GKN Manado Lt.3, Jl. Bethesda No.8, Kota Manado, Sulawesi Utara

Untuk mendorong peningkatan kualitas penyusunan laporan keuangan serta transparansi dan akuntabilitas serta periode selanjutnya, Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara telah melakukan analisa dan penilaian kualitas Laporan Keuangan Tahun 2020 Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA-W)  dengan jumlah 43 UAPPA-W. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, diberikan piagam penghargaan. Penghargaan ini diberikan sebagai wujud apresiasi dari Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara atas kinerja UAPPA-W dalam menyusun Laporan Keuangan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Kriteria tersebut adalah :  Analisis Laporan Keuangan, Hasil E-rekon & LK,  Ketepatan waktu penyampaian,  Estetika dan Kelengkapan dokumen. Sedangkan untuk  peringkat dibagi menjadi tiga kategori dengan pemenang yaitu:

  1. Kategori UAPPA-W  Kecil (dengan jumlah 1 sampai dengan 3 UAKPA)
  2. Kategori UAPPA-W  Sedang (dengan jumlah  4  sampai dengan 10 UAKPA)   
  3. Kategori UAPPA-W Besar (≥ 11 UAKPA)

Mengingat situasi Sulawesi Utara masih dalam pandemi Covid-19, kegiatan pemberian penghargaan atas kualitas Laporan Keuangan Tingkat UAPPA-W Tahun 2020 dilakukan secara  langsung  ke UAPPA-W yang menerima penghargaan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Penyerahan dilakukan oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara  atau diwakili Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan kepada para Kepala Satuan Kerja selaku Penanggung Jawab UAPPA-W, sehingga lebih dapat memberikan motivasi dan semangat  bagi UAPPA-W.

Berikut disampaikan rangkaian penyerahan piagam penghargaan kualitas Lapran Keuangan Tahun 2020  ke UAPPA-W :

  1. Penyerahan piagam penghargaan peringkat 1 untuk kategori UAPPA-W kecil dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2021 bertempat di Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII di komplek Bandara Samratulangi Manado. Mewakili Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara, penyerahan dilakukan oleh Kepala Bidang PAKP Joko Supriyanto diterima langsung oleh Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII   T. Edison Saragih S.
  2. Pada tanggal yang sama 24 Agustus 2021, penyerahan piagam penghargaan peringkat 2 kategori UAPPA-W kecil disampaikan Kepala Bidang PAPK  kepada Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Adhi Budhi Sulistyo didampingi Sekretaris PTUN Manado Maffel Rompas  selaku KPA PTUN Manado.
  3. Bertempat di Rektorat Universitas Sam Ratulangi pada tanggal 25 Agustus 2021 dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan peringkat 3 kategori kecil kepada Universitas Sam Ratulangi. Penyerahan piagam dilakukan oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara Ratih Hapsari Kusumawardani didampingi Kepala Bidang PAPK diterima Wakil Rektor 2 Bidang Umum dan Keuangan Unversitas Sam Ratulangi Ronny Maramis.
  4. Pada tanggal 25 Agustus 2021 Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara Ratih Hapsari Kusumawardani didampingi Kepala Bidang PAPK dan tim berkunjung ke Kanwil DJKN Sulutenggomalut di Lantai V GKN Manado sekaligus menyerahkan piagam penghargaan peringkat 1 UAPPA-W kategori sedang kepada Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Arif Bintarto Yuwono.
  5. Pada tanggal 22 September 2021 Plt Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Utara Jonny Pesta Simamora didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Junita Sitorus dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Bambang Haryanto menerima penyerahan piagam penghargaan sebagai peringkat 2 kategori UAPPA-W sedang. Penghargaan diserahkan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara, Ratih Hapsari Kusumawardani didampingi Kepala Bidang PAPK dan tim.
  6. Bertempat di Kanwil DJP Suluttenggomalut, tanggal 22 September 2021 dilakukan penyerahan piagam penghargaan peringkat 3 kategori UAPPA-W sedang oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara Ratih Hapsari Kusumawardani kepada Kepala Kanwil DJP Suluttenggomalut Dodik Samsu Hidayat.
  7. KPU Provinsi Sulawesi Utara berhasil penerima penghargaan sebagai  UAPPA-W peringkat 1 kategori UAPPA-W besar dalam penilaian kualitas LK Tahun 2020. Penyerahan penghargaan dilakukan pada tanggal 25 Agustus 2021 oleh Kepala Bidang PAPK Joko Supriyanto kepada Sekretaris KPU Provinsi Sulawesi Utara selaku KPA KPU Provinsi Sulawesi Utara Puji Astuti.
  8. BPS Provinsi Sulawesi Utara menjadi peringkat 2 kategori UAPPA-W besar dalam penilaian kualitas LK Tahun 2020. Penyerahan piagam penghargaan dilakukan pada tanggal 26 Agustus 2021 oleh Kepala Bidang PAPK Joko Supriyanto mewakili Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara diserahkan langsung kepada  Kepala BPS Provinsi Sulawesi Utara Asim Saputra.
  9. Pada tanggal 27 Agustus 2021 bertempat di ruang rapat Distrik Navigasi Bitung dilakukan penyerahan penghargaan sebagai peringkat 3 kategori UAPPA-W besar dalam penilaian kualitas LK Tahun 2020 kepada Distrik Navigasi Bitung selaku koordinator wilayah satker-satker lingkup Ditjen Perhubungan Laut. Penyerahan piagam dilakukan oleh Kepala Bidang PAPK mewakili Kepala Kanwil DJPb Provinsi Utara kepada Plh. Kepala Distrik Navigasi Bitung.

 

Laporan keuangan tahun 2020 telah disusun dan disajikan dalam tekanan kondisi pandemi COVID-19 dengan menggunakan anggaran yang besar serta memerlukan penanganan dan  kebijakan yang khusus untuk penanganan pandemi COVID-19. Secara umum  berdasarkan hasil telaah dan analisis atas laporan keuangan Tingkat UAPPA-W tahun 2020 masih terdapat hal-hal yang perlu menjadi perbaikan evaluasi/catatan yang perlu mendapat perhatian bersama yaitu terkait  penyusunan Laporan Keuangan yaitu masih adanya salah catat/ketik dalam penyajian pos-pos Laporan Keuangan, hasil pengungkapan yang tidak relevan/sinkron dengan data yang ada, masih adanya keterlambatan dalam pengiriman Laporan Keungan UAPPA-W ke Kanwil DJPb.

Sehingga perlu dilakukan langkah-langkah perbaikan terhadap permasalahan tersebut dalam meningkatkan kualitas Laporan Keuangan antara lain : agar petugas penyusun LK teliti dalam penginputan manual CaLK, pengawasan dan reviu secara berjenjang untuk mengurangi kesalahan pengetikan/pengungkapan pada CaLK, menyampaikan Laporan Keuangan tepat waktu dan BAR sudah siap download serta tidak ada Transaksi Dalam Konfirmasi (TDK).

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara Ratih Hapsari Kusumawardani mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Kepala satuan Kerja Selaku Penanggung Jawab UAPPA-W atas segala usaha dan upaya yang telah dilakukan sehingga kualitas, keakuratan dan ketepatan waktu penyampaian Laporan keuangan UAPPA-W menjadi lebih baik serta terus dapat ditingkatkan untuk periode selanjutnya

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara
Gedung Keuangan Negara Manado Lt. 3 Jl. Bethesda No.8 Manado 95114
Tel: 0431-848444 Fax: 0431-848666

IKUTI KAMI

 

     

 

PENGADUAN

 

Search