Gedung Keuangan Negara Palembang Lt.2. Jl. Kapten A. Rival No. 2, Palembang

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Koordinasi Dana TKD dan TDF Lingkup Pagar Alam

 

Halo Dulur Intress Handal! Sebagai perwakilan Kementerian Keuangan di Daerah, Kanwil DJPb Sumsel menjalankan peran Treasury, Regional Economist and Financial Advisor (TREFA) yang dimana salah satunya adalah layanan konsultasi bagi Pemda lingkup Sumsel terkait dengan Penyaluran Dana Transfer ke Daerah (TKD) dan pemanfaatan Treasury Deposit Facility (TDF). TKD sendiri merupakan bagian dari APBN yang digunakan sebagai alat pemerataan pembangunan ke seluruh wilayah Indonesia melalui pengalokasian dana ke daerah. Dalam implementasinya di lapangan, terkadang ada kendala yang dihadapi Pemda.

Pada kesempatan 2 Februari 2024 lalu, Kanwil DJPb Sumsel menerima kunjungan dari Tim Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Pagar Alam untuk berkoordinasi terkait dengan Piutang Dana Bagi Hasil Pajak dan Bukan Pajak Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kota Pagar Alam serta Dana TDF Pemerintah Kota Pagar Alam Tahun Anggaran 2023. TDF sendiri merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam pengendalian kas untuk pengoptimalan belanja pemerintah. Sebagai suatu hal yang baru, apabila Pemda ada yang menemui kendala dalam implementasinya, Kami dari Kanwil DJPb Sumsel, maupun KPPN yang ada di Sumatera Selatan siap sedia memberikan pelayanan konsultasi terkait hal ini. 

APBN menjalankan fungsi Distribusi Pendapatan melalui pemerataan pembangunan yang perannya diimplementasikan melalui Transfer ke Daerah ini. Dukung terus #UangKita beraksi dalam membangun daerah.

Saluran Pengaduan

Lapor
SIPANDU
WISE
Telepon

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Keuangan Negara Palembang Lt.2 Jalan Kapten A. Rivai No. 2-4 Palembang
Tel: 0711-356534

IKUTI KAMI

Search