Jl. Majapahit No.10, Kekalik Jaya, Kec. Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83127

Contact Center Pengaduan
Telepon: 0878-6436-8355 
Email: seksikintb@gmail.com

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Sharing dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan BLUD Provinsi NTB 2022

Sharing dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan BLUD Provinsi NTB 2022
Sejalan dengan rencana kerja asistensi pembinaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) tahun 2022, berkoordinasi dengan BPKAD Kanwil DJPb Provinsi NTB melakukan survey identifikasi kelengkapan regulasi di 20 BLUD NTB. Dari hasil survey didapatkan informasi bahwa beberapa kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan BLUD diantaranya adalah bimbingan teknis pengelolaan keuangan bagi SDM khususnya pengelola keuangan BLUD di NTB. Terkait hal tersebut telah dilaksanakan kegiatan sharing dan Bimtek Pengelolaan Keuangan BLUD Provinsi NTB.


Kegiatan dilaksanakan pada Selasa pagi 23 Agustus 2022 mulai pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WITA di Auditorium UIN Mataram. Kegiatan bimtek diselenggarakan secara hybrid dengan jumlah peserta offline sebanyak 73 orang, dan peserta online (Zoom) sekitar 80 orang. Untuk mendapatkan nilai tambah selain mendatangkan narasumber dari PPK BLU pusat, kegiatan juga menghadirkan Direktur Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma dr. Evi dalam sesi sharing session pengelolaan keuangan di BLUD RSJ.


Kegiatan dibuka dengan sambutan Kepala Kanwil DJPb NTB yang menyampaikan kinerja BLU secara nasional yang luar biasa di tengah kepungan pandemic covid19. Diharapkan kegiatan asistensi pembinaan BLUD secara bertahap dapat meningkatkan kualitas pengelolaan BLUD di NTB setara bahkan lebih baik dari pengelolaan BLU dan BLUD yang telah eksis pengelolaanya. Selain itu kegiatan diharapkan menjadi sarana untuk berkoordinasi, menjalin komunikasi dan menyamakan persepsi dengan Pemda mengenai peran dan kegiatan masing-masing BLUD.


Dilanjutkan dengan Keynote speech oleh pak Prof. Dr. H.M.Zaki,M.P.d wakil rektor I UIN. Dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor UIN menyampaikan bahwa dalam 5 tahun terakhir UIN membuat tagline, cendikian untuk keunggulan. UIN Mataram tidak hanya untuk komunitas muslim namun untuk seluruh lapisan masyarakat. Dalam kurun waktu 11 tahun menjadi satker BLU, UIN mengedepankan dan terus mengikhtiarkan pemberian layanan kepada masyarakat. Core bisnis BLU UIN mataram tetap mengacu pada tri dharma Pendidikan tinggi yakni Pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian. Dalam perjalanan praktek bisnis yang sehat dalam penyusunan dan pengelolaan kas, selama 6 tahun UIN mataram telah menjalan sistem pembayaran non tunai. Secara fisik UIN Mataram berdiri di atas lahan 14 HA. Peningkatan asset mulai tahun 2018 melalui pemanfaatan loan dengan pembangunan UIN mataram. Namun peningkatan aset tersebut belum dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk menambah pendapatan, diharapkan kegiatan bimtek dan sharing session pengelolaan keuangan BLU dan BLUD dapat menambah wawasan, khususnya pemanfaatan aset untuk menambah pendapatan BLU dan BLUD.


Pada sesi sharing session, Direktur RSJ Mutiara Sukma menyampaikan beberapa point terkait langkah-langkah yang dilakukan RSJ untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat di tengah tuntutan sebagai satker BLUD. Diantara beberapa point tersebut adalah inovasi layanan dan kelengkapan regulasi tentang tarif layanan, remunerasi, dewan pengawas, penganggaran, pengadaan barang dan jasa, pengelolaan asset, akuntansi, dan pengelolaan kinerja. Hanya regulasi tentang investasi BLUD yang saat ini belum dimiliki oleh RSJ Mutiara Sukma. Harapan dari sesi sharing session ini seluruh BLUD di NTB dapat melakukan hal serupa dalam hal kelengkapan regulasinya.


Selanjutnya narasumber dari PPK BLU menyampaikan sebagian besar persamaan pola pengelolaan BLU dan BLUD karena keduanya mengacu pada sumber peraturan sama yakni UU No 1 2004 tentang Perbendaharaan Negara. Jika BUMN dibentuk untuk mencari profit maka BLU dan BLUD dibentuk untuk meningkatkan pelayanan. BLU dan BLUD yang bergerak ala bisnis bertujuan untuk memutus stigma birokrasi yang lambat ,diharapkan dengan BLU dan BLUD layanan lebih cepat dengan diberikan fleksibilitas pengelolaan keuangan. BLU dan BLUD dapat melakukan investasi dengan tetap mengutamakan kelancaran operasi dan layanannya.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Kontak Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal Kanwil DJPb Provinsi Nusa Tenggara Barat
Jl. Majapahit No.10, Kekalik Jaya, Kec. Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83127
Call Center: 14090
Tel: 03706436226402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search