Jalan KS Tubun No. 36 Pontianak

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Meningkatkan Kinerja Satker Melalui BLU

Pontianak, 20 Maret 2019 Bertempat di Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Pontianak, tepatnya ruang pertemuan Gedung Rektorat Poltekkes Kemenkes Pontianak, Rapat Koordinasi Pembinaan Badan Layanan Umum (BLU) Tahun 2019 dilaksanakan,

Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat serta seluruh Satuan Kerja (Satker) Badan Layanan Umum (BLU) lingkup Provinsi Kalimantan Barat yang terdiri dari Poltekkes Kemenkes Pontianak, Rumah Sakit Bhayangkara, dan Universitas Tanjungpura. Tujuan Rapat Koordinasi BLU ini adalah untuk evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran BLU, serta meningkatkan kerjasama dengan kantor wilayah Ditjen Perbendaharaan selaku Pembina BLU.

kegiatan ini dibuka oleh Wakil Direktur II Poltekkes Kemenkes Pontianak yaitu Kelana Kusuma Dharma selaku tuan rumah selanjutnya kegiatan diisi oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat, Edward U.P. Nainggolan. Dalam kesempatannya, pertama Edward menjelaskan esensi dan filosofi dari pelaksanaan BLU untuk menyamakan polapikir bersama, bahwa BLU merupakan lembaga pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat namun dikelola secara otonom sehingga dalam pelaksanaannya BLU memiliki fleksebilitas dalam pengelolaan keuangan oleh karena itu BLU perlu dilaksanakan secara Efektif, Efisien serta Akuntabel. Selain itu Edward juga berharap agar BLU di Kalimantan barat dapat bersaing dengan Lembaga swasta dalam pelayanan dan pengelolaan keuangannya. Upaya dengan menambah segmen bisnis seperti pemanfaatan aset dan peningkatan kelas layanan pun perlu juga diperhatikan untuk meningkatkan efektifitas pelaksanaan BLU. Edward mencontohkan satker BLU Rumah sakit agar bisa membuka kelas layanan khusus bagi pasien mengah ke atas non BPJS, sehingga profit yang dihasilkan mampu berperan sebagai subsidi silang, demikian juga pembukaan kelas khusus bagi satker BLU Pendidikan dengan membuka kelas untuk strata 2 atau strata 3. Edward Juga menyarankan agar Satker BLU dapat mencontoh kinerja Lembaga Swasta baik itu rumah sakit maupun universitas yang memiliki kinerja layanan dan keuangan yang baik.

Selain itu Edward juga memberi apresiasi kepada Rumah Sakit Bhayangkara yang telah mendapat predikat Rumah Sakit Tingkat paripurna yaitu standart rumah sakit tertinggi secara nasional. Selanjutnya kegiatan diisi dengan penyampaian kendala yang dihadapi dan target kinerja tahun 2019 oleh masing masing Satker BLU, dengan begitu diharapkan berbagai program yang telah dicanangkan dapat tercapai .

Kegiatan Rapat Koordinasi ini selanjutan akan ditindaklanjuti kembali melalui asistensi dan pembinaan kinerja setiap Satker BLU, sehingga tujuan yang diharapakan pada Satker BLU yaitu memberikan layanan terbaik kepada masyarakat secara efektif, efisien dan akuntabel dapat diwujudkan.

 

Kontributor : Luki Ardana

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 
   

 

Search