Berita

Seputar KPPN Surabaya I

SHARING SESSION DAN PENANDATANGANAN KOMITMEN BERSAMA PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS (ZI) MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK) DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI (WBBM) PADA BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN GRESIK

Latar Belakang

Dalam rangka menyebarluaskan virus WBK, KPPN Surabaya I bermaksud mengadakan Sharing Session Membangun Sinergi dalam Meraih Predikat Zona Integritas menuju WBK/WBBM dan Penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM dengan BPS Kabupaten Gresik.

Dasar
a. Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah.
b. Keputusan Menteri Keuangan nomor 62/KM.1/2023 Pedoman Pembangunan, Penilaian, Serta Pemantauan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Di Lingkungan Kementerian Keuangan.
c. Nota Dinas Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan Nomor ND-1371/PB.1/2023 hal Penyampaian Informasi Pelaksanaan Monev WBK/WBBM Direktorat Jenderal Perbendaharaan Tahun 2023.
d. Surat Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surabaya I nomor S-2918/KPN.1601/2023 tanggal 2 Agustus 2023 hal Sharing Session Membangun Sinergi dalam Meraih Predikat Zona Integritas menuju WBK/WBBM dan Penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.
e. Surat Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Gresik Nomor S-179/35250/HM.310//08/2023 tanggal 2 Agustus 2023 hal Kesediaan Sharing Session dan Penandatangan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.
f. Surat Tugas Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surabaya I nomor ST-236/KPN.1601/2023 tanggal 2 Agustus 2023.

 

Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 3 Agustus 2023 pukul 09.00 s.d 13.30 WIB, bertempat di Ruang Rapat Badan Pusat Statistik Kabupaten Gresik, dengan agenda:
1. Penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM
2. Sharing Session Membangun Sinergi dalam Meraih Predikat Zona Integritas menuju WBK/WBBM

 

Sambutan Kepala KPPN Surabaya I
Latar belakang kegiatan adalah dalam rangka menyebarluaskan virus WBK/WBBM sebagaimana dimanatkan dalam Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah.
Berdasarkan monitoring kepada satuan kerja di lingkup KPPN Surabaya I yang belum memperoleh predikat WBK, didapatkan bahwa BPS Kabupaten Gresik salah satunya.
Pada KPPN Surabaya I penilaian WBK dimulai pada tahun 2018, namun baru memperoleh predikat WBK pada tahun 2021. Pada kesempatan ini KPPN Surabaya I akan melakukan berbagi (sharing) ilmu dan pengalaman, serta usaha yang telah diupayakan sebelumnya untuk memperoleh predikat WBK. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi Tim Pembangunan ZI pada BPS Kabupaten Gresik dalam pemenuhan dokumen Lembar Kerja Evaluasi untuk mendapatkan nilai yang maksimal, sehingga bisa mendapatkan predikat WBK pada periode penilaian berikutnya.
Apresiasi kepada BPS Kabupaten Gresik atas pemberian kesempatan kepada KPPN Surabaya I untuk bekerja sama dalam hal Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.
Setelah kegiatan ini, KPPN Surabaya I akan selalu terbuka untuk menjawab segala pertanyaan dan memberikan konseling dalam upaya Pembangunan Zona Integritas, terutama dalam meraih Predikat WBK pada BPS Kabupaten Gresik.

 

Sambutan Kepala BPS Kabupaten Gresik
Apresiasi kepada Tim KPPN Surabaya I atas kunjungan dan dukungannya atas pembangunan Zona Integritas pada BPS Kabupaten Gresik.
Pembangungan Zona Integritas pada BPS Kabupaten Gresik dimulai pada tahun 2021, dimana masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, sehingga tidak berjalan maksimal. Tahun 2022 dapat memenuhi Lembar Kerja Evaluasi, namun memenuhi penilaian pada BPS Pusat. Terakhir, pada tahun 2023 ini BPS Gresik dapat memenuhi penilaian BPS Pusat, namun tidak memenuhi penilaian pada Kementerian PAN-RB.
BPS Kabupaten Gresik berharap melalui kegiatan ini, dapat mendukung BPS Kabupaten Gresik memenuhi penilaian Kementerian PAN-RB dan memperoleh predikat WBK.

 

 

Penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM

 

 

 

Sharing Session Membangun Sinergi dalam Meraih Predikat Zona Integritas menuju WBK/WBBM

Kegiatan sharing session materi dengan tema “Kiat Sukses Mewujudkan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM” oleh Kepala Seksi MSKI, KPPN Surabaya I, kemudian dilanjutkan dengan bedah Lembar Kerja Evaluasi. 

 

 

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membuka wawasan dan memberikan transfer pengetahuan kepada Tim Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi pada BPS Kabupaten Gresik. 

KPPN Surabaya I akan berupaya memberikan bantuan dan konseling yang diperlukan kepada BPS Kabupaten Gresik gunauntuk memperoleh predikat WBK pada periode penilaian selanjutnya.

 

 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search