GKN, Jln. Ahmad Yani No.28, Klandasan Ilir, Balikpapan

Berita

Seputar KPPN Balikpapan

Service Excellence dan Public Speaking

Balikpapan, 19 Oktober 2018

           KPPN Balikpapan merupakan instansi vertikal di bawah Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang menyelenggarakan fungsi pelayanan perbendaharaan negara. Sebagai ujung tombak pelayanan publik yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan, KPPN Balikpapan memiliki  peran  strategis untuk dapat memberikan pelayanan publik yang cepat, tepat, dan berkualitas kepada seluruh mitra kerja (stakeholders) selaku pengguna layanan. Seiring dengan bergulirnya reformasi birokrasi di Kementerian Keuangan dan untuk mencapai  tata  kelola  pemerintahan  yang baik  (good governance), KPPN Balikpapan dituntut untuk melakukan perbaikan secara berkesinambungan guna dapat menciptakan pelayanan terbaik dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Salah satu upaya untuk dapat menciptakan pelayanan terbaik ialah dengan memberikan pembekalan kepada seluruh pegawai KPPN Balikpapan tentang pelayanan prima (service excellence) sebagai tambahan pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan tugas dan fungsi pada seksi maupun subbagian masing-masing.

           Service  Excellence  dan Public Speaking KPPN  Balikpapan  Tahun  2018  dilaksanakan   pada  hari  Jumat tanggal 19 Oktober 2018 bertempat di Aula KPPN Balikpapan yang dimulai pada pukul 16.00 WITA dengan pemateri Dewi Rupyanti Sinaga dan  Novrilia  Nainggolan  dari  PT.  Bank  Mandiri  KCP Balikpapan Baru.  Peserta kegiatan adalah para pegawai dan tenaga PPNPN KPPN Balikpapan. Maksud  dan tujuan pelaksanaan  kegiatan  Service Excellence dan Public Speaking ini adalah  untuk meningkatkan kemampuan  para  pegawai  dalam  memberikan pelayanan  prima  dan kemampuan berkomunikasi dengan para stakeholders dalam rangka  pelaksanaan tugas  pokok  dan  fungsinya, sehingga lebih lanjut diharapkan dapat terbentuk pegawai  yang  memiliki  kompetensi memadai untuk memberikan  pelayanan  prima  dalam rangka  melaksanakan  tugas  pokok  dan  fungsi  Kantor  Pelayanan  Perbendaharaan   Negara Balikpapan dan tercipta kualitas pelayanan yang baik.

           Kegiatan Service  Excellence  dan Public Speaking  ini memiliki 4 pokok bahasan, yaitu pelayanan kepada stakeholders, dasar-dasar sikap perilaku pelayanan, mengenali kebutuhan stakeholders, dan budaya layanan prima. Serangkaian kegiatan dilaksanakan  dalam  3  sesi,  yaitu penyampaian materi, tanya jawab, dan diakhiri dengan role play untuk memberikan gambaran secara jelas tentang pelayanan yang baik untuk diterapkan di KPPN Balikpapan. Pada  sesi  terakhir   ini, narasumber dan peserta memperagakan cara melayani  satker dengan baik. Narasumber menjelaskan bahwa stakeholders adalah pihak yang kita butuhkan, cara pandang ini perlu ditanamkan pada seluruh pegawai agar dapat menyuguhkan pelayanan terbaik dalam setiap kesempatan.

 

(G. Saffani - red)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

Search