Kegiatan corner day merupakan salah satu acara tahunan dalam rangka pelaksanaan Transformasi Kelembagaan (TK) di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb). Corner day diadakan untuk memenuhi amanat Project Management Office (PMO) DJPb dalam melakukan sosialisasi atau memperluas sarana komunikasi/informasi terkait inisiatif Transformasi Kelembagaan di DJPb. Corner day merupakan kegiatan yang melibatkan seluruh pegawai KPPN Surabaya I dengan mengundang sebagian satuan kerja (satker) yang ada di wilayah kerjanya.
Tujuan kegiatan corner day adalah :
1) Memberikan informasi tentang kemajuan dari pelaksanaan program Transformasi Kelembagaan DJPb;
2) Meningkatkan pemahaman stakeholders dan membangun semangat pegawai DJPb untuk berperan secara aktif dalam Transformasi Kelembagaan;
3) Menjaring masukan/saran/solusi secara langsung terkait proses Transformasi Kelembagaan yang sedang berjalan.
KPPN Surabaya I mengadakan acara "Corner Day" pada hari Kamis, 26 Oktober 2017 di aula lantai IV. Dalam kegiatan kali ini, KPPN Surabaya I melakukan focus group discussion (FGD) dengan mengambil konsep "Cangkrukan Giras". Giras merupakan singkatan dari "Great Integrity for a Responsible Attitude in Services". Konsep ini diadaptasi dari kebiasaan masyarakat Jawa Timur, khususnya Surabaya, yang terbiasa cangkrukan dengan berbincang santai di warung kopi. Cangkrukan artinya berkumpul atau duduk-duduk bersama sambil minum kopi dan berbincang santai dengan teman/sahabat. Dari konsep ini diharapkan pelaksanaan corner day dapat berlangsung secara santai dan kekeluargaan, namun pesan dan informasi tetap dapat disampaikan dengan baik. Dalam kegiatan corner day yang bertema "Cangkrukan Giras", para pegawai KPPN Surabaya I menyiapkan sendiri berbagai perlengkapan acara seperti dua gerobak warung kopi, serta kelengkapan booth-booth dari setiap seksi.
Acara corner day dibuka pukul 09.00 WIB oleh Kepala KPPN Surabaya I, Ibu Faradiba Arbi. Usai sambutan dari Kepala KPPN Surabaya I ditayangkan video Treasury Festival Kantor Pusat DJPb Tahun 2017, penyampaian informasi terkait Quickwins Transformasi Kelembagaan, serta ditutup dengan FGD yang berisi materi seputar inovasi pelayanan KPPN di antaranya aplikasi SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi), dan rencana penggunaan kartu kredit dalam pembiayaan keuangan negara. Acara diakhiri dengan penyematan tulisan harapan (di kertas berbentuk buah apel dan daun) dari para pegawai dan satker-satker ke pohon harapan yang masih gundul. Setelah itu, satker-satker diajak mengunjungi booth-booth dari setiap seksi di KPPN Surabaya I.
Berikut ini produk yang dipamerkan di booth-booth setiap seksi di KPPN Surabaya I :
1) Sub Bagian Umum
Di booth ini disajikan layanan terbaru terkait penggunaan kartu kredit untuk bendahara pengeluaran. KPPN Surabaya I akan menjadi pilot project dalam penggunaan kartu kredit tersebut. Beberapa layanan lain yang ditampilkan adalah aplikasi pendukung pengelolaan sistem kepegawaian (Pbn Open, aplikasi SILAP), sistem pengelolaan kinerja (Performance Management, e-performance), aplikasi TU/RT (BMN, OM-SPAN), dan aplikasi keuangan (POK, SAKTI).
2) Seksi Pencairan Dana (PD)
Di Seksi PD disajikan layanan unggulan dalam pelayanan kepada satker-satker, yaitu mekanisme pencairan SPM/SP2D.
3) Seksi Bank
Di Seksi Bank ditampilkan mekanisme pelayanan dalam bentuk pohon yang berisi beragam bentuk pekerjaan, yaitu monitoring dan evaluasi (monev) Kepatuhan Bank, Konfirmasi dan Koreksi Penerimaan, Process Payment Request (PPR), Kredit Ultra Mikro (Umi), Retur, DAK Fisik dan Dana Desa, serta pengelolaan rekening pemerintah.
4) Seksi Verifikasi dan Akuntansi (Vera)
Di Seksi vera disajikan layanan unggulan berupa e-rekon, yaitu proses rekonsiliasi data dan bimbingan teknis dengan Seksi Vera yang bisa dilakukan secara online.
5) Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal (MSKI)
Di Seksi MSKI ditampilkan proses Sertifikasi Bendahara yang saat ini digalakkan oleh Kantor Pusat DJPb, yaitu agar semua bendahara satker kementerian/lembaga bersertifikat serta telah memiliki jabatan fungsional sehingga mendapatkan tunjangan fungsional. Hal lain yang diperkenalkan adalah layanan Hai DJPb sebagai call center semua layanan/pertanyaan terkait perbendaharaan selama 24 jam di nomor 14090.
Dari kegiatan corner day berkonsep "Cangkrukan Giras" ini diharapkan dapat dibangun suasana yang nyaman dan penuh rasa kekeluargaan di antara KPPN Surabaya I dan satker-satker yang dilayaninya. Dengan demikian upaya pelaksanaan Transformasi Kelembagaan di lingkungan DJPb dapat disampaikan dengan baik kepada para pegawai KPPN Surabaya I maupun satker-satker di wilayah kerjanya. Di samping itu, masukan/saran dan solusi-solusi dari satker maupun seluruh pegawai dapat digali agar semangat transformasi dapat terus ditingkatkan. Kegiatan corner day KPPN Surabaya I tahun 2017 bisa diakses melalui saluran youtube di : Corner Day KPPN Surabaya I Tahun 2017.
Kontributor naskah |
: |
Melissa Christina |
Kontributor foto |
: |
Supriyanto |