Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Raker BPDPKS untuk Layanan Sawit Makin Baik

Mengangkat tema “Sawit Melayani Lebih Baik”, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggelar Rapat Kerja BPDPKS Tahun 2024 di Bogor, Senin (29/01) untuk mengevaluasi pencapaian tahun 2023 dan mengambil pembelajaran guna menghadapi tahun 2024.

Pada kesempatan tersebut Dirjen Perbendaharaan Astera Primanto Bhakti menyampaikan bahwa BPDPKS perlu melaksanakan riset dan penelitian yang mengaitkan ekonomi makro dan kinerja APBN dengan tugas dan fungsi utama BPDPKS terkait pengelolaan dana industri sawit. Topik yang bisa digali di antaranya terkait pertumbuhan ekonomi, inflasi, penerimaan dan belanja negara, serta defisit anggaran. Dirjen Perbendaharaan pun mengapresiasi pelaksanaan riset terkait industri sawit. Namun, di sisi lain masih terdapat tantangan untuk BPDPKS.

“BPDPKS harus lebih kreatif mencari instrumen keuangan yang memberi return kompetitif dan atau menambah variasi kegiatan yang lebih cost efficient. Sebagai institusi pelaksana mandatory dari pemerintah, diperlukan agility dalam pelaksanaan tugas pengelolaan dana. BPDPKS perlu usaha yang lebih untuk meningkatkan koordinasi antarlembaga,” jelas Dirjen Perbendaharaan.

Dalam sambutannya, Direktur Utama BPDPKS Eddy Abdurrachman menyebutkan bahwa BPDPKS telah berhasil menyalurkan biodiesel sebanyak 12,1 juta kiloliter dengan anggaran mencapai Rp18,5 triliun. Lebih lanjut, strategi kemitraan dijalankan melalui kampanye positif "Sawit Baik" dengan penyelenggaraan 250 kegiatan. Upaya pengembangan sumber daya manusia juga menjadi fokus, dengan pemberian 2.000 beasiswa dan pelatihan peningkatan keterampilan bagi petani sawit. 

“BPDPKS  telah melaksanakan research and development bekerja sama dengan universitas. Diharapkan hasil riset tersebut dapat menjadi evidence-based policy,” jelas Dirut BPDPKS.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, perwakilan dari Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, perwakilan dari Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian, perwakilan dari Bank Himbara, perwakilan Direktorat Jenderal Anggaran, serta seluruh jajaran BPDPKS ini, Dirjen Perbendaharaan pun menekankan pentingnya menjaga integritas. [NS/LRN]

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)