Manokwari

INVASI-065, Sebuah Inovasi LPJ Bendahara untuk Cek LPJ secara Mandiri

 

 

Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Bendahara merupakan kewajiban bendahara yang harus dilakukan setiap bulan. Dalam penyampaian LPJ Bendahara ke KPPN, masih sering ditemukan adanya selisih pada pembukuan LPJ Bendahara seperti selisih pada saldo awal LPJ, selisih pada hasil pemeriksaan kas (fisik), selisih pada pembukuan kas bendahara, dan selisih pada saldo UP & TUP. Hal tersebut dapat mengakibatkan LPJ Bendahara ditolak sehingga dapat mengganggu proses pelaksanaan APBN.

 

Oleh karena itu, KPPN Manokwari telah menyusun sebuah inovasi bernama “INVASI-065” atau kepanjangan dari Inovasi Validasi LPJ Secara Mandiri KPPN 065 yang dapat memudahkan bendahara untuk melakukan pengecekan secara mandiri atas LPJ Bendahara yang telah disusun. “INVASI-065” berbasis Microsoft Excel yang dapat diakses pada link https://campsite.bio/vera065. Pengecekan LPJ Bendahara pada “INVASI-065” mengacu pada Perdirjen Perbendaharaan Nomor PER-27/PB/2019 tentang Perubahan atas Perdirjen Perbendaharaan Nomor PER-3/PB/2014 Petunjuk Teknis Penatausahaan, Pembukuan dan Pertanggungjawaban Bendahara pada Satuan Kerja Pengelola APBN serta Verifikasi Laporan Pertanggungjawaban Bendahara. 

 

 

Selain untuk melakukan pengecekan LPJ Bendahara, “INVASI-065” juga dapat melakukan pengecekan apakah LPJ Bendahara yang sudah disampaikan oleh satuan kerja telah sesuai atau belum. “INVASI-065” juga mengakomodir pencetakan Tanda Terima Bukti Verifikasi LPJ Bendahara yang biasanya dibutuhkan satuan kerja untuk pelaporan di internal satker. Petunjuk Teknis penggunaan “INVASI-065” dapat diunduh pada link berikut : Link_Juknis_INVASI-065

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090 Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 


IKUTI KAMI

Search