GKN, Jln. Ahmad Yani No.28, Klandasan Ilir, Balikpapan

Berita

Seputar KPPN Balikpapan

HARI BAKTI PERBENDAHARAAN TAHUN 2019

Balikpapan, 23 Januari 2019 Hari Bakti Perbendaharaan merupakan agenda tahunan Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagai peringatan lahirnya kembali Perbendaharaan yang ditandai dengan diterbitkannya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2004 yang disahkan pada tanggal 14 Januari 2004. Sejak saat itu, tanggal 14 Januari diperingati sebagai hari lahirnya Perbendaharaan di Indonesia. Namun demikian, ini tidak berarti bahwa Perbendaharaan di Indonesia baru ada sejak tahun 2004, jauh sebelumnya Perbendaharaan telah memegang fungsi penting dalam pengelolaan keuangan negara yang tersebar di beberapa unit Eselon I dan Eselon II  Kementerian Keuangan.  

Sebagaimana penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2019 diisi dengan kegiatan-kegiatan positif dan mampu memperkokoh posisi DJPb dalam menjalankan fungsi perbendaharaan. Kegiatan yang dilakukan tak hanya dengan pihak internal instansi melainkan juga melibatkan pihak eksternal. KPPN Balikpapan sebagai salah satu instansi vertikal DJPb turut menyelenggarakan serangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2019.

Kegiatan pertama yaitu Perbendaharaan Berbagi, sesuai arahan dalam surat edaran Direktur Jenderal Perbendaharaan nomor SE-106/PB/2018 tentang Penyelenggaraan Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2019, kegiatan Perbendaharaan Berbagi dapat berupa santunan kepada para Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), anak pegawai yang telah yatim/piatu/ dan/atau masyarakat sekitar yang membutuhkan dan/atau kegiatan kemanusiaan lainnya. KPPN Balikpapan menyelenggarakan kegiatan ini pada hari Selasa tanggal 15 Januari 2019 dengan dua tahap kegiatan. Tahap pertama KPPN Balikpapan berkunjung ke Panti Asuhan Al Mu’min yang terletak di  Jalan Al Makmur Balikpapan untuk berbagi pada anak yatim dan lanjut usia yang tinggal disana. Sore harinya, tahap kedua dilakukan dengan berbagi sepaket sembako untuk seluruh PPNPN yang bertempat di aula KPPN Balikpapan.

Kegiatan kedua yaitu Perbendaharaan Menyapa. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 16 Januari 2019 di dua sekolah. Sekolah pertama yang dikunjungi ialah SMA Negeri 1 Balikpapan. Tim Perbendaharaan Menyapa KPPN Balikpapan terdiri dari 7 orang yang melibatkan langsung Kepala KPPN Balikpapan dan koordinator kegiatan Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi. Antusias siswa SMA Negeri 1 Balikpapan sangat baik yang terlihat dalam jumlah peserta dan keaktifan mereka dalam bertanya. Waktu yang telah dialokasikan pun tidak cukup karena banyaknya pertanyaan dari para siswa. Di akhir kegiatan, dilakukan foto bersama dan pembagian hadiah kepada siswa yang telah berani untuk bertanya. Sekolah kedua yang dikunjungi ialah SMK Negeri 2 Balikpapan. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan tak jauh berbeda dengan sekolah sebelumnya hanya saja dengan jumlah peserta lebih banyak. Kegiatan Perbendaharaan Menyapa berakhir pada sore hari.

Kegiatan ketiga yaitu Perbendaharaan Peduli Lingkungan dengan melaksanakan kerja bakti di Pantai Monpera (Monumen Perjuangan Rakyat). Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 17 Januari 2019 dari pukul 07.00. Seluruh pejabat dan pegawai KPPN Balikpapan beserta PPNPN membersihkan Pantai Monpera yang terlihat kotor dengan sampah plastik dan kayu hingga pasirnya menghitam. Belasan kantong sampah terisi penuh dengan sampah yang berserakan di sepanjang pantai. Kegiatan ini dikoordinatori oleh Kepala Seksi Bank dan dibantu oleh personil TNI yang mengerahkan empat orang anak buahnya untuk mengangkut kantong sampah yang telah dikumpulkan.

Kegiatan keempat yaitu Perbendaharaan Sehat yang diselenggerakan dalam bentuk senam sehat bersama mitra kerja KPPN Balikpapan. Beberapa mitra kerja yang diundang ialah KPKNL Balikpapan, KPPU KPD Balikpapan, Jajaran GKN Balikpapan, Bank Mandiri K.C. Balikpapan Klandasan, Bank Syariah Mandiri K.C. Balikpapan, Bank Mandiri K.C. Balikpapan A. Yani, BRI K.C. Balikpapan dan BPJS Kesehatan Balikpapan. Senam sehat diselenggarakan pada hari Jumat tangga 18 Januari 2019 bertempat di halaman Gedung Keuangan Negara (GKN) Balikpapan dengan dipandu oleh dua instruktur senam. Selepas senam, panitia menyediakan snack, minuman, dan stiker Hari Bakti Perbendaharaan untuk seluruh peserta yang telah tertata rapih di lobi GKN Balikpapan. Tak hanya itu, para pimpinan instansi yang hadir juga berkumpul di Ruang Tamu KPPN Balikpapan untuk beramah tamah seusai senam sembari menikmati hidangan yang telah disediakan.

Kegiatan kelima yaitu Focus Group Discussion (FGD) denga tema “Upaya Sinergi DJPb untuk Kemakmuran Negeri”. FGD ini bertempat di Aula KPPN Balikpapan pada Hari Selasa tanggal 22 Januari 2019 yang mengundang Pemda Balikpapan dan lima belas satuan kerja terpilih dengan pokok bahasan pembahsan IKPA satuan kerja, Dana Alokasi Khusus (DAK) dan kartu kredit pemerintah. Kepala KPPN Balikpapan menjadi moderator dan pemaparan disampaikan oleh Kepala Seksi MSKI, Kepala Seksi Bank, Kepala Seksi Vera, CSO, dan Bendahara KPPN Balikpapan. Tujuan dari FGD adalah meningkatkan sinergi antara KPPN Balikpapan dan satuan kerja selaku stakeholder dan Pemda selaku mitra kerja DAK Fisik dan Dana Desa. Dalam kegiatan ini juga ditampilkan video sambutan dari Menteri Keuangan Republik Indonesia dan Direktur Jenderal Perbendaharaan mengenai Hari Bakti Perbendaharaan.

Kegiatan keenam sekaligus puncak acara dari serangkaian Peringatan Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2019 adalah Refleksi (tasyakuran) yang diselenggarakan pada siang hari tanggal 22 Januari 2019. Seluruh pegawai dan pejabat KPPN Balikpapan mengenakan baju adat sebagai simbol kebinekaan dan kekayaan budaya bangsa. Para pegawai dan pejabat laki-laki mengenakan Baju Lurik khas Jawa dan blangkon, pegawai wanita mengenakan kebaya, dan PPNPN mengenakan baju adat melayu. Ruang pelayanan KPPN Balikpapan pun telah didesain sedemikian rupa dengan menyediakan spot photobooth beserta propertinya. Tepat pada jam makan siang, seluruh pegawai berkumpul di lounge untuk doa bersama dan pemotongan tumpeng. Setelah memanjatkan doa, seluruh pegawai melakukan foto bersama di spot photobooth dan membuat video ucapan selamat Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2019 untuk kemudian dilanjutkan dengan menikmati hidangan yang telah disediakan oleh panitia. Dengan berakhirnya tasyakuran tersebut, maka serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2019 di KPPN Balikpapan telah usai.

 

(G. Saffani - Red)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

Search