dalam penyusunan LK yang berkualitas.

Midden Sihombing kepala Kanwil DJPb Prov. Jateng menegaskan,  FGD diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan sinergi  dan meningkatkan peran Kanwil DJPb beserta instansi vertikal di daerah dalam memberikan layanan terbaik kepada stakeholders dalam pengelolaan keuangan negara dan pelaksanaan anggaran. Fenomena  pelaksanaan anggaran yang masih terjadi dari tahun ke tahun, perlu ditinjau lebih dalam untuk mengetahui akar permasalahan. Penelusuran terhadap kendala permasalahan perlu dilakukan, untuk selanjutnya dilakukan pembenahan baik di tingkat satker maupun instansi DJPb. Dengan begitu pelaksanaan anggaran 2021 menjadi lebih cepat salur dan lebih baik dibanding TA 2020.

Selanjutnya, Maria Sri Nuryati Kepala Bidang PAPK, menyampaikan dalam upaya mendorong kinerja UAPPA-W dalam penyusunan laporan keuangan berkualitas, diharapkan satker selaku UAPPA-W dapat mengirimkan LK periodik secara tepat waktu ke Kanwil DJPb Prov. Jateng. Hal ini akan ditindaklanjuti dengan memberikan feedback berupa hasil telaah. Tahun 2021, surat resmi hasil tealaah akan disampaikan kepada pimpinan UAPPA-W sehingga diharapkan dapat mengetahui kinerja dan segera menindaklanjuti rekomendasi yang ada.

Pada sesi terakhir FGD EPA, dilaksanakan diskusi dan tanya jawab mengenai  pelaksanaan anggaran yang dipandu oleh Edy Prayitno Kepala Bidang PPA I. Permasalahan pelaksanaan anggaran yang masih belum terserap secara optimal diharapkan dapat didorong untuk segera dapat terlaksana.  Sementara ketidakseragaman yang masih terjadi dalam mekanisme pembayaran APBN di tingkat KPPN akan segera ditindaklanjuti dengan melakukan koordinasi secara intens.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN