Endar Sugiarto menyatakan pelayanan adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan orang lain (konsumen, pelanggan, tamu, klien, pasien, penumpang dan lain-lain) yang tingkat pemuasannya hanya dapat dirasakan oleh orang yang melayani maupun yang dilayani. Pelayanan adalah merupakan suatu tindakan atau perbuatan seseorang atau
organisasi untuk memberikan kepuasan kepada pelanggannya atau konsumennya (Kasmir 2005 : 26)
KPPN merupakan akronim dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara. Artinya KPPN memberikan pelayanan terkait perbendaharaan kepada para pemangku kepentingan atau stakeholders. Pelayanan tidak bisa diberikan secara sembarangan, terdapat dasar-dasar bagaimana memberikan pelayanan yang baik dan benar sehingga pihak yang menerima layanan mendapatkan kepuasan.
Upaya memberikan pelayanan terbaik dapat dicapai melalui penerapan Service Exellence atau sebuah konsep yang menggambarkan upaya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan atau konsumen. Service excellence merupakan gabungan dari keterampilan, gestur, sikap, penampilan, tindakan, tanggungjawab, dll.
(19/02) KPPN Balikpapan bekerja sama dengan Bank BSI KC Balikpapan Sudirman mengadakan kegiatan pelatihan Service Excellence. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM KPPN Balikpapan terutama dalam memberikan pelayanan kepada stakeholders karena pelayanan merupakan tusi utama KPPN Balikpapan. Narasumber menyampaikan apa itu service excellence, bagaimana memberikan pelayanan terbaik dan memberikan kepuasan kepada pelanggan, dsb. Harapannya dengan terlaksananya kegiatan ini, seluruh pegawai KPPN Balikpapan baik itu pejabat, pelaksana, maupun PPNPN ketika melaksanakan tusi sehari-hari dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada stakeholder.