Jl.Manonjaya No.50 Cibeureum.Tasikmalaya- 40101
Oleh: Egi Dwi Purnomo
Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nornor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara bahwa Menteri/Pimpinan Lembaga sebagai Pengguna Anggaran/Barang mempunyai tugas antara lain menyusun dan menyampaikan laporan keuangan Kementerian Negara/Lembaga yang dipimpinnya. Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tasikmalaya adalah salah satu entitas akuntansi di bawah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan juga berkewajiban menyusun laporan keuangan berupa Laporan Realisasi Anggaran, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan atas Laporan Keuangan.
Pada bulan Januari 2023, KPPN Tasikmalaya telah Menyusun Laporan Keuangan Tahunan 2022 (Unaudited) tingkat UAKPA. Laporan Keuangan tersebut telah disusun dan disajikan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) dan berdasarkan kaidah-kaidah pengelolaan keuangan yang sehat di lingkungan pemerintahan. Laporan Keuangan ini meliputi:
Laporan Realisasi Anggaran menggambarkan perbandingan antara anggaran dengan realisasinya, yang mencakup unsur-unsur Pendapatan-LRA dan Belanja selama periode 1 Januari sampai dengan 31 Desember 2022. Realisasi Pendapatan Negara sampai dengan 31 Desember 2022 adalah berupa Pendapatan Negara Bukan Pajak sebesar Rp14.169.000 atau mencapai 472.30% dari estimasi Pendapatan-LRA sebesar Rp3.000.000. Realisasi Belanja Negara sampai dengan 31 Desember 2022 adalah sebesar Rp2.514.843.057 atau mencapai 98% dari alokasi anggaran sebesar Rp2.565.256.000.
Neraca menggambarkan posisi keuangan entitas mengenai aset, kewajiban, dan ekuitas sampai dengan 31 Desember 2022. Nilai Aset per 31 Desember 2022 dicatat dan disajikan sebesar Rp20.305.727.577 yang terdiri dari: Aset Lancar sebesar Rp40.011.875; Aset Tetap (netto) sebesar Rp20.265.715.702; Aset Lainnya (netto) Rp0. Nilai Kewajiban dan Ekuitas masing-masing sebesar Rp16.011.915 dan Rp20.289.715.662.
3. LAPORAN OPERASIONAL
Laporan Operasional menyajikan berbagai unsur pendapatan-LO, beban, surplus/defisit dari operasi, surplus/defisit dari kegiatan non operasional, surplus/defisit sebelum pos luar biasa, pos luar biasa, dan surplus/defisit-LO, yang diperlukan untuk penyajian yang wajar. Pendapatan-LO untuk periode sampai dengan 31 Desember 2022 adalah sebesar Rp14.090.250, sedangkan jumlah beban adalah sebesar Rp2.970.137.747 sehingga terdapat Defisit dari Kegiatan Operasional senilai Rp(2.956.047.497). Kegiatan Non Operasional dan Pos-Pos Luar Biasa masing-masing surplus sebesar Rp0 dan surplus sebesar Rp0 sehingga entitas mengalami Defisit-LO sebesar Rp(2.956.047.497).
Laporan Perubahan Ekuitas menyajikan informasi kenaikan atau penurunan ekuitas tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ekuitas pada tanggal 1 Januari 2022 adalah sebesar Rp20.656.704.652 dikurangi Defisit-LO sebesar Rp(2.956.047.497) kemudian ditambah dengan dampak kumulatif perubahan kebijakan akuntansi senilai Rp0 dan ditambah Transaksi Antar Entitas sebesar Rp2.589.058.507 sehingga Ekuitas entitas pada tanggal 31 Desember 2022 adalah senilai Rp20.289.715.662.
Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) menyajikan informasi tentang penjelasan atau daftar terinci atau analisis atas nilai suatu pos yang disajikan dalam Laporan Realisasi Anggaran, Neraca, Laporan Operasional, dan Laporan Perubahan Ekuitas. Termasuk pula dalam CaLK adalah penyajian informasi yang diharuskan dan dianjurkan oleh Standar Akuntansi Pemerintahan serta pengungkapan-pengungkapan lainnya yang diperlukan untuk penyajian yang wajar atas laporan keuangan. Dalam penyajian Laporan Realisasi Anggaran untuk periode yang berakhir sampai dengan tanggal 31 Desember 2022 disusun dan disajikan berdasarkan basis kas. Sedangkan Neraca, Laporan Operasional, dan Laporan Perubahan Ekuitas untuk 31 Desember 2022 disusun dan disajikan dengan basis akrual.
Laporan Keuangan Tahunan 2022 (Unaudited) tingkat UAKPA KPPN Tasikmalaya dapat didownload pada Tautan berikut: DOWNLOAD LAPORAN KEUANGAN UNAUDITED 2022
Focus Group Discussion (FGD) Pejabat Admninistrator Triwulan III Tahun 2022 diikuti oleh selurh pejabat, pegawai dan PPNPN KPPN Tasikmalaya. Kepala KPPN Tasikmalaya Bapak Entis Sutrisna selaku Narasumber menyampaikan materi dengan tema " Memupuk Cinta Negeri melalui Pengelolaan Keuangan Pribadi".
FGD telah diselenggarakan pada hari Selasa 6 September 2022 bertempat di Aula KPPN Tasikmalaya.
Reformasi birokrasi Kementerian Keuangan, termasuk KPPN Tasikmalaya telah dimulai sejak tahun 2007. Untuk menguji keberhasilan reformasi tersebut, salah satunya diukur dengan tingkat kepuasan mitra kerja terhadap layanan yang diberikan oleh KPPN Tasikmalaya.
Indeks kepuasan layanan secara keseluruhan merupakan nilai rata-rata dari 5 (lima) aspek kinerja yang dinilai.
Pada tahun 2021, indeks kepuasan pengguna layanan KPPN Tasikmalaya adalah 4,74. Sedangkan indeks kepuasan pengguna layanan KPPN Tasikmalaya Tahun 2022 adalah 4,77. Dibandingkan dengan hasil survey tahun 2021, KPPN Tasikmalaya mengalami kenaikan sebesar 0,03 poin.
Hatur nuhun #barayakertas semuanya?
Semoga KPPN Tasikmalaya bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi sesuai dengan Motto kami " SOMEAH".
"Senantiasa berOrientasi kepada Mitra kerja dalam memberikan pelayanan yang Efektif dan Akuntabel untuk mencapai Hasil yang terbaik.Hasil yang terbaik).
Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 300/KMK.01/2022 tentang Manajemen Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan, bahwa seluruh unit kerja di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaksanakan pemantauan secara berkala atas kemajuan capaian kinerja, sekurang-kurangnya setiap triwulan. Oleh karena itu, seluruh pegawai agar mengisi capaian kinerja triwulan III pada aplikasi e-performance sesuai waktu yang telah ditentukan.
Dalam rangka meningkatkan sinergi dan koordinasi internal, Kepala KPPN Tasikmalaya dan para Pejabat Pengawas mengikuti kegiatan "Morning Call"
yang dilaksanakan setiap Hari Senin. Para Pejabat Pengawas menyampaikan laporan kinerja dan tugas pokok masing-masing seksi baik yang telah dilaksanakan maupun proyeksi kegiatan yang mendukung Visi dan Misi KPPN Tasikmalaya.
Dalam kegiatan ini juga dilakukan evaluasi kinerja pegawai maupun kinerja organisasi oleh Kepala Kantor dengan harapan KPPN Tasikmalaya dapat memberikan pelayanan kepada Stakeholders dengan SOMEAH ( Senantiasa berOrientasi kepada Mitra kerja dalam memberikan pelayanan yang Efektif dan Akuntabel untuk mencapai Hasil yang terbaik).
Para Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional dan Tim ISO KPPN Tasikmalaya mengikuti Rapat Tinjauan Manajemen SMM ISO 9001:2015 Semester I Tahun 2022.
Sertifikasi ISO 9001 2015 merupakan suatu standar bertaraf internasional untuk Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu, atau bisa disebut juga sebagai Sertifikasi Sistem Manajemen Kualitas. Sertifikasi ini menetapkan berbagai persyaratan, pedoman, dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu Serifikasi Manajemen Kualitas.
KPPN Tasikmalaya telah memenuhi Standar dan mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2015 pada tahun 2018. Rapat Tinjauan ini diselenggarakan berpedoman terhadap Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan nomor KEP151/PB/2018 tentang Pedoman implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara. Adapun agenda dalam rapat kali ini adalah pembahasan terkait hasil survei Kepuasan Layanan Semester I Tahun 2022 setiap seksi/subbag dan tanggapan/identifikasi untuk mendapat perbaikan dimasa datang.