Jl. Jati Lurus No. 254 Ternate

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Sosialisasi dengan Penyusun LK, KaKanwil DJPb Malut: "Mohon Bantu Kami"

Ternate (29/9) - Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan Sosialisasi PER-8/PB/2023 tentang Tata Cara Monitoring Kualitas Data Laporan Keuangan, Rekonsiliasi, dan Penyampaian Laporan Keuangan pada Kementerian Negara/Lembaga bersama Para Penyusun Laporan Keuangan Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA-W) lingkup Provinsi Maluku Utara di Aula Gamalama, Jumat (29/9) lalu.

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara, Tunas Agung Jiwa Brata, membuka acara dengan menyampaikan pesan dan semangat bagi para Penyusun LK UAPPA-W untuk melaporkan kegiatan yang telah dilakukan selama satu tahun anggaran ini dengan akuntabel. "Kita sudah akan menyambut Triwulan IV, sudah harus siap-siap menyusun Laporan Keuangan, serta mengidentifikasi transaksi yang telah kita lakukan satu tahun ini. Mohon bantu kami di Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara sebagai kompilator, agar dapat membantu Bapak/Ibu di Wilayah juga dalam menyusun laporan yang bagus, karena ini modal kita mencapai target; realisasi yang baik, dilaporkan secara akuntabel, dan mendapatkan Predikat WTP," pungkasnya.

Materi dilanjutkan oleh Kepala Seksi PSAPP, Andre Wijaya Meyasta Putra, dengan menjelaskan poin penting terkait Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan nomor PER-8/PB/2023. Dijelaskan teknis penyelesaian To-Do List yang kerap muncul pada Aplikasi MonSAKTI dan SAKTI, baik sebagai Satker maupun sebagai UAPPA-W/Koordinator Wilayah. Tidak hanya itu, disampaikan juga hal-hal yang menjadi perhatian penting bagi Satker sebagai pelaksana anggaran, serta hal-hal yang harus dimonitor oleh Koordinator Wilayah untuk mencegah terjadinya penetapan penundaan pelaksanaan anggaran, seperti yang telah dijelaskan pada Perdirjen tersebut.

"Hal-hal (yang dijelaskan pada Perdirjen) ini harus menjadi concern bulanan Bapak/Ibu sekalian, tidak hanya sebagai Wilayah yang mengawasi Satker lingkup kerjanya, namun juga sebagai Satker. Tidak lupa untuk selalu memantau melalui menu-menu yang disediakan pada MonSAKTI untuk kepentingan monitoring, serta menaati tanggal-tanggal penting dalam pelaporan keuangan," tutup Andre dalam sosialisasi ini.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara  Kementerian Keuangan RI
Jalan Jati Lurus Nomor 254 Ternate  97716

IKUTI KAMI

Search