Berita dan Artikel

Informasi Seputar Kinerja dan Realisasi APBN Wilayah Provinsi Jawa Barat

Government Finance Statistics (GFS) Strategis Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat Periode Triwulan III Tahun 2023

Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat sebagai Regional Chief Economist (RCE) telah menyusun Government Finance Statistics (GFS) Strategis Periode Triwulan III Tahun 2023 secara tepat waktu. Dalam penyusunan GFS Strategis tersebut, terdapat 2 (dua) laporan yang disusun, yaitu Laporan Keuangan Pemerintah Konsolidasian Tingkat Wilayah (LKPK-TW) dan Laporan Statistik Keuangan Pemerintah Tingkat Wilayah (LSKP-TW).

LKPK-TW adalah laporan yang disusun berdasarkan konsolidasian Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tingkat Wilayah (LKPP-TW) dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Konsolidasian Tingkat Wilayah (LKPDK-TW) dalam suatu periode.
Sedangkan LSKP-TW merupakan laporan statistik keuangan yang secara komprehensif menyajikan data aktivitas ekonomi dan keuangan pemerintah di wilayah kerja Kanwil DJPb selama suatu periode.

Pada LRA LKPK-TW Triwulan III 2023 menunjukkan realisasi Pendapatan Konsolidasian sebesar Rp122,78 triliun yang terkontraksi sebesar Rp4,48 triliun atau turun sebesar 3,52 persen. Penurunan ini bersifat semu karena jika dilihat dari rincian pendapatan yang mengalami penurunan paling drastis terdapat pada Pendapatan Transfer Pemerintah Pusat. Akun tersebut merupakan akun resiprokal yang harus dilakukan proses eliminasi sehingga seharusnya nilai tersebut jika semakin mendekati nol maka dapat dipastikan bahwa Pemda telah mencatat pendapatan transfer dari Pemerintah Pusat. Di sisi lain, Pendapatan Pajak Dalam Negeri justru meningkat sebesar Rp5,63 triliun (yoy). Sementara dari segi Belanja Daerah tercatat realisasi sebesar Rp113,34 triliun, meningkat sebesar Rp3,07 triliun atau 2,79 persen (yoy). Meningkatnya realisasi Belanja dialami pada seluruh jenis belanja kecuali belanja transfer dan belanja lain-lain. Pada LKPK-TW Triwulan III 2023 mengalami surplus anggaran sebesar Rp9,44 triliun, lebih tinggi jika dibanding tahun lalu sebesar Rp4,74 Triliun.

 

 

Pos pada Laporan Operasional Laporan Statistik Keuangan Tingkat Wilayah (LO LSKPTW) Provinsi Jawa Barat Triwulan III 2023, Realisasi Pendapatan sebesar Rp205,12 triliun, turun sebesar Rp1,79 triliun atau sebesar 0,86 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Sedangkan untuk Beban pada Laporan Operasional Statistik Keuangan Pemerintah sebesar Rp101,24 triliun, turun Rp0,5 triliun atau sebesar 0,5 persen (yoy). Dari nilai pendapatan dan beban di atas, maka dapat diketahui Net Operating Balance bernilai positif yakni sebesar Rp103,88 triliun.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Government Finance Statistics (GFS) Tingkat Wilayah Provinsi Jawa Barat Periode Triwulan III Tahun 2023 dapat diunduh pada tautan berikut:

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search