GKN, Jln. Ahmad Yani No.28, Klandasan Ilir, Balikpapan

Berita

Seputar KPPN Balikpapan

APBN Dorong Ekonomi Nasional Tumbuh Kembali Di Masa Pandemi Covid 19

APBN Dorong Ekonomi Nasional Tumbuh Kembali Di Masa Pandemi Covid 19

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Adi Nugroho dalam webinar Peran APBN di Masa Pandemi Covid 19.

 

Dalam kesempatannya, Adi Nugroho, S.E,. M.S.E. (Kepala Kantor Pelayanan Perbendaraan Balikpapan) selaku pembicara memaparkan terkait peran Ditjen Perbendaharaan dan  Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara sebagai instansi vertikalnya dalam pengelolaan keuangan Negara. Selain itu, disampaikan pula kilas dan struktur APBN , jenis-jenis belanja yang dibayarkan melalui APBN, penyaluran dana ke daerah seperti jenis-jenis Dana Alokasi Khusus Fisik (DAK Fisik) dan Dana Desa, serta Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai terobosan pemerintah dalam mendorong kebangkitan perekonomian selama masa Pandemi Covid-19.  Dalam pemaparannya, dijelaskan bahwa pendapatan negara pada semester I TA. 2021 tumbuh sebesar 9,1% yang terdiri dari penerimaan pajak, kepabeanan dan cukai, dan Penerimaan Negara Bukan Pajak(PNBP). Sedangkan Belanja negara juga diakselerasi untuk mendukung pengendalian Covid-19 dan Program PEN agar kesehatan dan perekonomian masyarakat terjaga. Disampaikan juga bahwa mahasiswa dan akademisi juga dapat berperan aktif dalam pengendalian Covid-19 yaitu melalui kegiatan penelitian, pendidikan dan pengajaran, serta pengabdian kepada masyarakat.

KPPN Balikpapan mengadakan kegiatan Webinar tersebut sebagai bagian dari  rangkaian acara dalam rangka menyemarakkan hari Bakti Perbendaharaan, pada Selasa lalu tanggal 31 Agustus 2021, berupa Kegiatan Treasury Goes to Campus di Politeknik Negeri Balikpapan

Setiap tahunnya, kegiatan Treasury Goes to Campus dilaksanakan dengan mayoritas peserta dari kalangan pelajar dan akademisi. Kegiatan ini bertujuan sebagai sarana komunikasi publik atas peran dan fungsi yang diemban Direktorat Jenderal Perbendaharaan selaku pengelola fiskal pemerintah yang dijalankan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara. KPPN dalam pengelolaan fiskal memegang tongkat estafet dalam penyaluran dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kepada unit-unit kerja di daerah, sehingga kegiatan ini dapat membantu mahasiswa untuk memahami pos-pos alokasi kegiatan pemerintah yang dilaksanakan dengan sumber dana APBN.

Kegiatan Treasury Goes To Campus tahun 2021 diselenggarakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 masih membatasi kegiatan perkumpulan dalam masyarakat, sehingga kegiatan Treasury Goes to Campus Tahun 2021 diselenggarakan melalui Seminar Web (Webinar). Kegiatan ini mengusung tema “Peran APBN di Masa Pandemi Covid-19” dengan melakukan edukasi mengenai peran APBN kepada masyarakat khususnya di Perguruan Tinggi dan kuatnya peranan APBN di masa Pandemi Covid-19. Dihadiri lebih dari 250 peserta yang sebagian besar berasal dari mahasiswa jurusan Akuntansi dan akademisi kampus, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan insight dan pandangan baru khusunya bagi mahasiswa Politeknik Negeri Balikpapan terhadap pelaksanaan APBN.

Kegiatan Webinar Treasury Goes To Campus ini disambut hangat dan antusias oleh Direktur Politeknik Negeri Balikpapan, Ramli, S.E., M.M. serta segenap civitas akademika. Dalam sambutannya, Ramli, S.E., M.M. menyampaikan, “Pada saat-saat ini kita diperhadapkan dengan situasi yang memaksa kita untuk berubah, termasuk di dunia pendidikan, khususnya di Politeknik Negeri Balikpapan. Kegiatan ini sangat kami harapkan untuk pemenuhan dan memperkaya ilmu kami khususnya dosen dan mahasiswa di jurusan akuntansi. Saya mengharapkan seluruh peserta Webinar dapat menyimak dengan baik apa yang akan disampaikan oleh Narasumber pada hari ini.” 

 

Dalam sesi tanya jawab, terdapat mahasiswa yang menanyakan terkait program kerja KPPN Balikpapan sebelum pandemi Covid-19. Dalam menanggapi hal tersebut, Adi Nugroho menyatakan bahwa yang membedakan program kerja KPPN Balikpapan antara sebelum dan sesudah pandemi adalah dalam penggunaan teknologi digital, yaitu jika sebelumnya pelayanan dilakukan secara tatap muka menjadi pelayanan secara online melalui aplikasi-aplikasi perbendaharaan dan pelayanan yang telah disediakan.

Di akhir sesi kegiatan, moderator menyimpulkan bahwa KPPN Balikpapan mempunyai peran strategis dalam penyaluran dana APBN yang harus dimanfaatkan oleh seluruh instansi pengguna APBN dalam upaya pembangunan dan pemulihan ekonomi nasional, khususnya di Kota Balikpapan, Kab. Paser, Kab. Penajam Paser Utara, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dalam masa Pandemi Covid-19 melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional. Dan dengan adanya dukungan yang baik dari berbagai pihak serta insan-insan terpelajar seperti mahasiswa dapat menjadikan stimulus dalam penguatan pertumbuhan ekonomi khususnya di masa Pandemi Covid-19. 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

Search