Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surabaya I (KPPN Surabaya I) berusaha untuk terus-menerus meningkatkan kualitas para pegawainya melalui berbagai pelatihan. Pelatihan tersebut bertujuan untuk membangun kerjasama tim yang kuat. Penguatan dan kolaborasi di lingkungan para pegawai digelar dalam bentuk kegiatan capacity building. Acara capacity building perdana diadakan pada hari Rabu, 19 Januari 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Warung Mang Engking Juanda, Sidoarjo.
Kegiatan bertema “Peningkatan Kualitas Pegawai” dibuka oleh Ibu Riskian Lestari, selaku Kepala KPPN Surabaya I. Ibu Riskian meminta seluruh pegawai untuk menjalankan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Hal tersebut berkaitan dengan tugas KPPN Surabaya I dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang membutuhkan semangat integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan. Di era revolusi industri 4.0 sumber daya manusia (SDM) yang menjunjung tinggi budaya organisasi serta norma-norma perilaku yang etis sangat diperlukan.
Acara capacity building awal tahun 2022 mengambil judul “Becoming a Star Employee” dengan tujuan membangkitkan semangat kerja seluruh pegawai. Penyaji materi yang hadir adalah Bapak Asnando Danu. Dalam paparannya Asnando Danu menunjukkan cara-cara untuk membuat pegawai mampu bertumbuh serta berkontribusi secara optimal dalam sebuah organisasi.
Ada 3 (tiga) resep sederhana agar seseorang mampu menjadi pegawai bintang (star employee), yaitu :
a) Menikmati perubahan
Perilaku pegawai yang tumbuh adalah :
- mampu meningkatkan semangat (motivasi) baik pada dirinya sendiri maupun kinerja tim secara keseluruhan;
- memiliki potensi dan cara-cara untuk meningkatkan kinerja tim;
- mengetahui cara untuk menyelesaikan masalah pribadi maupun konflik dalam tim kerja;
- mampu menemukan solusi atas permasalahan kerja yang dihadapi;
- mampu mengarahkan gerak/tindakan untuk mengeksekusi program kerja tim yang ditentukan.
b) Menikmati proses
Perilaku pegawai yang tumbuh adalah :
- mampu mengambil tanggung jawab atas tugas/pekerjaan dengan baik;
- menunjukkan kepedulian kepada sesama rekan kerja sehingga tercipta hubungan yang harmonis;
- menampilkan diri sebagai sosok yang baik dan layak untuk dicontoh rekan kerja lainnya;
- menunjukkan daya juang tinggi serta mampu menjawab tantangan kerja yang dihadapi;
- mampu membuat keputusan yang terbaik bagi diri sendiri serta tim yang ada.
c) Menunjukkan kepedulian
Perilaku pegawai yang tumbuh adalah :
- bekerja secara baik dan benar, serta membangun kerjasama tim sesuai visi organisasi;
- mampu menyumbangkan gagasan/ide inovatif untuk kemajuan organisasi;
- memahami dan mampu memperkuat integritas dalam tubuh organisasi;
- aktif memberikan masukan dan saran untuk kemajuan organisasi;
- mampu membuat rencana strategis untuk kemajuan diri sendiri (karier) serta pengembangan organisasi.
Penguatan integritas dan motivasi kerja sangat penting untuk ditumbuhkan dalam diri seluruh pegawai. Hal ini bertujuan untuk menjaga jiwa korsa di tubuh organisasi. Para pegawai selayaknya memiliki semangat kerja yang luar biasa apabila mereka mengetahui visi dan misi organisasi. KPPN Surabaya I berupaya menyamakan persepsi dan pemahaman terhadap arah dan tujuan organisasi di lingkup Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Hal ini berkaitan dengan upaya pemberian pelayanan yang lebih berkualitas. Proses membangun etos kerja, semangat, dan kekompakan tim diarahkan untuk mencapai target pelayanan yang semakin baik. Dengan demikian citra positif KPPN Surabaya I sebagai pengelola keuangan negara yang andal tetap terjaga.
Kontributor naskah dan foto |
: |
Sri Juli Astuti |