Jl. Jati Lurus No. 254 Ternate

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Sosialisasi Pembiayaan Ultra Mikro dan Pemberdayaan UMKM Maluku Utara: Upaya Kemenkeu Satu Mendukung UMKM Tumbuh dan Naik Kelas

 

Sosialisasi Pembiayaan Ultra Mikro dan Pemberdayaan UMKM Maluku Utara: Upaya Kemenkeu Satu Mendukung UMKM Tumbuh dan Naik Kelas

Ternate, 10 Oktober 2023 – Bertempat di Aula KPPN Ternate, Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara bersama KPPN Ternate yang bersinergi dengan unit eselon I Kementerian Keuangan Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pembiayaan Ultra Mikro dan Pemberdayaan UMKM Tahun 2023 pada  (10/10).

Kegiatan ini dihadiri oleh para pelaku UMKM debitur pembiayaan kredit Ultra Mikro (UMi) di Kota Ternate yang berasal dari PT. PNM Mekaar Unit Ternate.

Kegiatan dibuka oleh penyampaian pesan kunci dari Kepala KPPN Ternate, Bapak Royikan yang dalam hal ini mewakili Kepala Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara.

“Kementerian Keuangan memiliki concern dalam pemberdayaan UMKM. Saya bersyukur, hari ini seluruh unit Kementerian Keuangan di Kota Ternate dapat berkumpul dan bersatu padu untuk memberikan edukasi dan wawasan yang lebih luas kepada para pelaku UMKM, khususnya Ultra Mikro.” Ujar Royikan dalam pidatonya.

Royikan juga menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini, para pelaku usaha ultra mikro diharapkan mampu mendapatkan insight baru untuk diimplementasikan dalam mengembangkan usahanya sehingga bisa naik kelas.

“Selanjutnya, Bapak/Ibu bisa mengisi survei dengan sebenar-benarnya karena hasil survei menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas penyaluran pembiayaan ultra mikro.” Pungkas Royikan.

Sesi selanjutnya adalah pemaparan materi dari unit eselon I Kementerian Keuangan di Kota Ternate yang disampaikan oleh perwakilan dari KPPBC Ternate, KPKNL Ternate, KPP Pratama Ternate, dan KPPN Ternate. Sesi materi diawali oleh KPPBC Ternate mengenai bagaimana menyediakan produk ekspor. Materi selanjutnya adalah mengenai Lelang Sukarela Produk UMKM yang disampaikan oleh KPKNL Ternate. Materi ketiga disampaikan oleh KPP Pratama Ternate tentang pengurusan NPWP. Sesi materi terakhir adalah mengenai Pembukuan Sederhana bagi Pelaku Usaha Mikro yang disampaikan oleh KPPN Ternate.

Berlanjut ke agenda selanjutnya, yaitu Talkshow “Strategi Pengembangan Bisnis UMKM” dengan Ibu Nina (owner Dapur Nina R3) sebagai narasumber.  Sesi ini dipandu oleh host dari Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara, Bapak Jimmy. Melalui talk show ini diharapkan dapat memberikan suntikan motivasi dan inspirasi bagi peserta agar lebih bersemangat lagi dalam mengembangkan usaha.

“Hal yang paling utama dalam berbisnis adalah harus selalu berfikir dan berprasangka positif. Fokus dalam berjualan, tidak usah terlalu berkecil hati bilamana kurang laku.” Ungkap Ibu Nina.

Acara ditutup dengan pelaksanaan Survei Nilai Keekonomian Debitur Ultra Mikro yang diikuti oleh seluruh pelaku UMKM yang menjadi peserta sosialisasi. Survei ini bertujuan untuk mengetahui dampak penyaluran kredit Ultra Mikro serta kendala yang dialami para debitur.

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara  Kementerian Keuangan RI
Jalan Jati Lurus Nomor 254 Ternate  97716

IKUTI KAMI

Search