Jalan KS Tubun No. 36 Pontianak

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Kanwil Perbendaharaan Dorong Penyaluran KUR dan UMi

Pontianak 09 April 2019.  Bertempat di Aula Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalbar diselenggarakan Rapat Koordinasi KUR dan UMi se-Kalbar dengan Seluruh Bank/lembaga penyalur KUR, dan UMi, Kepala OJK Kalbar, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Prov. Kalbar, Kepala Biro Ekonomi Kalbar, dan Kepala Disperkop dan UKM Kota Pontianak. Rakor juga dihadiri oleh Edward Nainggolan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalbar dan Muhammad Fahmi, Ketua Asosiasi Business Development Service-Provider Indonesia (BDSI) yang merupakan asosiasi pendamping UMKM dan Koperasi.

Dalam sambutannya,  Edward Nainggolan menekankan bahwa tujuan penyaluran KUR adalah untuk membangun Usaha Mikro, Kecil melaui penyalur permodalan, menciptakan lapangan kerja, dan menanggulangi kemiskinan. UMi merupakan pinjaman yang disalurkan oleh Lembaga Keuangan Bukan Bank (ONM, Pegadaian, dan Bahana) untuk pelaku usaha mikro yang berada di lapisan terbawah, yang belum bisa difasilitasi perbankan melalui program KUR.

Di Kalbar terdapat 120 ribu pelaku UMKM, 80 ribu diantaranya adalah pelaku usaha mikro. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan berkepentingan untuk memajukan UMKM karena suatu negara akan maju apabila memiliki pelaku usaha minimal 7 persen dari  jumlah penduduk tegas pria berdarah batak itu.

Berdasarkan data DJPb dari tahun 2017 s.d Maret 2019 penyaluran KUR mencapai Rp2,96 triliun dengan jumlah penerima 80.332 UMKM, Sementara untuk penyaluran UMi mencapai Rp11,02 miliar dengan jumlah penerima 3.294 orang/UMKM.

Edward Nainggolan juga menyampaikan bahwa Kanwil DJPb siap bersinergi dengan setiap Pemerintah Daerah Kalbar, Perbankan dan Lembaga Keuangan penyalur KUR dan UMi.  Penyalur diharapkan dapat merelaksasi persyaratan penyaluran KUR dan UMi pada pelaku UMKM  dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian / Prudent.

Muhammad Fahmi, S.E., MM menyatakan bahwa  masalah utama pengembangan UMKM adalah permodalan dan pendampingan. Hal lain yang perlu dibangun adalah menciptakan value chain (rantai nilai) terhadap UMKM di Kalimantan Barat. Value chain sangat dibutuhkan agar permodalan yang telah diberikan dapat lebih bermanfaat bagi UMKM.

Pada akhir kegiatan Edward Nainggolan manyampaikan terima kasih kepada para peserta dan berharap para penyalur KUR dan UMi memberikan pelayanan yang terbaik. serta para pemangku kepentingan bersinerrgi dalam penyaluran KUR dan UMi demi memajukan UMKM di Kalimantan Barat

 

Kontributor : Libra Simamora

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 
   

 

Search