Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surabaya I (KPPN Surabaya I) berusaha menambah wawasan dan ketrampilan para pegawainya dalam memberikan pelayanan kepada semua satuan kerja (satker) di wilayah kerjanya. Hari Kamis, 16 Mei 2019 KPPN Surabaya I mengadakan kegiatan “Sharing Moment : Service Excellence Training” di Hotel Arcadia, Surabaya. Tema yang diambil adalah "Upaya Meningkatkan Pelayanan kepada Mitra Kerja Melalui Kompetensi SDM yang Unggul".
Pelatihan pelayanan prima kali ini bekerjasama dengan Bank Mandiri Cabang Surabaya Niaga. Tujuan pelatihan service excellence adalah meningkatkan kualitas pelayanan KPPN Surabaya I kepada seluruh mitra kerjanya.
Materi yang dibagikan ada 2, yaitu :
1) “ Etika dan Pelayanan Prima” disampaikan oleh Bapak Syahrul (Bank Mandiri)
Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam melayani mitra kerja adalah senyum, salam, dan sapa yang tulus serta ramah. Namun, tata cara pelayanan tetap mengacu pada aturan kerja yang berlaku. Etika yang baik dalam memberikan pelayanan akan mendukung citra maupun kepuasan satker-satker yang dilayani.
2) “Budaya Organisasi” disajikan oleh Ibu Reta (Bank Mandiri)
Pesan penting yang layak dicatat adalah filosofi tentang budaya organisasi. Air dan udara tidak terlihat, namun penting dalam kehidupan. Budaya organisasi juga tidak terlihat. Namun, budaya organisasi sangat penting. Budaya organisasi semestinya bisa dirasakan di lingkungan kerja.
Materi pelatihan yang diberikan oleh Tim Bank Mandiri Cabang Surabaya Niaga sangat bermanfaat, dan bisa diterapkan dalam pelayanan kerja, terutama di front office (FO). Para pegawai KPPN Surabaya I siap untuk mengaplikasikannya dalam melaksanakan tugas/pekerjaan sehari-hari.
Acara “Sharing Moment : Service Excellence Training” dilanjutkan dengan buka puasa bersama (bukber) para pegawai KPPN Surabaya I. Paket bukber plus pelatihan pelayanan prima merupakan upaya memperkuat rasa keakraban serta meningkatkan ketrampilan pelayanan para pegawai. Di sela pelatihan diberikan apresiasi untuk “Pegawai Teladan Semester II Tahun 2018”.
Ada 3 (tiga) pegawai yang terpilih sebagai pegawai teladan KPPN Surabaya I pada periode semester II tahun 2018, yaitu :
1) Peringkat 1, Dedy Murdiyanto, dengan nilai 88,12
2) Peringkat 2, Melissa Christina, dengan nilai 60,24
3) Peringkat 3, Lukman Asmargandhy, dengan nilai 57,26
Dalam kegiatan ini diberikan tali asih bagi pegawai yang purna tugas tmt. 01 Juni 2019, Ibu Erlinnah Oemami. Tak ada kata perpisahan untuk pegawai yang memasuki masa pensiun. Pegawai yang pensiun tetap menjadi bagian dari keluarga besar KPPN Surabaya I. Bukber, pelatihan service excellence, apresiasi pegawai teladan, dan pemberian cindera mata untuk pegawai yang purna tugas berhasil dirangkai dalam satu seri kegiatan. Hal ini dilakukan dengan tujuan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Ilmu pelayanan prima yang diperoleh dari Tim Bank Mandiri bisa diterapkan dalam melaksanakan pekerjaan. Bukber, pemberian apresiasi, serta perpisahan bagi pegawai yang pensiun merupakan upaya untuk menjaga kekompakan dan rasa kekeluargaan di antara para pegawai KPPN Surabaya I.
Kontributor naskah dan foto |
: |
Sri Juli Astuti |
|