Jalan Cut Mutia Nomor 23A, Gulak Galik, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung, Lampung - 35214

Press Release : Kinerja APBN Lampung Akseleratif dan Adaptif Terhadap Risiko Global yang Kian Dinamis

 

SP – 004/WPB.08/2024 

Kinerja APBN Lampung Akseleratif dan Adaptif  
Terhadap Risiko Global yang Kian Dinamis

 

Lampung, 30 April 2024 – Kinerja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Regional Lampung hingga 31 Maret 2024 menunjukkan pencapaian yang positif dan adaptif di tengah kompleksitas risiko ekonomi global yang semakin berubah.

Realisasi Belanja Negara mencapai Rp7.626,33 miliar, atau setara dengan 24,07% dari pagu yang telah ditetapkan, dengan pertumbuhan sebesar 7,26% (yoy). Salah satu sorotan utama adalah penyerapan belanja pegawai untuk Tunjangan Hari Raya (THR) dalam rangka perayaan Idul Fitri, yang menunjukkan komitmen APBN dalam mendukung redistribusi pendapatan ke wilayah pedesaan saat musim mudik. Belanja Pemerintah Pusat meningkat 56,38% (yoy), khususnya untuk mendukung penghitungan suara Pemilu 2024, pembangunan infrastruktur jalan, irigasi, jaringan, serta bantuan pendidikan tinggi Islam melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Meskipun kinerja Transfer Ke Daerah mengalami kontraksi sebesar -6,26% (yoy), realisasi Dana Desa dan DAU mampu tumbuh masing-masing sebesar 70,50% (yoy) dan 0,31% (yoy).

Di sisi pendapatan, realisasi Pendapatan Negara mencapai Rp2.150,95 miliar, atau sekitar 19,24% dari target yang telah ditetapkan, mengalami kontraksi sebesar -4,73% (yoy), yang dipengaruhi oleh ketidakpastian global dipicu oleh ketegangan geopolitik yang semakin meningkat. Meskipun demikian, pendapatan dari Bea Masuk dan Pendapatan Negara Bukan Pajak tetap menunjukkan pertumbuhan yang signifikan masing-masing sebesar 14,28% (yoy) dan 39,51% (yoy). Pertumbuhan perpajakan Triwulan I tahun 2024 masih ditopang oleh aktivitas industri pengolahan dan perdagangan besar dan eceran, sedangkan pertumbuhan positif penerimaan Bea Masuk didorong oleh peningkatan importasi produktif yaitu beras, sedangkan cukai meneruskan trajectory pertumbuhan yang baik dari periode sebelumnya.

Dana Desa Akseleratif Mendukung Kesehatan dan Pembangunan di Pedesaan

Dana Desa di provinsi Lampung telah disalurkan sebesar Rp636,40 miliar, dengan penyerapan tertinggi pada Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa. Contohnya pada Desa Mekar Mulya yang telah mewujudkan prestasi menginspirasi. Dengan 11 dusun yang meliputi hamparan pekarangan, perkebunan, dan sawah seluas 889 hektar, Desa Mekar Mulya telah menjadi model keberhasilan dalam memanfaatkan Dana Desa sejak tahun 2015. Dengan fokus pada berbagai sektor pembangunan, Desa Mekar Mulya telah berhasil meraih predikat zero stunting pada tahun 2024. Capaian ini adalah bukti konkret dari komitmen pemerintah pusat dalam meningkatkan tata kelola pemerataan pembangunan dan kesejahteraan, guna mencapai ekonomi inklusif bagi masyarakat desa di regional Lampung.

Dukungan Belanja Pemerintah Pusat Terhadap Infrastruktur Konektivitas di Provinsi Lampung

Selama tiga tahun terakhir, Belanja Pemerintah Pusat terkait Infrastruktur Konektivitas di Lampung menunjukkan perkembangan yang signifikan dengan lonjakan hampir tiga kali lipat pada tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan analisis, Belanja Pemerintah Pusat Terkait Jalan memiliki pengaruh signifikan terhadap Indeks Kemantapan Jalan Provinsi Lampung periode 2021 s.d. 2023. Hubungan tren Belanja Pemerintah Pusat Terkait Jembatan juga selaras dengan arah tren Kemantapan Jembatan pada 2021 s.d. 2022.

Sedangkan, Belanja Infrastruktur Konektivitas berkaitan dengan Teknologi, Informasi dan, Komunikasi (TIK), serta konektivitas laut dan udara penting untuk didukung lebih lanjut agar dapat mengakselerasi pemerataan komunikasi, kapasitas penyeberangan laut, dan frekuensi penerbangan agar dapat memfasilitasi pembangunan Lampung lebih baik lagi. Infrastruktur yang memadai merupakan salah satu faktor penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Dengan adanya aksesibilitas yang lebih baik, barang dan jasa dapat mengalir ke daerah-daerah yang sebelumnya sulit dijangkau, serta meningkatkan daya tarik bagi investasi dan pengembangan bisnis lokal di regional Lampung secara keseluruhan.

Saluran Pengaduan

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal Kanwil DJPb Provinsi Lampung
Jalan Cut Mutia Nomor 23A, Gulak Galik, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung, Lampung - 35214
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search