Dalam upaya meningkatkan dan memperbaiki kualitas pelayanan, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surabaya I mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan FGD survei peningkatan layanan KPPN Surabaya I digelar Selasa, 10 Juli 2018 di aula Gedung Keuangan Negara (GKN) Surabaya I lantai VII. Tujuan FGD adalah untuk mengetahui kebutuhan, keinginan, serta saran dari mitra kerja terkait pelayanan petugas FO (front office), sebagai evaluasi untuk meningkatkan pelayanan di masa mendatang.
FGD diawali dengan pembacaan doa dan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh semua peserta yang hadir. Setelah itu, Ibu R. Wiwin Istanti selaku Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur (Kakanwil DJPb Prov. Jatim) memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Ibu Wiwin menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan Survei Kepuasan Pengguna Layanan (SKPL) Kementerian Keuangan.
Ada 3 macam layanan yang disurvei, yaitu :
1) Layanan Pencairan Dana/Penyelesaian SPM (pada KPPN);
2) Layanan Rekonsiliasi Laporan Keuangan (pada KPPN);
3) Layanan Revisi Anggaran (pada Kanwil DJPb).
Survei dilakukan untuk memotivasi KPPN maupun Kanwil di lingkungan DJPb agar senantiasa berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder di wilayah kerja masing-masing. Ibu Wiwin memastikan bahwa Kanwil DJPb Prov. Jatim akan selalu mengawal KPPN Surabaya I dalam memenuhi kebutuhan para satuan kerja di lingkup KPPN Surabaya I.
Materi FGD disampaikan oleh Bapak R.M Soorjo Guritno (Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal). Secara ringkas namun jelas, Pak Soorjo menyampaikan bahwa FGD ini dimaksudkan untuk menggali kebutuhan dan keinginan satuan kerja (satker) sebagai pengguna layanan. Pemahaman akan kebutuhan dan keinginan satker, membuat KPPN Surabaya I menyusun inovasi, strategi, maupun perbaikan kualitas pelayanan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan satker-satker terkait.
Inti kegiatan FGD dikemas berupa permainan (games) agar kebutuhan dan penilaian satker-satker disampaikan secara objektif dan spontan. Para peserta yang hadir dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok merah dan kelompok putih. Kelompok merah adalah pengguna layanan penyelesaian SPM (Surat Perintah Membayar). Kelompok putih merupakan pengguna layanan rekonsiliasi laporan keuangan. Setiap orang dalam kelompok diminta secara bergantian dan berurutan menjawab pertanyaan sesuai kriteria tertentu. Permainan dihentikan ketika ada peserta dalam suatu kelompok yang mengulang jawaban sebelumnya atau tidak bisa memberikan jawaban. Setelah mendapatkan sejumlah peserta yang menyebabkan permainan berakhir, diberikan satu unsur penilaian survei kepuasan layanan. Peserta diminta menyebutkan dua kata saja yang muncul di benak mereka terkait unsur kepuasan layanan tersebut.
Kegiatan FGD ditutup oleh Ibu Faradiba Arbi selaku Kepala KPPN Surabaya I. Di sesi penutupan dibagikan hadiah kepada peserta yang hadir paling awal, serta para peserta yang menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan baik dan benar. Dengan kegiatan ini diharapkan hasil Survei Kepuasan Pengguna Layanan (SKPL) Kementerian Keuangan RI tahun 2018 nilainya bisa lebih optimal. Masukan dan saran dari satker-satker dapat dipergunakan sebagai sarana evaluasi untuk meningkatkan kinerja/mutu layanan di KPPN Surabaya I.
Kontributor naskah |
: |
Melissa Christina dan Rizky Purnamasari |
Kontributor foto |
: |
Supriyanto |