Jl. Jati Lurus No. 254 Ternate

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Bimbingan Teknis Aplikasi SIKP Pemerintah Daerah: Upaya Kanwil DJPb dan Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Penyaluran KUR di Maluku Utara

Bimbingan Teknis Aplikasi SIKP Pemerintah Daerah: Upaya Kanwil DJPb dan Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Penyaluran KUR di Maluku Utara

 

Ternate, 04 Oktober 2023 – Bertempat di Aula Gamalama, Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Pemerintah Daerah Tahun 2023 pada Rabu (03/10).

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para operator Pemda dalam menginput data calon debitur pada aplikasi SIKP dalam rangka mengoptimalkan peran Pemda dalam peningkatan penyaluran KUR di Maluku Utara.

“Dalam upaya peningkatan penyaluran KUR, Pemerintah Daerah memiliki peranan yang strategis, khususnya dalam hal penyediaan data pelaku UMKM potensial di masing-masing wilayah serta mengidentifikasi calon debitur potensial untuk diinput dalam aplikasi SIKP.” Ujar Jimmy Ariyanto yang dalam hal ini mewakili Kepala Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara, dalam pemaparannya.

Jimmy juga menyampaikan bahwa peran pemda cukup penting, karena merekalah yang lebih tahu mengenai data dan kondisi UMKM di wilayahnya masing-masing.

Berlanjut ke acara inti, yaitu pemaparan petunjuk teknis penginputan data calon debitur pada Aplikasi SIKP. Paparan tersebut disampaikan oleh Perwakilan dari Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II, Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara. Kemudian dilanjutkan sesi praktik penginputan debitur oleh masing-masing operator Pemerintah Daerah.

Melalui kegiatan ini, para operator SIKP diharapkan mampu menginput lebih banyak lagi data UMKM potensial di Maluku Utara. Data-data tersebut dapat dipergunakan oleh Perbankan untuk menjaring debitur yang lebih luas lagi sehingga penyaluran KUR di Maluku Utara dapat terus meningkat.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara  Kementerian Keuangan RI
Jalan Jati Lurus Nomor 254 Ternate  97716

IKUTI KAMI

Search