Jln. Ir. H. Juanda No. 04, Samarinda

Berita

Seputar Kanwil DJPb Kalimantan Timur

Mewujudkan Cashless Society, Kanwil DJPb Kaltim Gelar Sharing Session Implementasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah dan Digital Payment-Marketplace

Dalam rangka peningkatan pemahaman pengelola keuangan Satuan Kerja mengenai konsepsi dan tata kelola Kartu Kredit Pemerintah (KKP) dan Digital Payment Marketplace (Digipay) , serta meningkatkan capaian penggunaan KKP dan Digipay di lingkup Provinsi Kalimantan Timur, Kanwil DJPb Prov Kaltim menggelar kegiatan Cashless Society Enlargement Melalui Digitalisasi APBN: Implementasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah dan Digital Payment-Marketplace pada hari Rabu, 13 Juli 2022 di Hotel Selyca Mulia Samarinda. Acara dilangsungkan secara hybrid dan diikuti oleh Satuan Kerja lingkup Kanwil DJPb Kaltim baik secara luring maupun daring.

Plh. Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kaltim, Budi Lesmana menyampaikan bahwa Ditjen Perbendaharaan sudah melakukan inisiatif dalam pengembangan cashless society untuk transaksi ekonomi melalui Kartu Kredit Pemerintah (KKP) dan Digital Payment-Marketplace (Digipay). Namun, berdasarkan hasil monitoring yang telah dilakukan oleh Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Timur, diketahui bahwa perkembangan transaksi Kartu Kredit Pemerintah dan Digital Payment-Marketplace di wilayah Kalimantan Timur masih belum optimal.

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini, pada sesi pertama, Vicensia Retnasari, Kepala Subdirektorat Pelaksanaan Anggaran III, dan Andres Leiman Silalahi, Kepala Seksi Pelaksanaan Anggaran III-A Direktorat Pelaksanaan Anggaran, yang menyampaikan paparan terkait Kartu Kredit Pemerintah secara daring. Pada sesi kedua, Deni Herdianto, Kepala Seksi Pengelolaan Rekening Pengeluaran pada Direktorat Pengelolaan Kas Negara, yang menyampaikan materi terkait Digital Payment Marketplace secara luring. Pada sesi selanjutnya, disampaikan juga materi tentang implementasi KKP dan Digipay pada Bank Himbara oleh perwakilan Bank BRI, Mandiri, dan BNI.

Dalam kesempatan tersebut, Kanwil DJPb Prov Kaltim memberikan penghargaan kepada Satuan Kerja pengelola APBN terbaik dalam dua kategori yaitu Satker dengan transaksi KKP terbesar hingga Semester I TA 2022 dan Satker yang telah aktif menggunakan DigitalPayment-Marketplace.  Selain itu, Penghargaan juga diberikan kepada Bank BRI, BNI, dan Mandiri atas dukungan terhadap implementasi Kartu Kredit Pemerintah dan Platform Digital Payment-Marketplace.

Acara yang berlangsung dari pagi hingga siang hari ini juga turut diliput oleh TVRI Kalimantan Timur dan disiarkan pada sore harinya dalam program berita “Kalimantan Timur Hari Ini ” yang dapat disaksikan pada link berikut : Liputan TVRI Kaltim  .(AA)

 

 

 Pembukaan Oleh Plh. Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kaltim

Peserta

Penyampaian Materi oleh Narasumber

 

 

 Sesi Diskusi dan Tanya Jawab

Pemberian Penghargaan

 Wawancara dengan TVRI Kalimantan Timur

 

 

 Sesi Foto Bersama Undangan dan Panitia

 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search