Berita

Seputar KPPN Metro

Kegiatan Pendampingan Penyusunan dan Penelaahan Laporan Keuangan tingkat UAKPA tahun 2017 pada KPPN Metro

Pelaksanaan kegiatan pendampingan penyusunan dan penelaahan laporan keuangan tingkat  UAKPA tahun 2017 wilayah pembayaran KPPN Metro dilaksanakan pada hari Selasa 23 Januari 2018.  Dalam sambutannya kepala KPPN Metro, Tri Tenggo Sukmono menyampaikan bahwa untuk pertama kalinya sejak  tahun 2005 LKPP dibuat,  baru pada LKPP TA.2016 mendapatkan opini WTP dari BPK. Untuk mempertahankan keberhasilan yang telah dicapai tersebut maka usaha dan upaya bagi kita selaku pengelola keuangan tingkat UAKPA adalah dengan cara menyajikkan dan menyusun data laporan keuangan sesuai petunjuk teknis yang telah ditetapkan. Disamping penguasaan perangkat aplikasi penyusun laporan, juga harus mengetahui peruntukan akun pos-pos transaksi keuangan yang terjadi pada masing-masing satuan kerja. Dalam penyusunan laporan keuangan tahunan terdapat perlakuan khusus terhadap beberapa transaksi yang perlu mendapat perhatian. 

Langkah-langkah dalam rangka menghasilkan dan menyajikkan data laporan keuangan yang memadai  yaitu dengan cara menyampaikan LPJ Bendahara dan melakukan rekonsiliasi melalui  e_rekons secara benar dan tepat waktu. Dari hasil penyampaian LPJ Bendahara dan e_rekons tersebut akan dapat dimonitoring data-data yang sudah benar dan yang masih salah. Terhadap data yang masih salah, teman-teman KPPN akan menyampaikan informasi kepada satuan kerja agar memperbaikinya. Jika mengalami kendala pada saat ini sudah terbuka luas layanan bantuan, seperti Hai DJPbn, Hai CSO atau datang langsung berkonsultasi dengan teman-teman KPPN.

Upaya ini perlu kerjasama dan komitmen kita bersama untuk menyajikkan data laporan keuangan secara tepat dan benar.  Disamping itu juga perlu dukungan dan perhatian dari masing-masing pimpina satuan kerja agar upaya ini dapat berjalan lancar.

Diakhir sambutannya Kepala KPPN Metro menghimbau agar kegiatan ini diikuti dengan sungguh-sungguh dan setelah mengikuti kegiatan ini para peserta mempunyai komitmen untuk menyelesaikan/memperbaiki kekurangan-kekurangan yang mungkin ada pada data laporan keuangan masing-masing satuan kerja.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search