Jl. Ilyas Yacub No. 3 Painan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Implementasi Digipay Satu dan Penggunaan CMS pada Rekening Virtual Pengeluaran Satuan Kerja lingkup Kementerian Negara/Lembaga

Indeks Artikel

Implementasi Digipay Satu

Aplikasi Digipay Satu adalah aplikasi baru yang dirilis secara resmi pada tanggal 1 Maret 2023. Tanggal 1-31 Maret 2023 adalah proses transisi yang dimana Aplikasi Digipay yang lama masih dapat digunakan, aktivasi user, dan Digipay Satu sudah bisa digunakan secara paralel. Kemudian, pada tanggal 1 April 2023 adanya cut off tanggal 31 Maret 2023 pada pukul 23.59 WIB dimana Aplikasi Digipay Existing tidak dapat digunakan kembali, fitur pemesanan akan dinonaktifkan, dan penyelesaian transaksi yang dilakukan sebelum cut off tetap akan dilanjutkan. Adapun perubahan yang terjadi dari Aplikasi Digipay Existing dan Aplikasi Digipay Satu adalah sebagai berikut:

a. Ekosistem Digipay Exisiting yang dikembangkan bersama bank Himbara ( BRI, Mandiri, dan BNI), pada aplikasi Digipay Satu diakomodasi seluruh bank, in house development full oleh Kemenkeu.

b. Digipay Existing User (Satker dan Vendor) wajib memiliki rekening di Himbara (BRI, Mandiri, dan BNI), pada aplikasi Digipay Satu rekening user (satker dan vendor) bebas, tidak harus Bank Himbara.

c. Pada Digipay Exisiting transaksi hanya bisa dilakukan oleh satker dan vendor yang punya rekening pada bank yang sama, untuk Aplikasi Digipay satu bisa digunakan di bank berbeda karena adanya interoperabilitas.

d. Segmentasi Digipay Existing memiliki beberapa kekurangan sehingga pertumbuhan Digipay tidak maksimal, dan pada Digipay Satu berubah dengan adanya fleksibiltas rekening serta akan mengakselerasi pertumbuhan pada Digipay.


Penggunaan CMS pada Rekening Virtual Pengeluaran Satuan Kerja lingkup Kementerian Negara/Lembaga

Penggunaan CMS adalah Solusi layanan perbankan berbasis internet yang memungkinkan perusahaan melakukan monitoring dan transaksi keuangan sendiri secara langsung melalui fasilitas online dalam rangka pengelolaan keuangan perusahaan. CMS bisa digunakan oleh Nasabah CMS BRI yang merupakan nasabah nonperorangan yang terdiri dari Badan Usaha baik berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum, Yayasan, Koperasi dan lembaga lainnya yang memiliki rekening simpanan dan atau pinjaman di BRI. Adapun manfaat yang didapat dari penggunaan CMS BRI adalah sebagai berikut:

  • Laporan data keuangan yang akurat. 
  • Kecepatan transaksi keuanga.
  • Efisiensi waktu, biaya, dan tenaga kerja.
  • Kemudahan mengawasi kinerja keuangan.
  • Kenyamanan dan kemudahan transaksi.

Keunggulan dari CMS pada Bank BRI adalah sebagai berikut:

  • Murni web-based, tidak perlu instalasi dan spesifikasi hardware & tidak terikat pada komputer tertentu.
  • Hard-token, tidak melalui SMS (soft-token), sehingga lebih pasti dan bebas biaya komunikasi (terutama di luar negeri).
  • Pengadaan 2 Token pertama tidak dikenakan biaya.
  • Layanan tersentralisasi di bawah satu atap https://ibank.bri.co.id, tidak terpecahpecah di berbagai web portal.
  • Semua transaksi otomatis oleh sistem, tanpa adanya eksekusi manual oleh unit kerja fisik di belakang sehingga terjadi real-time.
  • Tingkat keamanan berlapis.
  • Memudahkan manajemen likuiditas perusahaan

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search