GKN, Jln. Ahmad Yani No.28, Klandasan Ilir, Balikpapan

Berita

Seputar KPPN Balikpapan

End User Training SAKTI Migrasi Saldo Awal Tahun 2022

Untuk mendukung Peraturan Menteri Keuangan Nomor 171/PMK.05/2021 tentang Implementasi Sistem SAKTI, KPPN Balikpapan menyelenggarakan End User Training (EUT) SAKTI Migrasi Saldo Awal Tahun 2022 pada hari Kamis, 9 Juni 2022 di Aula lantai III Gedung Keuangan Negara (GKN) Balikpapan. Acara yang berlangsung secara hibrid, secara daring dan luring dibagi kedalam dua sesi, sesi pagi dan sesi siang guna mendukung penerapan protokol kesahatan kepada mitra kerja KPPN Balikpapan yang baru menggunakan aplikasi SAKTI full modul di Tahun Anggaran 2022.

Kepala KPPN Balikpapan, Fitra Riadian dalam sambutannya menjelaskan seluruh K/L diwajibkan mulai tahun 2022 dalam penyusunan Laporan Keuangan K/L sudah menggunakan aplikasi SAKTI.  Implementasi SAKTI Kelompok Modul Pelaporan akan diawali dengan migrasi data saldo awal dari data Laporan Keuangan Audited 2021 pada Aplikasi E-RekonLK. Migrasi saldo awal merupakan langkah awal implementasi SAKTI untuk kelompok modul Pelaporan (Persediaan, Aset Tetap dan ATB serta akun Neraca). Migrasi saldo awal wajib dilakukan oleh semua  satker yang memiliki saldo Persediaan/Aset Tetap /ATB dan Akun Neraca per 31 Desember 2021.

Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada mitra kerja KPPN Balikpapan ata kinerja di tahun 2021, sebagaimana diketahui Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah menyampaikan  hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2021 audited serta capaian opini BPK atas LKPP, LKBUN dan LKKL dengan hasil yang menggembirakan bagi kita semua. LKPP dan LKBUN tahun 2021 audited mendapatkan  opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke enam kali berturut-turut sejak 2016.  Sedangkan opini BPK  atas Laporan Keuangan K/L pada tahun 2021, dari total 88 K/L terdapat 84 K/L mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian  dan  4 K/L memperoleh opini Wajar Dengan Pengecualian serta tidak ada K/L yang  mendapatkan opini Disclaimer.

Selain memberikan sambutan, Kepala KPPN Balikpapan sekaligus membuka acara secara resmi yang didampingi Kepala Seksi MSKI yang baru, Erwin Cahyono dan Kepala Seksi Vera, Mochamad Ramdani. Stelah pembukaan acara dilanjutkan paparan dan bimbingan aplikasi oleh dua narasumber, yakni saudari Destin Praditya staf pada Seksi Vera dan Atika Eka Lutfianingrum Pejabat Fungsional Pembina Teknis Perbendaharaan Negara (PTPN). (mochram) 

 Materi dapat diunduh disini

Kepala KPPN Balikpapan didampingi Kasi MSKI dan Kasi Vera dalam acara pembukaan

Narasumber Destin Pradity (staf pada Seksi Vera)

Narasumber Atika Eka Lutfianingrum (Pejabat Fungsional PTPN)

Peserta

Peserta

 

Peserta

Peserta

Sesi pendampingan aplikasi 

 

Sesi pendampingan aplikasi

 

Sesi pendampingan aplikasi

 

Sesi pendampingan aplikasi

Sesi pendampingan aplikasi

Sesi Foto Bersama

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

Search