Modul Komitmen adalah modul yang memuat informasi mengenai kebutuhan dana dan alokasi dana yang ada, yang berfungsi sebagai perencanaan kas agar tidak terjadi cash miss match.
Ruang Lingkup Modul Komitmen:
- Manajemen Supplier
- Manajemen Kontrak
HUBUNGAN MODUL KOMITMEN DENGAN MODUL LAIN
FUNGSI UTAMA
Manajemen Supplier
- Perekaman Data Supplier (termasuk Upload Data Pegawai)
- Pembuatan ADK Supplier
- Upload/Rekam NRS
Manajemen Kontrak
- Perekaman Data Kontrak
- Pembuatan ADK Kontrak
- Upload/Rekam CAN
- Perekaman BAST
- Perekaman BAST Non Kontraktual
- Monitoring Kontrak
ALUR PROSES YANG DIAWALI DARI MODUL KOMITMEN
MANAJEMEN SUPPLIER
Manajemen Supplier Merupakan kegiatan mengelola data penerima pembayaran, untuk kemudian didaftarkan ke SPAN.
Supplier adalah pihak yang menerima pembayaran/ yang menjadi tujuan pembayaran
TIPE-TIPE SUPPLIER :
- Tipe 1 (satker): untuk pembayaran melalui rekening bendahara (UP, TUP, GUP, GU Nihil, Gaji, Non Gaji, Pengesahan, dll)
- Tipe 2 (Penyedia Barang/Jasa) : untuk pembayaran ke pihak ketiga (kontraktual, non kontraktual)
- Tipe 3 (Pegawai) : untuk pembayaran langsung ke rekening pegawai (Gaji, Non Gaji)
- Tipe 4 (BA 999) : untuk pembayaran BA 999 selain transfer daerah dan penerusan pinjaman
- Tipe 5 (Transfer Daerah) : untuk pembayaran transfer ke daerah (dana perimbangan, otsus & penyesuaian, DBH)
- Tipe 6 (PenerusanPinjaman) : untuk pembayaran penerusan pinjaman, bantuan sosial, konsorsium, penerima beasiswa, dll)
- Tipe 7 (Lain-lain) : untuk pembayaran pengembalian (pajak, BC, PNBP, dll), imbalan bunga, dll
Kategori Supplier dan Jumlah Penerima Pembayaran :
- Satu Penerima : Tipe 1, tipe 2, tipe 4, dan tipe 7
- Banyak Penerima : tipe 3, tipe 5 dan tipe 6
DATA SUPPLIER YANG DIREKAM :
- Supplier Header
- antara lain Jenis Supplier, Nama Supplier, NPWP
- Supplier Address
- antara lain Alamat, Tipe Supplier, Alamat, Kode Pos, dll)
- Supplier Bank / Pegawai / PenerusPinjaman
- antara lain Nomor Rekening, Nama Pemilik Rekening, Kode dan Nama Bank, Mata Uang, dll)
ALUR PROSES PENDAFTARAN SUPPLIER :
PENAMAAN ADK SUPPLIER :
- BCSR <kppn><satker><YYYYMMDD><sequence>.adk
- Budget Commitment Supplier Register – digunakan saat mendaftarkan supplier
- BCSU<kppn><satker><YYYYMMDD><sequence>.adk
- Budget Commitment Supplier Update – digunakan saat melakukan perubahan data supplier
MANAJEMEN KONTRAK
Manajemen Kontrak merupakan kegiatan mengelola data-data detail kontrak (perikatan dengan pihak ketiga), untuk kemudian didaftarkan ke SPAN.
Pelaksanaan Manajemen Kontrak memiliki dua tujuan utama:
- Untuk mengelola tindakan-tindakan awal yang menimbulkan kewajiban negara dalam rangka disiplin anggaran (ketaatan terhadap batas pengeluaran),
- Untuk mendukung terwujudnya perencanaan kas yang berorientasi ke depan (forward cash planning).
Tipe Kontrak :
- Annual Year (Tahunan),
- Multi Years (Tahun Jamak).
Manajemen Kontrak di SAKTI menggunakan konsep bruto, sehingga cara perekamannya berbeda dengan perekaman pada aplikasi existing.
DATA KONTRAK YANG DIREKAM :
- Header Kontrak : Nomor kontrak, Tanggal kontrak, Uraian Kontrak, Identitas Supplier, Sanksi, dll.
- Line Kontrak : Cara penarikan, nilai uang muka, nilai retensi, dll
- Jadwal Pembayaran : Tanggal Pembayaran, Nilai Pembayaran, Pengembalian Uang Muka, Potongan Retensi, dll
- Distribusi COA: Kombinasi COA, Nilai
ALUR PROSES PENDAFTARAN KONTRAK ANNUAL/TAHUNAN :