Gedung Keuangan Negara (GKN) Manokwari LT. II, Jl. Brigjen Marinir (purn) Abraham O. Atururi

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Kegiatan Pekan Antikorupsi Tahun 2019 Kanwil DJPb Provinsi Papua Barat

Manokwari, 9 Desember 2019

     Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Papua Barat dalam memeriahkan Hari Antikorupsi Sedunia yang diperingati tepat pada tanggal 9 Desember, menyelenggarakan Pekan Antikorupsi mulai dari tanggal 9 s.d. 13 Desember 2019. Bertempat di Gedung Keuangan Negara Manokwari lantai 2, telah dilakukan kick off Pekan Antikorupsi 2019 yang ditandai dengan penyematan pin Antikorupsi secara simbolis oleh Kepala Kanwil DJPb Prov. Papua Barat, Hari Utomo, kepada perwakilan pegawai masing-masing unit kerja Kemenkeu di Manokwari, yaitu Kanwil DJPb Prov. Papua Barat, KPPN Manokwari, KPP Pratama Manokwari, dan KPPBC Manokwari.

     Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala KPPN Manokwari, Kepala KPPBC Manokwari, Kepala Subbag Umum dan KI KPP Pratama Manokwari serta pejabat dan pegawai Kanwil DJPb Prov. Papua Barat. Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Kanwil DJPb Prov. Papua Barat dalam Pekan Antikorupsi 2019 yaitu:

  1. Publikasi Pekan Antikorupsi 2019 Kementerian Keuangan Prov. Papua Barat melalui berita pada Radio Republik Indonesia Manokwari (Selasa, 10 Desember 2019 pukul 12.00 WIT s.d. selesai);
  2. Gugus Kendali Mutu mengenai Upaya Pencegahan Korupsi kepada para pegawai (Rabu, 11 Desember 2019 pukul 09.00 WIT s.d selesai);
  3. Sosialisasi Nilai-Nilai Antikorupsi kepada Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) di lingkungan Gedung Keuangan Negara Manokwari (Kamis, 12 Desember 2019 pukul 09.00 WIT s.d. selesai);
  4. Senam Pagi Antikorupsi oleh semua jajaran Kementerian Keuangan Manokwari (Jum’at, 13 Desember 2019 pukul 07.00 s.d. 08.00 WIT); dan
  5. Kampanye Simpatik kepada masyarakat di persimpangan jalan Haji Bauw (Jum’at, 13 Desember 2019 pukul 09.00 s.d. 10.00 WIT).

     Dari pelaksanaan Pekan Antikorupsi 2019 ini diharapkan menjadi bukti perhatian segenap jajaran Kanwil DJPb Prov. Papua Barat mengenai pentingnya perang melawan korupsi serta menjadi sinergi antar unit Kementerian Keuangan di Manokwari dalam upaya pemberantasan dan pencegahan korupsi.

“Tanpa Korupsi, Kementerian Keuangan Kuat, Indonesia Maju”

 

Manokwari, 10 Desember 2019

     Perwakilan Kementerian Keuangan Prov. Papua Barat pada tanggal 10 Desember 2019, menyampaikan publikasi berupa berita terkait dengan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia, melalui Radio Republik Indonesia (RRI) Manokwari pada segmen Dinamika DuaBelas. Pembacaan berita ini merupakan rangkaian kegiatan Pekan Antikorupsi tahun 2019 yang dilaksanakan oleh unit Kementerian Keuangan Prov. Papua Barat.

     Dalam berita tersebut disampaikan bahwa Unit kerja Kementerian Keuangan di Manokwari yaitu Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Papua Barat, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manokwari, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Manokwari, dan Kantor Pengawasan & Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Manokwari, berkomitmen penuh melakukan upaya antikorupsi dengan memberikan pelayanan yang profesional dan tanpa biaya serta bebas dari korupsi kepada masyarakat dan pemangku kepentingan.

     Turut disampaikan juga apresiasi serta penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan karena telah bersama-sama Kementerian Keuangan Prov. Papua Barat menjaga komitmen antikorupsi, dengan tidak memberikan imbalan/tanda terima kasih dalam bentuk apapun atas seluruh pelayanan yang diberikan. Seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan diminta pula untuk berpartispasi aktif untuk menyampaikan laporan atau aduan jika menemukan indikasi pelanggaran yang dilakukan oleh pegawai/pejabat Kementerian Keuangan melalui saluran www.wise.kemenkeu.go.id, atau saluran lain yang telah disediakan oleh masing-masing unit kerja.

 

Manokwari, 11 Desember 2019

     Sebagai rangkaian kegiatan Pekan Antikorupsi tahun 2019, Kanwil DJPb Prov. Papua Barat mengadakan Gugus Kendali Mutu (GKM) dengan tema “Pengendalian Gratifikasi sebagai Upaya Pencegahan Korupsi”, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Triton GKN Manokwari lantai II. Kegiatan GKM yang dibuka oleh Kepala Kanwil DJPb Prov. Papua Barat, Hari Utomo, melibatkan seluruh pejabat dan pegawai Kanwil DJPb Prov. Papua Barat. Pemaparan materi disampaikan oleh Bidang SKKI yang diselingi dengan diskusi terkait permasalahan tugas dan fungsi Kanwil DJPb serta kaitannya dengan perkara gratifikasi.

     Dari pemaparan pada GKM di atas diinformasikan mengenai bahaya Korupsi yang diklasifikasikan dalam kejahatan luar biasa (extraordinary crime) karena memiliki karakter seperti dapat dilakukan oleh siapa saja, target/korban yang acak, kerugiannya besar dan meluas, terorganisir atau oleh organisasi, dan transnasional atau lintas negara. Gratifikasi sebagai akar dari korupsi adalah hal yang paling pertama harus dihindari jika seseorang hendak mencegah terjadinya tindak pidana korupsi. Hari Utomo dalam kata penutupnya menyampaikan agar segenap pejabat dan pegawai Kanwil DJPb Prov. Papua Barat dapat menjaga diri dari tindakan tercela seperti korupsi, dengan mengimplementasikan nilai integritas, baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

Manokwari, 12 Desember 2019 

     Memasuki hari keempat pelaksanaan Pekan Antikorupsi tahun 2019, Kanwil DJPb Prov. Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi Nilai-Nilai Antikorupsi kepada Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) di lingkungan Gedung Keuangan Negara (GKN) Manokwari, dengan tema “Kitong Generasi Antikorupsi”. Peserta merupakan PPNPN dari unit Kementerian Keuangan yang berkantor di GKN Manokwari yaitu Kanwil DJPb Prov. Papua Barat, KPPN Manokwari, dan KPP Pratama Manokwari. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kasuari GKN Manokwari lantai III ini dibuka oleh Kepala Kanwil DJPb Prov. Papua Barat, Hari Utomo, serta dihadiri oleh Kepala KPPN Manokwari, Kepala Subbag Umum dan KI KPP Pratama Manokwari, serta pejabat Administrator pada Kanwil DJPb Prov. Papua Barat.

     Hari Utomo dalam sambutannya menyampaikan bahwa PPNPN sebagai bagian keluarga Kementerian Keuangan agar dalam bekerja dapat mewujudkan nilai-nilai integritas dengan baik. Para PPNPN diminta untuk menjadikan kegiatan ini sebagai sarana meningkatkan pengetahuan terutama mengenai pemberantasan dan pencegahan korupsi.

     Peserta terlihat cukup antusias dalam menyimak penjelasan dari pemateri dari Bidang SKKI Kanwil DJPb Prov. Papua Barat. Materi yang disampaikan antara lain mengenai pentingnya memahami korupsi sebagai suatu tindak pidana, siapa saja subyek hukum tindak pidana korupsi, bentuk perbuatan utama korupsi, uraian nilai-nilai antikorupsi, serta tata cara pelaporan jika menemukan tindak pidana korupsi di sekitar kita. Selain pemaparan materi, peserta juga dilibatkan dalam permainan kelompok untuk melihat tingkat pemahaman peserta terhadap materi yang telah disampaikan, serta peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami. Kegiatan ditutup dengan evaluasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi oleh para peserta dengan mengisi survei yang dibagikan oleh panitia.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Kanwil DJPb Provinsi Papua Barat
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Keuangan Negara (GKN) Manokwari LT. II, Jl. Brigjen Marinir (purn) Abraham O. Atururi. Komplek Perkantoran Gubernur Arfai, Manokwari, Papua Barat 98135
Telepon / Faksimile : 0986-2214130

IKUTI KAMI

 

 

 

       

 

 

 

 

            

Search