KPPN Pacitan Jalan S. Parman No. 47 Pacitan

Modul Komitmen

Modul Komitmen adalah modul yang memuat informasi mengenai kebutuhan dana dan alokasi dana yang ada, yang berfungsi sebagai perencanaan kas agar tidak terjadi cash miss match.

Ruang Lingkup Modul Komitmen:

  • Manajemen Supplier
  • Manajemen Kontrak

HUBUNGAN MODUL KOMITMEN DENGAN MODUL LAIN

FUNGSI UTAMA

Manajemen Supplier

  • Perekaman Data Supplier (termasuk Upload Data Pegawai)
  • Pembuatan ADK Supplier
  • Upload/Rekam NRS

Manajemen Kontrak

  • Perekaman Data Kontrak
  • Pembuatan ADK Kontrak
  • Upload/Rekam CAN
  • Perekaman BAST
  • Perekaman BAST Non Kontraktual
  • Monitoring Kontrak

 

ALUR PROSES YANG DIAWALI DARI MODUL KOMITMEN

 

MANAJEMEN SUPPLIER

Manajemen Supplier Merupakan kegiatan mengelola data penerima pembayaran, untuk kemudian didaftarkan ke SPAN.

Supplier adalah pihak yang menerima pembayaran/ yang menjadi tujuan pembayaran

TIPE-TIPE SUPPLIER :

  • Tipe 1 (satker): untuk pembayaran melalui rekening bendahara (UP, TUP, GUP, GU Nihil, Gaji, Non Gaji, Pengesahan, dll)
  • Tipe 2 (Penyedia Barang/Jasa) : untuk pembayaran ke pihak ketiga (kontraktual, non kontraktual)
  • Tipe 3 (Pegawai) : untuk pembayaran langsung ke rekening pegawai (Gaji, Non Gaji)
  • Tipe 4 (BA 999) : untuk pembayaran BA 999 selain transfer daerah dan penerusan pinjaman
  • Tipe 5 (Transfer Daerah) : untuk pembayaran transfer ke daerah (dana perimbangan, otsus & penyesuaian, DBH)
  • Tipe 6 (PenerusanPinjaman) : untuk pembayaran penerusan pinjaman, bantuan sosial, konsorsium, penerima beasiswa, dll)
  • Tipe 7 (Lain-lain) : untuk pembayaran pengembalian (pajak, BC, PNBP, dll), imbalan bunga, dll

Kategori Supplier dan Jumlah Penerima Pembayaran :

  • Satu Penerima : Tipe 1, tipe 2, tipe 4, dan tipe 7
  • Banyak Penerima : tipe 3, tipe 5 dan tipe 6

DATA SUPPLIER YANG DIREKAM :

  1. Supplier Header
    • antara lain Jenis Supplier, Nama Supplier, NPWP
  2. Supplier Address
    • antara lain Alamat, Tipe Supplier, Alamat, Kode Pos, dll)
  3. Supplier Bank / Pegawai / PenerusPinjaman
    • antara lain Nomor Rekening, Nama Pemilik Rekening, Kode dan Nama Bank, Mata Uang, dll)

 

ALUR PROSES PENDAFTARAN SUPPLIER :

 

PENAMAAN ADK SUPPLIER :

  • BCSR <kppn><satker><YYYYMMDD><sequence>.adk
    • Budget Commitment Supplier Register – digunakan saat mendaftarkan supplier
  • BCSU<kppn><satker><YYYYMMDD><sequence>.adk
    • Budget Commitment Supplier Update – digunakan saat melakukan perubahan data supplier

MANAJEMEN KONTRAK

Manajemen Kontrak merupakan kegiatan mengelola data-data detail kontrak (perikatan dengan pihak ketiga), untuk kemudian didaftarkan ke SPAN.

Pelaksanaan Manajemen Kontrak memiliki dua tujuan utama:

  1. Untuk mengelola tindakan-tindakan awal yang menimbulkan kewajiban negara dalam rangka disiplin anggaran (ketaatan terhadap batas pengeluaran),
  2. Untuk mendukung terwujudnya perencanaan kas yang berorientasi ke depan (forward cash planning).

Tipe Kontrak :

  • Annual Year (Tahunan),
  • Multi Years (Tahun Jamak).

Manajemen Kontrak di SAKTI menggunakan konsep bruto, sehingga cara perekamannya berbeda dengan perekaman pada aplikasi existing.

DATA KONTRAK YANG DIREKAM :

  1. Header Kontrak :  Nomor kontrak, Tanggal kontrak, Uraian Kontrak, Identitas Supplier,  Sanksi, dll.
  2. Line Kontrak : Cara penarikan, nilai uang muka, nilai retensi, dll
  3. Jadwal Pembayaran :  Tanggal Pembayaran, Nilai Pembayaran, Pengembalian Uang Muka, Potongan Retensi, dll
  4. Distribusi COA: Kombinasi COA, Nilai

ALUR PROSES PENDAFTARAN KONTRAK ANNUAL/TAHUNAN :

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

 

IKUTI KAMI

   

 

 

 

LAPORAN PENGADUAN

    

   

 

 

Search