Yth. Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja di Wilayah Kerja KPPN Manokwari
Sehubungan dengan implementasi Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2016 tentang Sertifikasi Bendahara dan berakhirnya Masa Peralihan Sertifikasi Bendahara pada satuan kerja pengelola Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), disampaikan hal-hal sebagai berikut :
- Berdasarkan Perpres 7 Tahun 2016 diatur ketentuan bahwa:
- PNS, anggota Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang akan diangkat sebagai Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, atau Bendahara Pengeluaran Pembantu pada Satuan Kerja Pengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, harus memiliki Sertifikat Bendahara. ( Pasal 2 Ayat (1)).
- PNS, anggota Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang telah diangkat sebagai Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, atau Bendahara Pengeluaran Pembantu sebelum Peraturan Presiden ini mulai berlaku dan belum memiliki Sertifikat Bendahara, dapat menjalankan kewenangan sesuai dengan tugas dan fungsinya sampai dengan jangka waktu 4 (empat) tahun terhitung sejak tanggal Peraturan Presiden ini mulai berlaku. (Pasal 7 Ayat (1)).
- Dalam jangka waktu paling lambat 4 (empat) tahun terhitung sejak tanggal Peraturan Presiden ini mulai berlaku, PNS, anggota Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang diangkat sebagai Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, atau Bendahara Penqetuaran Pembantu harus memiliki Sertifikat Bendahara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2. (Pasal 8).
- Sesuai dengan PMK Nomor 162/PMK.05/2013 tentang Kedudukan dan Tanggung Jawab Bendahara pada Satuan Kerja Pengelola Anggaran Pendapatan Bendahara sebagaimana telah diubah dengan PMK Nomor 230/PMK.05/2016, persyaratan untuk menjadi bendahara Satuan Kerja Pengelola APBN adalah sebagai berikut:PNS/Prajurit TNI/Anggota Polri;
- Pendidikan minimal SLTA atau sederajat;
- Golongan minimal II/b atau sederajat; dan
- Memiliki Sertifikat Bendahara Negara Tersertifikasi.
- Berdasarkan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1, terhitung mulai tanggal 21 Januari 2020, seluruh Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, dan Bendahara Pengeluaran Pembantu pada Satuan Kerja Pengelola APBN harus sudah memiliki Sertifikat Bendahara.
- Berdasaarkan catatatan kami, per 21 Januari 2020 masih ada beberapa Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, dan Bendahara Pengeluaran Pembantu pada Satuan Kerja Pengelola APBN mitra kerja KPPN Manokwari yang belum memiliki Sertifikat Bendahara (daftar terlampir).
- Selanjutnya dalam rangka pelaksanaan Tahun Anggaran 2020, apabila di lingkup satuan kerja Saudara belum memiliki PNS/Prajurit TNI/Anggota Polri yang memenuhi persyaratan penunjukan bendahara, maka:
- Saudara dapat menggunakan Bendahara yang ditunjuk saat ini dengan menyampaikan Surat Pernyataan yang ditandatangi oleh Kepala Satuan Kerja kepada KPPN yang menyatakan kesanggupan Kepala Satuan Kerja untuk mengikutsertakan Bedahara tersebut dalam Sertifikasi Bendahara sesuai ketentuan paling lambat pada Triwulan I 2020 (Sertifikasi bendahara dilaksanakan terintegrasi dengan pelatihan bendahara yang diadakan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan);
- Dalam hal Kepala Satuan Kerja tidak dapat memenuhi persyaratan pada huruf a. diatas, Kepala Satuan Kerja dapat mengangkat PNS/Prajurit TNI/Anggota Polri sebagai Bendahara Pengeluaran, Bendahara Penerimaan, dan Bendahara Pengeluaran Pembantu dengan ketentuan sebagai berikut:
- Berasal dari Satuan Kerja unit eselon I yang sama;
- Berasal dari Satuan Kerja dengan Kementerian Negara/Lembaga yang sama; atau
- Apabila dua ketentuan diatas tidak dapat dilaksanakan, maka Pengangkatan Bendahara dapat dilakukan pada satuan kerja pada wilayah kerja KPPN yang sama;
- Pengangkatan Bendahara dimaksud agar dikoordinasikan dengan Kementerian Negara/Lembaga masing-masing;
- Mekanisme pergantian bendahara berpedoman pada PMK 162/PMK.05/2013 tentang Kedudukan dan Tanggung Jawab Bendahara pada Satuan Kerja Pengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebagaimana telah diubah dengan PMK 230/PMK.05/2016.
c. Dalam hal Kepala Satuan Kerja tidak dapat memenuhi persyaratan pada huruf a dan b diatas, Satuan Kerja menggunakan mekanisme pembayaran secara langsung (LS) kepada pihak ketiga pada seluruh pembayaran.
d. Terhadap Uang Persediaan dan/atau Tambahan Uang Persediaan yang telah dimintakan sebelumnya harus dipertanggungjawabkan atau disetor ke Rekening Kas Negara sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Demikian disampaikan, untuk dipedomani dan atas kerjasamanya diucapkan terima kasih.
DAFTAR SATKER YANG BELUM MEMILIKI SERTIFIKAT BENDAHARA (BNT)
SAMPAI DENGAN 22 JANUARI 2020
KPPN MANOKWARI
No |
Kode Satker |
Uraian Satker |
1 |
330005 |
DINAS SOSIAL PROVINSI PAPUA BARAT |
2 |
330023 |
DINAS TANAMAN PANGAN, HORTIKULTURA DAN PERKEBUNAN PROVINSI PAPUA BARAT |
3 |
330024 |
DINAS TANAMAN PANGAN, HORTIKULTURA DAN PERKEBUNAN PROVINSI PAPUA BARAT |
4 |
330027 |
DINAS KEHUTANAN, PERTANIAN, PERIKANAN DAN KELAUTAN PROVINSI PAPUA BARAT |
5 |
330036 |
DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI PAPUA BARAT |
6 |
330040 |
DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA PROVINSI PAPUA BARAT |
7 |
330044 |
DINAS KOPERASI, USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PROVINSI PAPUA BARAT |
8 |
330050 |
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROVINSI PAPUA BARAT |
9 |
330069 |
KANTOR ARSIP DAERAH PROV. PAPUA BARAT |
10 |
330081 |
KANTOR PERPUSTAKAAN, KEARSIPAN DAN DOKUMENTASI PROVINSI PAPUA BARAT |
11 |
330082 |
DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU |
12 |
330093 |
DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI PAPUA BARAT |
13 |
330100 |
DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK PROVINSI PAPUA BARAT |
14 |
331204 |
KPU KABUPATEN MANOKWARI SELATAN |
15 |
331207 |
DINAS SOSIAL, TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN MANOKWARI SELATAN |
16 |
331209 |
DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN |
17 |
339003 |
DINAS TRANSMIGRASI DAN TENAGA KERJA PROVINSI PAPUA BARAT |
18 |
339006 |
DINAS TRANSMIGRASI DAN TENAGA KERJA PROVINSI PAPUA BARAT |
19 |
339007 |
DINAS TRANSMIGRASI DAN TENAGA KERJA PROVINSI PAPUA BARAT |
20 |
339008 |
DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PAPUA BARAT |
21 |
339017 |
DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI PAPUA BARAT |
22 |
339022 |
DINAS TANAMAN PANGAN, HORTIKULTURA DAN PERKEBUNAN PROVINSI PAPUA BARAT |
23 |
339029 |
DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI PAPUA BARAT |
24 |
339032 |
DINAS KESEHATAN PROVINSI PAPUA BARAT |
25 |
339034 |
DINAS KESEHATAN PROVINSI PAPUA BARAT |
26 |
339051 |
DINAS TENAGA KERJA PROVINSI PAPUA BARAT |
27 |
339052 |
DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PAPUA BARAT |
28 |
339059 |
DINAS TANAMAN PANGAN, HORTIKULTURA DAN PERKEBUNAN PROVINSI PAPUA BARAT |
29 |
339088 |
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROVINSI PAPUA BARAT |
30 |
339091 |
DINAS TANAMAN PANGAN, HORTIKULTURA DAN PERKEBUNAN PROVINSI PAPUA BARAT |
31 |
339094 |
DINAS SOSIAL PROVINSI PAPUA BARAT |
32 |
339152 |
DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROV. PAPUA BARAT |
33 |
339156 |
DINAS TANAMAN PANGAN, HORTIKULTURA DAN PERKEBUNAN PROVINSI PAPUA BARAT |
34 |
339161 |
SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI PAPUA BARAT |
35 |
339163 |
DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG PROVINSI PAPUA BARAT |
36 |
339166 |
DINAS PEKERJAAN UMUM PROVINSI PAPUA BARAT |
37 |
339226 |
DINAS TANAMAN PANGAN, HORTIKULTURA DAN PERKEBUNAN PROVINSI PAPUA BARAT |
38 |
344713 |
FASHARKAN MANOKWARI |
39 |
350426 |
DINAS TRANSMIGRASI DAN TENAGA KERJA PROVINSI PAPUA BARAT |
40 |
350431 |
DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KAB. TELUK WONDAMA |
41 |
350434 |
DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN KAMPUNG PROVINSI PAPUA BARAT |
42 |
352616 |
LPKA Manokwari, Provinsi Papua Barat |
43 |
400552 |
DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN PERTANAHAN PROVINSI PAPUA BARAT |
44 |
400633 |
DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA PROVINSI PAPUA BARAT |
45 |
400976 |
UNIVERSITAS NEGERI PAPUA |
46 |
401292 |
UNIVERSITAS NEGERI PAPUA |
47 |
401818 |
BALAI PENGAMANAN DAN PENEGAKAN HUKUM LHK WILAYAH MALUKU PAPUA |
48 |
403755 |
DINAS PERDAGANGAN, PERINDUSTRIAN KOPERASI UKM KAB. TELUK BINTUNI |
49 |
417977 |
BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PROVINSI PAPUA BARAT |
50 |
418361 |
Lapas Perempuan Kelas III Manokwari |
51 |
418868 |
DINAS SOSIAL PROVINSI PAPUA BARAT |
52 |
418985 |
DINAS SOSIAL PROVINSI PAPUA BARAT |
53 |
429170 |
KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN TELUK WONDAMA |
54 |
493769 |
PENGEMBANGAN KAWASAN PERMUKIMAN PROVINSI PAPUA BARAT |
55 |
493888 |
PENATAAN BANGUNAN DAN LINGKUNGAN PROVINSI PAPUA BARAT |
56 |
496828 |
PENGEMBANGAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM PROVINSI PAPUA BARAT |
57 |
496834 |
PENGEMBANGAN SISTEM PENYEHATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN PROVINSI PAPUA BARAT |
58 |
498350* |
SNVT PELAKSANAAN JARINGAN SUMBER AIR PAPUA PROVINSI PAPUA BARAT |
59 |
498398 |
KANTOR IMIGRASI KELAS II MANOKWARI |
60 |
498695 |
PELAKSANAAN JALAN NASIONAL WILAYAH IV PROVINSI PAPUA BARAT (BINTUNI) |
61 |
505523 |
PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PERMUKIMAN KAB. MANOKWARI |
62 |
517925 |
UNIT PENYELENGGARA PELABUHAN ORANSBARI |
63 |
518163 |
BANDAR UDARA WASIOR MANOKWARI |
64 |
531912 |
BALAI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN MANOKWARI |
65 |
559580 |
UNIT PENYELENGGARA PELABUHAN WASIOR |
66 |
604236 |
BALAI BESAR TAMAN NASIONAL TELUK CENDERAWASIH |
67 |
631152 |
PELAKSANAAN PRASARANA PERMUKIMAN PROVINSI PAPUA BARAT |
68 |
654206 |
LOKA MONITOR SPEKTRUM FREKUENSI RADIO MANOKWARI |
69 |
670095 |
POLRES TELUK BINTUNI |
70 |
681555 |
DINAS SOSIAL KABUPATEN TELUK WONDAMA |
71 |
700138 |
RRI MANOKWARI |