INOVASI APLIKASI PINTAR (PINJAM TEMPAT ATAU RUANGAN)

Aplikasi PinTaR (Pinjam Tempat atau Ruangan) merupakan inovasi aplikasi berbasis website dengan menggunakan tools dari Google. Aplikasi ini digunakan oleh PIC Kegiatan Internal (tiap Bidang/Bagian) maupun Eksternal (Kantor Pusat, Stakeholder, pihak luar dll) untuk melakukan reservasi atau pinjam tempat atau ruangan gedung Kanwil DJPb Jawa Barat dengan cara mengakses aplikasi PinTaR melalui alamat https://bit.ly/pintardjpbjabar .

Dashboard Aplikasi PinTaR

Dashboard aplikasi PinTaR menampilkan jadwal kegiatan dan ruangan yang akan digunakan oleh PIC Kegiatan. Data yang ditampilkan yaitu: Nama Ruangan, Nama Unit, Tanggal dan Jam kegiatan (mulai s.d. Selesai), Nama Kegaitan, Jumlah Peserta, dan Kategori Kegiatan). Informasi pada dashboard dapat diakses dan dilihat siapa saja baik PIC Kegiatan maupun Subbagian Tata Usaha dan Rumah Tangga (TURT).

 

 

 

Tampilan Aplikasi PinTaR

Tab form peminjaman > isi formulir, digunakan PIC kegiatan untuk reservasi ruangan. Data jadwal ruangan pada dashboard akan ter-update secara otomatis. 

 

 

Alur Aplikasi PinTaR

  1. Pengguna (PIC Kegiatan) – Reservasi Ruangan, PIC Kegiatan mengecek jadwal ketersediaan ruangan melalui aplikasi PinTaR. Jika ruangan tersedia, PIC Kegiatan melakukan reservasi.
  2. Update Jadwal Ruangan, Setelah reservasi dikonfirmasi, jadwal ruangan akan diperbarui secara otomatis pada dashboard aplikasi PinTaR.
  3. Koordinasi, Persiapan, dan Penataan Ruangan Subbagian TURT dan tim menyiapkan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan. Tim menata layout ruangan sesuai dengan permintaan PIC Kegiatan.
  4. Ruangan Ready!

PIC Kegiatan atau panitia dapat menggunakan ruangan sesuai dengan jadwal dan layout yang telah disiapkan.

Dampak dan manfaat

  1. Online: Memungkinkan aplikasi diakses di mana saja dan kapan saja melalui perangkat smartphone pengguna, sehingga memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi pengguna dalam melakukan reservasi ruangan.
  2. Realtime: Memantau data jadwal kegiatan ruangan secara realtime untuk memastikan ketersediaan dan penggunaan ruangan dapat dikelola dengan efisien dan transparan.
  3. Ready: Memfasilitasi Subbagian TURT dan tim dalam menyiapkan sarana dan prasarana serta menata layout ruangan sesuai dengan permintaan, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai rencana.

Inovasi PinTaR telah berhasil meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan ruangan di Kanwil DJPb Jawa Barat. Dengan akses yang mudah melalui smartphone, pemantauan jadwal secara realtime, dan kesiapan sarana yang optimal, aplikasi ini memastikan proses reservasi menjadi lebih transparan dan terorganisir. PinTaR telah memberikan kemudahan dan kepuasan bagi pengguna, serta membuat pengelolaan ruangan lebih responsif dan efisien. Aplikasi ini terus diperbaiki, dilengkapi, dan dikembangkan agar semakin bermanfaat.

Inovasi PinTaR merupakan langkah maju dalam pengelolaan ruangan di Kanwil DJPb Jawa Barat. Aplikasi ini telah berhasil meningkatkan kinerja organisasi, tidak hanya memberikan kemudahan bagi pengguna, tetapi juga memastikan bahwa setiap kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai rencana.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search