Jl. Jati Lurus No. 254 Ternate

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Bakarluta Beasiswa “Merajut Asa dari Timur Indonesia”

Dalam rangka menyongsong visi generasi emas Indonesia tahun 2045 serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaulat, maju adil dan makmur, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berbudaya, serta menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Untuk mencapai hal tersebut, pemerintah harus bekerja keras dalam membangun SDM sehingga akan memberikan kontribusi besar mulai dari daerah sampai dengan mewujudkan tujuan pembangunan nasional secara keseluruhan.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2020 secara Nasional menunjukkan angka 71,94. Sedangkan IPM Maluku Utara tahun mencapai 68,49 dan berada di peringkat 29 jika dibandingkan provinsi-provinsi lainnya. Di wilayah Indonesia Timur, IPM Maluku Utara dua tingkat di bawah Provinsi Maluku (69,49) dan lebih tinggi 3,4 poin dari Provinsi Papua Barat dan 8,05 poin dari Provinsi Papua. IPM di Maluku Utara Tahun 2020 mengalami penurunan 0,21 poin dibandingkan tahun 2019 sehingga bisa dikatakan pembangunan manusia di Maluku Utara mengalami perlambatan..

Pemerintah telah menyediakan wadah dan memfasilitasi para penerus bangsa untuk mengakses pendidikan tinggi selebar-lebarnya melalui Beasiswa LPDP. Beasiswa yang bersumber dari Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang dikelola dengan mekanisme pengelolaan dana abadi (endowment fund) oleh Badan Layanan Umum (BLU) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini kembali memberikan kesempatan untuk putra putri bangsa meraih impian mengenyam pendidikan tinggi di kampus-kampus terbaik. Di tahun 2021, terdapat tiga kategori beasiswa yang dapat diakses, mulai dari Beasiswa Umum (Reguler, PTUD dan Co Funding), Beasiswa Targeted (PNS, TNI, POLRI & Kewirausahaan) hingga Beasiswa Afirmasi (Beasiswa Berkebutuhah Khusus Difabel, Daerah Afirmasi dan Beasiswa Prasejahtera).

Berkenaan dengan hal-hal tersebut di atas, Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara menginisiasi kegiatan Webinar Sosialisasi Beasiswa LPDP sekaligus sebagai wadah sharing session dan pembekalan oleh Mata Garuda Maluku Utara kepada calon penerima beasiswa di wilayah Maluku Utara. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2021 jam 15.00WIT secara daring melalui zoom ( https://linktr.ee/bakarlutabeasiswaLPDP ) dan live Youtube: Kanwil DJPb Malut.

Kegiatan Webinar mengambil tema "BAKARLUTA BEASISWA: Merajut Asa dari Timur Indonesia, Raih Beasiswa LPDP untuk Bangun Indonesia". Kegiatan tersebut melibatkan Mata Garuda wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur serta awardee Beasiswa LPDP. Kegiatan dimaksud bertujuan untuk menggugah dan mendorong semangat para sivitas akademika guna memanfaatkan Program Beasiswa LPDP sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan kompetensi akademis dan non akademis yang kemudian dapat mengakselerasi Program Pembangunan Sumber Daya Manusia Indonesia.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara  Kementerian Keuangan RI
Jalan Jati Lurus Nomor 254 Ternate  97716

IKUTI KAMI

Search